Minggu, 24 Juli 2022 19:49 WIB

Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

Responsive image
76148
Vina Puji Rahayu - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok orang indonesia.Ubi jalar dapat dijadikan pilihan makanan alternatif pengganti nasi karena rendah gula. Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin B, dan zat antioksidan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam umbi ini yaitu beta karoten, asa, klorogenat ,antosianin. Selain itu didalam ubi jalar juga mengandung gizi yang utama yakni pati.

Ubi jalar mengandung banyak nutrisi sehat yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Mengonsumsi ubi jalar dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Selain membantu mengurangi risiko penyakit berbahaya, ubi jalar juga memiliki manfaat lain terutama yang berkaitan dengan peningkatan energi dan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan berat badan. ubi jalar dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang atau dihaluskan. Makanan ini pada dasarnya memiliki rasa manis yang alami, sehingga kamu bisa mengonsumsinya langsung tanpa menambahkan gula. Berikut terdapat beberapa manfaat ubi jalar yang baik kesehatan yaitu:

1.     Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam ubi jalar tidak hanya memberikan warna oranye yang khas, tetapi juga membantu menjaga kesehatan mata. Ketika dimakan, kandungan vitamin A beta-karoten dalam ubi jalar mendukung pembentukan reseptor pendekteksi cahaya di mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata kering, rabun senja bahkan merusak kornea mata. Kamu bisa mengonsumsi ubi jalar sebanyak 200 gram atau satu cangkir.

2.     Meningkatkan Kinerja Otak

Ubi jalar berpotensi meningkatkan kinerja otak. Ubi jalar ini memiliki kandungan antosianin yang dapat meningkatkan daya ingat dengan menangkal radikal bebas.

3.     Mengatasi Diabetes

Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah dan dapat membantu penderita diabetes melawan insulin. Ubi jalar juga mengandung serat yang bermanfaat untuk atasi diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi serat secara teratur dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes

4.     Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lain yang ada dalam ubi jalar adalah potasium. Potasium bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi. Namun disarankan ketika mengolah ubi jalar untuk tidak menambahkan garam secara berlebihan, karena kelebihan garam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

5.     Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi ubi jalar dapat mencegah kolesterol tinggi. Ubi jalar dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL, sehingga dapat memcegah penyakit jantung.

 

Referensi Artikel:

https://www.sehatq.com/artikel/segudang-manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan-yang-perlu-anda-ketahui

https://health.kompas.com/read/2021/07/18/163000468/bisa-tingkatkan-imun-inilah-5-manfaat-ubi-jalar-bagi-kesehatan?page=all

https://goodminds.id/manfaat-ubi-jalar/

https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-ubi-jalar/

https://www.fimela.com/health/read/4671145/5-manfaat-ubi-jalar-untuk-kesehatan-bisa-membantu-masalah-usus