Selasa, 02 Agustus 2022 15:31 WIB

Bagaimana Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Responsive image
13916
dr. Hesty Arbie, MARS - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Kekebalan tubuh atau dikenal dengan system imun pada manusia adalah kemampuan dari tubuh seseorang agar dapat mempertahankan dirinya terhadap berbagai “musuh” atau benda asing  yang masuk kedalam tubuhnya. Sistem kekebalan tubuh melindungi kita dari factor negative berasal dari luar, semacam garis pertahanan yang melawan pengaruh negatif bakteri, jamur, virus, parasit dan lain-lain.  Tanpa sistem kekebalan tubuh yang sehat dan efektif, tubuh menjadi lemah dan jauh lebih mungkin menderita berbagai macam infeksi penyakit. Dibutuhkan system kekebalan tubuh untuk menjaga agar tubuh kita bisa melawan serangan apapun baik dari dalam maupun dari luar.

Sistem imun adalah system pertahanan tubuh, pada system imun ada istilah imunitas yaitu ketahanan tubuh atau resitensi tubuh terhadap suatu penyakit, Di satu sisi, sistem imun atau system pertahanan dalam tubuh ialah melindungi tubuh, namun di sisi lain, kondisinya tergantung pada kesehatan secara individual. Jika seseorang aktif, kuat dan ceria, sehat jasmani dan rohani maka sistem kekebalan tubuhnya akan baik-baik saja. Sebaliknya jika ia lemah dan pasif, maka sistem kekebalan tubuh akan sama mengikuti keadaan orang tersebut.

Berikut beberapa TIPS yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan serta mempertahankan system kekebalan tubuh seseorang dengan  menjalankan pola hidup sehat sehari-hari, antara lain :

1. Tingkatkan Iman dengan perbanyak beribadah

Iman yang teguh dan dibarengi dengan beribadah dengan sungguh-sungguh adalah cara yang paling baik untuk menjauhkan kekusutan pikiran, ketegangan dan rasa takut sehingga  sesorang akan terhindar dari terganggunya ketenangan jiwa. Mengingat Allah dengan berzikir serta menjalankan ibadah adalah salah satu bentuk meditasi yang melibatkan dimensi ilahiah, apabila dilakukan dengan benar akan menghasilkan efek tenteram/ ketenangan jiwa, kondisi ini akan menyebabkan terjadinya keseimbangan secara holistic didalam tubuh.  Yang Maha Kuasa telah menyebutkan dalam  Firman-Nya : (QS. Ar-Ra’d 13 : 28) yang artinya : “Yaitu orang-orang yang beriman dan  hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram”.

2. Makan dan minumlah yang baik dan halal serta jangan berlebihan

Tubuh kita membutuhkan makanan yang baik yaitu yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh (makanan bergizi), zat-zat tersebut meliputi karbohidrat, lemak protein, vitamin, mineral dan air. Setiap zat memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh. Tidak berarti bahwa makanan yang mahal adalah sumber zat gizi, malah sayuran, buahan dll yang ada disekitar kita dengan harga yang relative lebih murah dan sangat mudah dijangkau mengandung  sangat banyak zat gizi yang diperluka oleh tubuh kita.

Masih kita temukan orang yang apabila dijamu dengan makanan yang ena-enak   maka lupa    untuk   membatasi   makanannya   (sangat berlebihan),    

Seperti dalam Firman-Nya : (QS. Al’Araf 7 :  31) yang artinya : “……… makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.

3. Hindari stress

Tubuh dalam kondisi stres akan terpacu yang  mengakibatkan sempitnya rongga dada, cepatnya pernafasan, cepatnya denyut nadi dll. Dibutuhkan suatu keadaan untuk menghilangkan ketegangan dalam bentuk relaksasi, antara lain dengan melakukan meditasi antara lain meditasi trasendental atau meditasi dengan zikir dan doa (seperti yang dijelaskan pada point 1 diatas. Dengan zikir dan doa pernafasan akan menjadi teratur dan kecenderungan pikiran akan konsentrasi pada zikir, teknik relaksasi seperti ini akan memberikan kebugaran fisik dan mental sehingga akan meningkatkan imunitas seseorang

4. Olahraga

Salah satu cara untuk mengelola stress, olahraga memiliki efek positif untuk menanggulangi pengaruh negative stress kerja bagi tubuh, antara lain menambah oksigen dalam darah, dengan berolahraga juga akan mengurangi keasaman dalam tubuh sehingga  energy yang bugar akan muncul. Disarankan  cukup 30-60 menit setiap melakukan aktifitas olahraga, jika berlebihan malah dapat membuatmu menjadi lebih lemah.

5. Menjaga Kebersihan

Tuntunan hidup sehat yang diajarkan adalah menjaga kebersihan baik itu kebersihan tempat / lingkungan maupun kebersihan badan dan kebersihan lainnya lagi. Salah satu yang perlu dijaga saat masa pandemic ini adalah dengan rutin untuk selalu mencuci tangan.

 

Referensi :

Stavropol Krai Medical Prevention Center : Health Tips

Khamimuddin, MH   : Fiqh Kesehatan

Hasdianah : Imunologi Doagnosis dan Teknik Biologi Molekular