Rabu, 03 Agustus 2022 13:57 WIB

Mengintip Berbagai Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Responsive image
54197
Instalasi Promosi Kesehatan Dan Pemasaran - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

            Teh  merupakan salah satu minuman favorit oleh semua kalangan usia. Salah satu jenis teh yang saat ini sangat populer adalah teh hijau. Tak hanya menyegarkan teh hijau ternyata banyak mengandung khasiat untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya :

1.    Mencegah penyakit jantung dan stroke

Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia. Sebuah riset menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL).Selain itu, teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

2.    Menghambat pertumbuhan sel kanker

Polifenol merupakan salah satu antioksidan yang terkandung di dalam teh hijau. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker paru-paru, kanker lambung, dan kanker payudara.

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut dan menyeluruh untuk memastikan efektivitas teh hijau dalam mencegah kanker.

 

 

 

3.   Dapat Melindungi Otak dari Penuaan

Manfaat teh hijau untuk kesehatan juga termasuk melindungi otak dari penuaan. Teh hijau tidak hanya dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, tetapi juga dapat melindungi otak seiring bertambahnya usia.

4.   Membuat tubuh jadi lebih rileks

Menyeruput teh membantu merasa lebih rileks. Bahan kimia alami yang disebut theanine yang ditemukan dalam teh hijau dapat memberikan efek menenangkan. Sehingga, manfaat teh hijau untuk kesehatan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks.

5.   Membuat tidur lebih nyenyak

Tidak hanya saat stres, jika Anda mengalami susah tidur, minum teh hijau sebelum tidur dapat memberikan manfaat. Kandungan theanine dalam teh hijau memiliki efek antistres pada hewan maupun manusia. Hal ini dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak sekaligus membantu memperbaiki kualitas tidur yang buruk.

Meskipun teh hijau mengandung kafein, kadar zat ini dalam teh cukup rendah sehingga efeknya dalam meningkatkan kewaspadaan tidak besar.

6.    Menghilangkan bau mulut

Manfaat teh hijau yang satu ini mungkin belum Anda ketahui, yaitu dapat mengatasi bau mulut. Teh hijau mengandung tanin yang memiliki sifat antibakteri, sehingga bisa mencegah pembentukan bakteri pada mulut. Itu artinya, teh jenis ini dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Di samping mengatasi bau, teh hijau juga bisa mencegah karies gigi dan pembentukan plak pada gigi. Oleh karena itulah, banyak orang menggunakan teh hijau sebagai obat kumur tradisional.

7.    Membantu mengontrol gula darah dan mencegah diabetes

Berkat senyawa catechin yang dikandungnya, teh hijau diduga dapat mengendalikan gula darah penderita diabetes. Karena kemampuannya menurunkan kolesterol dan tekanan darah, teh hijau juga bisa mencegah kerusakan akibat makanan berlemak.

 

Sumber :

https://www.alodokter.com/memetik-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4614173/17-manfaat-teh-hijau-untuk-kesehatan-buktikan-sendiri

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-teh-hijau/