Minggu, 24 Juli 2022 19:46 WIB

Manfaat Olahraga pada Masa Kehamilan

Responsive image
3888
Manfaat Olahraga pada Masa Kehamilan - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Selama kehamilan, olahraga merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan tubuh. Apalagi jika usia kehamilan ibu masih dalam trimester pertama. Dengan olahraga yang teratur dapat membantu ibu mengurangi morning sickness dan dapat dijadikan sebagai bentuk persiapan persalinan. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh ibu saja, namun bayi kecil yang ada di kandungan juga akan memperoleh manfaatnya. Berikut beberapa manfaat berolahraga saat hamil yaitu:

1.     Meningkatkan Energi Tubuh

Selama hamil, sebaiknya ibu hamil tetap membatasi aktivitasnya agar tidak terlalu lelah. Namun, ibu hamil tetap perlu berolahraga secara teratur agar tubuh tetap sehat dan berenergi setiap saat. Hal itu dikarenakan olahraga dengan teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular dan mengurangi kelelahan. Itu sebabnya dengan otot yang lebih kuat dan kencang, ibu hamil dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dengan energi yang menigkat. Olahraga yang dilakukan tidak perlu gerakan yang terlalu berat, ibu hamil cukup beraktivitas ringan seperti berjalan di sekitar area tempat tinggal dengan waktu kurang lebih 20 menit selama 3 kali dalam seminggu.

2.      Mengurangi Rasa Tidak Nyaman Selama Hamil

Selama kehamilan, aktivitas sehari-hari menjadi lebih sulit karena beban tubuh yang meningkat. Kenaikan berat badan ini sering menimbulkan ketidaknyamanan seperti mudah lelah,sakit punggung,morning sickness, dll. Nah, ketidaknyamanan ini bisa kamu kurangi dengan berolahraga secara rutin. Otot-otot akan meregang sehingga membuat tubuh lebih kuat dan lebih mampu menahan rasa sakit saat hamil. Misalnya jalan kaki dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, atau  berenang untuk memperkuat otot perut. Dengan meminimalisir ketidaknyamanan yang terjadi, perkembangan janin dalam kandungan dapat terjaga dengan baik.

3.     Memudahkan Persalinan

Jalannya proses persalianan sangat tergantung pada kondisi fisik ibu. Semakin baik kekuatan fisik ibu tentunya semakin kuat pula tubuh ibu, dan semakin alami persalinannya. Ini adalah salah satu alasan utama mengapa olahraga secara rutin sangat disarankan sebagai bentuk persiapan persalinan.

4.     Meningkatkan Kualitas Tidur

Ketika ukuran perut semakin besar, pasti berpengaruh terhadap aktivitas sehari-hari  salah satunya ketika tidur. Keluhan tersebut banyak dialami oleh ibu hamil karena harus berusaha menemukan posisi tidur yang nyaman, baik untuk ibu maupun kandungan. Salah satunya dengan berolahraga. Olahraga bagi ibu hamil memang melelahkan, namun dari rasa lelah inilah yang akan membuat ibu bisa tertidur lebih cepat dan nyenyak. Tentunya apabila kualitas tidur meningkat maka kesehatan ibu dan janin akan tetap terjaga menjelang persalinan.

5.     Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Selain meningkat stamina, olahraga secara rutin juga bermanfaat bagi perkembangan janin. Apabila ibu hamil berolahraga secara rutin maka akan berdampak pada kemampuan pendengaran,penglihatan, serta motorik si kecil agar pertumbuhannya kelak menjadi maksimal.

Referensi Artikel:

https://www.sehatq.com/artikel/inilah-10-manfaat-olahraga-untuk-ibu-hamil

https://jovee.id/manfaat-dan-jenis-olahraga-yang-aman-untuk-ibu-hamil/

https://www.ihphnet.com/post/segudang-manfaat-olahraga-saat-hamil

https://id.theasianparent.com/olahraga-untuk-ibu-hamil-muda

https://www.orami.co.id/magazine/3-manfaat-olahraga-saat-hamil-bagi-janin-yang-wajib-diketahui/