Kamis, 28 Juli 2022 09:40 WIB

Tips Alami Dapatkan Gigi Putih Alami

Responsive image
9653
Galuh Novi Wulandari - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Walaupun saat pandemi ini, kita selalu memakai masker, namun kita tetap harus menjaga penampilan kita dong ya, apalagi penampilan menunjang kebersihan dan kesehatan kita sendiri. Misalnya gigi yang mulai menguning akibat makan dan minuman yang kita konsumsi sehari-harinya, seperti teh, kopi dan lain-lain.

Berikut tips alami yang dapat kita lakukan untuk memutihkan gigi dengan cara alami :

1.    Siwak

Sudah semenjak lama siwak dipergunakan untuk menggosok gigi. Siwak memiliki kandungan alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride dan fluoride yang berguna untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut, memutihkan gigi dan memperkuat gigi. Cara penggunaan siwak sangat mudah, kupas batang siwak sampai berbentuk bulu-bulu, rendam siwak dan gunakan bagian bulu untuk menyikat gigi.

2.    Konsumsi buah dan sayur

Selain dapat memenuhi kebutuhan serat dan vitamin, ternyata buah nanas dan stroberi dapat memutihkan gigi secara alami. Selain mengonsumsi secara langsung, buah tersebut dapat dibuat pasta dan dapat digunakan untuk menggosok gigi.

Konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air, sehingga dapat membatu meningkatkan kadar liur, hal ini dapat membantu membersihkan gigi dan gusi.

3.    Cuka Apel

Penggunaan cuka apel juga dipercaya membuat gigi lebih putih. Larutkan 2 sendok teh dengan 6 ons air, campur dengan baik, kemudian gunakan untuk berkumur. Setelah berkumur, bilas kumur dengan air biasa dan lanjutkan dengan menyikat gigi.

Namun, jangan terlalu sering berkumur dengan cuka ya, karena dapat merusak email pada gigi.

4.    Minyak kelapa

Penggunaan minyak kelapa sama dengan penggunaan cuka apel, yang tentu saja dipercaya memutihkan gigi. Selain memutihkan gigi, minyak kelapa juga memiliki manfaat lain yaitu efektif mengurangi plak pada gigi.

5.    Baking soda dan hidrogen peroksida

Campuran kedua bahan ini berkhasiat untuk menghilangkan noda gigi dan memutihkan gigi.

6.    Kulit lemon atau jeruk

Jangan buang kulit lemon atau jeruk yang telah kita kupas. Kita dapat menggosokkan kulit lemon atau jeruk ke gigi, hal tersebut dipercaya juga dapat memutihkan gigi secara alami

Nah, tersebut adalah tips yang patut kita coba karena mudah cara mendapatkan bahan dan penggunaannya. Selain dengan menggunakan tips tersebut, jangan lupa untuk membatasi konsumsi minum-minuman yang mengandung kafein serta stop merokok ya. Agar tubuh kita makin sehat.

Referensi :

1.    kiaton.kontan.co.id. (2021, 8 Oktober). 5 Cara memutihkan gigi yang kuning pakai bahan alami dan mudah ditemukan. Diakses pada 27 Januari 2022. Pada https://kiaton.kontan.co.id/news/5-cara-memutihkan-gigi-yang-kuning-pakai-bahan-alami-dan-mudah-ditemukan?page=all

2.    kompas.com.(2020, 2 Agustus). 6 Bahan Alami untuk Memutihkan Gigi dan Cara Penggunaannya. Diakses pada 27 Januari 2022. Pada https://health.kompas.com/read/2020/08/02/103400268/6-bahan-alami-untuk-memutihkan-gigi-dan-cara-penggunaannya?page=all

3.    republika.co.id. (2022, 20 Januari). Lima Cara Alami Memutihkan Gigi di Rumah. Diakses pada 27 Januari 2022. Pada https://republika.co.id/berita/r5yp1j366/lima-cara-alami-memutihkan-gigi-di-rumah