Rabu, 03 Agustus 2022 09:26 WIB

Apa Tanda Diare Ringan pada Ibu Hamil ?

Responsive image
4117
Instalasi Mother & Child - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Diare ringan berarti gangguan pada keseimbangan elektrolit dan cairan belum menjadi masalah yang serius . Kondisi ini masih dapat diatasi sendiri di rumah. Tanda-tanda diare ringan pada ibu hamil adalah sebagai berikut :

a. Feses encer namun tidak terlalu sering

Feses yang encer dan tidak terlalu sering masih dapat diatasi dengan cara minum air yang banyak untuk mencegah dehidrasi. Jika demikian, sebaiknya ibu segera minum oralit dan teh hangat kental untuk mencegah dehidrasi dan mengatasi diare. Apabila diare telah lebih dari 5 kali dalam sehari, ibu harus segera memperoleh penanganan agar tidak mengalami dehidrasi.

b. Urine belum berwarna gelap

Urine yang belum berwarna gelap menandakan bahwa tubuh masih cukup cairan. Sebaliknya, apabila urine telah berwarna kuning, gelap, ibu patut waspada sebab tubuh bisa jadi telah kekurangan cairan. Apalagi, kekurangan cairan pada saat hamil dapat berdampak pada janin. Oleh karena itu, apabila urine sudah terlihat gelap sebagai tanda tubuh kekurangan cairan, ibu harus segera memperoleh penanganan.

c. Denyut Nadi masih normal

Denyut nadi yang masih normal merupakan tanda bahwa tubuh masih dapat melakukan metabolisme dan fungsinyadengan baik

d. Suhu tubuh masih normal

Suhu tubuh yang masih normal menandakan bahwa di dalam tubuh masih tersedia cukup cairan. Sebab apabila kekurangan cairan , tubuh akan meningkatkan suhunya. Untuk itu, ibu harus waspada apabila suhu tubuh naik saat diare.

 

Referensi :

Irmawati , Tanya Jawab Lengkap Kehamilan Bermasalah, 2016