Kamis, 14 Desember 2023 17:42 WIB

Gerakan Senam Kaki Diabetes

Responsive image
1373
Ns. Mislawati Indah, S.Kep - RSUP Fatmawati Jakarta

Senam kaki adalah Latihan menggerakkan lutut,kaki, telapak kaki dan jari–jari kaki yang ditujukan kepada penderita diabetes melitus. Pasien diabetes dapat melakukan gerakan senam kaki, sebagai berikut: 

  1. Latihan senam kaki dapat dilakukan berdiri, duduk. Jika dilakukan dalam posisi duduk maka posisikan pasien duduk tegak di atas bangku dengan kaki menyentuh lantai,tidak bersandar dengan kursi, lantai harus rata dan bersih.
  2. Gerakkan telapak kaki keatas,tekuk jari–jari kaki seperti cakar ayam lakukan sebanyak10 kali.
  3. Angkat telapak kaki ke atas dengan posisi tumit di lantai, kemudian turunkan telapak kaki, naikkan tumit dengan posisi jari di lantai, lakukan Gerakan 10 kali.
  4. Angkat telapak kaki,dengan posisi tumit di lantai, lakukan Gerakan memutar
    sebanyak 10 kali.
  5. Tumit diangkat, dengan posisi jari –jari di lantai dan buat gerakan memutar dari dalam keluar dengan sebanyak 10 kali.
  6. Angkat salah satu kaki ke atas dengan meluruskan lutut. Buat putaran dengan pergerakan pada pergelangan kaki. Ulangi sebanyak 10 kali.
  7. Angkat salah satu kaki dan luruskan , gerakkan ujung jari kaki ke arah wajah sebanyak 10 kali.
  8. Angkat kedua kaki dan luruskan,pertahanka posisi tersebut, arahkan jari- jari kaki ke arah wajah sebanyak 10 kali.
  9. Angkat kedua kaki dan luruskan, pertahankan posisi tersebut. Gerakan pergelangan ke depan dan ke belakang. sebanyak 10 kali.
  10. Letakkan sehelai koran dilantai. Bentuk kertas itu menjadi seperti bola dengan kedua kaki. Kemudian, buka bola itu menjadi lembaran seperti semula menggunakan kedua kaki. Cara ini dilakukan sekali saja.

 

Referensi :

Camalia Suhertini & Subandi.(2016).Senam Kaki Efektif Mengobati Neuropati Diabetik Pada Penderita Diabetes Melitus.Jurnal Kesehatan,Volume VII Nomor 3.

Flora,R,Hikayati & Purwanto,S.(2013).Pelatihan Senam Kaki Pada Penderita Diabetes Melitus Dalam Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes Pada Kaki (diabetes foot).Jurnal Pengabdian Sriwajaya,7-15.

Kementrian Kesehatan RI Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.(2021).Buku Panduan Senam Kaki Diabetik (Ankle Branchial Index) Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II.