Rabu, 27 Juli 2022 15:35 WIB

Seksualitas Dan Masa Nifas

Responsive image
126658
Gustri putri, SST - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Masa nifas merupakan masa atau periode setelah persalinan hingga 40 hari setelah persalinan. Masa nifas adalah periode di mana rahim membuang darah dan sisa- sisa jaringan ekstra setelah bayi dilahirkan selama masa persalinan. Lama masa nifas pada setiap wanita berbeda- beda. Umumnya masa nifas paling lama adalah 6 minggu. Pada masa nifas teejadi pengeluaran darah kotor atau lochea dari kemaluan wanita. Padaasing- masing periode, darah nifas akan berbeda warna dan konsistensinya seiring dengan berjalannya pemulihan rahim.

Lochea dibagi dalam 3 periode:

1.       24 jam pertama pasca melahirkan

Pada 24 jam pertama pasca melahirkan bayi, perdarahan paling berat akan terjadi dengan berwarna merah cerah. Anda juga akan mendapati beberapa gumpalan darah kecil hingga sebesar buah tomat. Hal ini masih tergolong normal.

2.       Minggu pertama

Hari ke 2-6, darah nifas akan berwarna cokelat gelap hingga merah muda, dan memiliki konsistensi yang lebih encer. Anda juga mungkin akan merasakan nyeri di vagina jika persalinan berlangsung spontan.

3.       Minggu kedua

Hari ke 7-10, darah nifas akan berwarna merah muda hingga cokelat muda. Perdarahan juga lebih ringan dari enam hari sebelumnya. Pada hari ke 11- 14 warna darah akan lebih terang dan lebih sedikit.

4.       4. Minggu ketiga hingga keempat

Dalam 3-4 minggu masa nifas, warna darah yang keluar biasanya berwarna krem dengan sedikit garis cokelat atau merah muda. Bagi sebagian orang, masa nifas dapat selesai pada minggu ini.

5.       5. Minggu kelima hingga minggu keenam

Dalam 5-6 minggu mengakhiri nifas, perdarahan biasanya sudah berhenti. Namun terkadang masih terdapat bercak- bercak darah warna cokelat merah dan kuning.

Itulah pembagian darah nifas berdasarkan periode pengeluarannya. Sama dengan peeiode haid pada wanita, pada masa nifas juga sang suami dilarang berhubungan intim melalui liang vagina.

Dari segi kesehatan bahaya berhubungan intim pada masa nifas dilansir dari detikhealth.com, bahwa : di tahun 1998, BBC melaporkan meninggalnya 2 wanita usia 22 tahun dan 29 tahun di West Yorkshire ketika bercinta 8 dan 5 hari setelah melahirkan. Keduanya diketahui melahirkan secara normal dan meninggal saat berhubungan intim. Peneliti mengatakan peristiwa ini terjadi akibat munculnya emboli atau gelembung udara yang masuk ke tubuh dan mengalir ke jantung kemudian ke otak. Ketika wanita masih dalam masa menstruasi atau masih mengeluarkan darah nifas, kemungkinan ada pembuluh darah yang terbuka. Jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah di area jantung maka akan berbahaya. Dalam kasus ini kematian dikarenakan emboli atau sumbatan pada aliran pembuluh darah sehingga menyebabkan organ tubuh tersebut kekurangan oksigen. Normalnya pembuluh darah pada ibu hamil melebar atau mengalami vasodilatasi dan membutuhkan waktu minimal 3 minggu setelah melahirkan untuk kembali ke ukuran  dan kondisi normal.

1.       terjadinya emboli atau gelembung udara yang masuk ke tubuh dan mengalir ke jantung kemudian ke otak oleh karena penetrasi pada saat nifas, dimana pembuluh darah terbuka.

2.       Nekat berhubungan intim juga bisa menimbulkan resiko infeksi ke rahim.

Sebagai wanita tentunya bertanya- tanya apakah suami atau pasangan mampu menahan keinginan seksual atau tidak berhubungan intim selama masa nifas. Mungkin juga akan timbul prasangka dari pasangan maupun diri kita sendiri mengenai kesetiaan masing- masing. Kita semua berharap masing - masing dari pasangan akan bersikap setia dan memaklumi kondisi seksualitas yang menurun selama masa nifas.

Lalu bagaimana mensiasati atau memenuhi kebutuhan seksual selama masa nifas?

Kebutuhan seksual adalah kebutuhan alami dan naluri dari manusia. Terutama bagi pria dewasa, jika keinginan seksual sedang berada dinpuncak maka akan sangat tertekan rasanya  jika tidak disalurkan. Menyalurkan keinginan seksual akan membawa kenikmatan sekaligus kepuasan dan membuat tubuh dan pikiran rileks.

Pada masa nifas, kebutuhan seksual dapat ditanggulangi dengan cara sebagai berikut:

1.       Menyibukkan diri dengan kegiatan- kegiatan yang bermanfaat seperti dengan pekerjaan, hobi, ikut serta merawat bayi dan berbagai kegiatan positif lainnya. Dengan kesibukan sehari- hari diharapkan  nantinya keinginan seksual akan teralihkan.

2.       Berhubungan intim dengan istri tetapi tidak penetrasi di liang vagina dan anus. Penetrasi dapat juga dilakukan di daerah lipatan tubuh wanita yang lain seperti lipatan payudara atau lipatan paha. Tentunya dengan memperhatikan kenyamanan istri.

3.       Bagi istri, biasanya hasrat seksual berkurang karena letih dan nyeri akibat persalinan yang masih dirasakan. Butuh pengertian antara suami istri untuk melewati periode ini.

Demikianlah ulasan tentang masa nifas, serba - serbinya dan cara mensiasati keinginan seksual pada periode ini.  Dengan pengertian dan dukungan dari masing - masing pasangan, maka masa nifas dapat dilewati dengan baik. Semoga artikel ini dapat menambaj referensi dan pengetahuan bagi suami istri pada periode nifas.

 

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Referensi:

sehatq.com.  Diakses pada 2021. Lamanya masa nifas

DOC, PROMKES, RSMH