Senin, 25 Juli 2022 14:51 WIB

Waspada Penyakit yang Terjadi Saat Musim Hujan

Responsive image
2466
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Beberapa wilayah tanah air sudah memasuki musim penghujan. Pada saat ini selain waspada pandemi COVID-19 yang belum berakhir juga bersiap menghadapi penyakit yang muncul saat musim hujan.

Musim hujan menjadi suatu anugerah bagi sebagian yang lain, setelah melewati masa-masa panjang dengan rasa panas yang melanda hingga menyebabkan kekeringan di beberapa tempat.

Namun selain ditunggu kehadirannya ada baiknya waspada saat musim hujan selain curah hujan yang datang tidak terduga, juga adanya ancaman gangguan kesehatan mengingat terdapat penyakit yang muncul saat musim penghujan. Hal ini dikarenakan saat musim hujan tubuh lebih mudah terserang penyakit, akibat perubahan suhu pada lingkungan. Saat musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembangbiak dan mudah masuk ke tubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tidak sehat semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit. Tubuh harus waspada terhadap serangan penyakit yang datang saat musim hujan. Berikut beberapa penyakit yang mengintai saat musim hujan. 

1.   Influenza

Influenza adalah penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh virus influenza yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai penyakit berat. Gejalanya yaitu rasa tidak enak badan, demam, rasa pegal linu, lemas, lesu, bersin-bersin dan terasa nyeri di otot-otot dan sendi.

Virus ini menyebar melalui cairan tubuh seperti ingus ataupun air liur yang dapat ditularkan melalui mulut, hidung ataupun tangan yang menyentuh benda terkontaminasi.

Cara mencegahnya dengan olahraga dan istirahat yang cukup, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mencuci tangan dan memakai masker saat flu.

2.   Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini menyebabkan gejala demam tinggi dan flu. Jika tidak ditangani dengan tepat, demam berdarah berisiko mengancam nyawa.

Penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang sering terjadi di musim penghujan saat perkembangbiakan nyamuk meningkat

Cara mencegah penyakit Demam Berdarah yakni melakukan 3M plus : menguras bak mandi, menutup tempat air dan memanfaatkan barang bekas serta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).

3.   Diare

Penyakit diare adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan buang air besar encer 3 (tiga) kali atau lebih dalam sehari.

Penyebab diare adalah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Diare disebabkan oleh Bakteri E. Coli, Salmonella, Shigella dan lain- lain.

Cara mencegah dare dengan mencuci tangan pakai sabun di bawah air mengalir, buang air besar pada tempatnya dan menjaga kebersihan dan kesehatan makanan.

Untuk menjaga kesehatan serta mencegah infeksi saat musim penghujan, sebaiknya seseorang menjaga imunitas dengan mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang serta menjalani pola hidup bersih sehat. Selain itu tetap patuh menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

 

Referensi :

Sarmin, Hijrawati, Rini Pertiwi, Cici Nurna Ningsih, Wanda Wulandari, Ramadhan Tosepu. 2020. Hubungan Iklim dengan Penyakit Influenza : Literatur Review. Jurusan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara. Jurnal Kesehatan Lingkungan Volume 17 Nomer 1. Hlm 28.

Instagram @dit.promkes.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/24/180100023/waspada-penyakit-

yang-muncul-saat-musim-hujan-apa-saja-?page=all.