Rabu, 23 Oktober 2024 15:52 WIB

Sebelum Konsumsi, Perlu Ketahui Jenis Vitamin yang Larut dalam Lemak

Responsive image
140
apt. Diyan Ratmawati S.Si - RSUP Fatmawati Jakarta

Vitamin adalah Nutrisi tambahan yang diperlukan bagi tubuh untuk bisa menunjang kinerja tubuh. Zat yang sangat penting bagi tubuh manusia untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Vitamin secara garis besar terbagi 2 yaitu : vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air . Vitamin yang larut dalam lemak, adalah sebagai berikut :

  1. Vitamin A terdapat di dalam minyak ikan, keju, kuning telur, sayuran berwarna hijau dan kemerah-merahan, seperti tomat dan wortel

  2. Vitamin D terdapat di dalam minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan sebagainya, diproduksi dalam tubuh ketika badan terkena sinar matahari

  3. Vitamin E terdapat di dalam minyak, padi-padian, kuning telur

  4. Vitamin K terdapat di dalam sayur bayam, kubis, makanan dari ikan yang dibusukkan, kuning telur.

Vitamin A merupakan Nutrisi penting untuk penglihatan, pertumbuhan, pembelahan sel, reproduksi, dan sistem  kekebalan   tubuh.komunikasi antar sel, melindungi organ penting (Jantung, paru, ginjal, dsb)
Sumber Vitamin A : wortel, brokoli, labu siam, labu kuning, bayam, kubis, ubi jalar, daging herbivora, susu, telur, hati dan minyak hati ikan.
Nama Obat  :  Vitamin A
Indikasi  :  Mencegah dan mengobati defisiensi vit A.
Aturan pakai   : Sesudah makan
Dosis : Orang dewasa berusia 19-64 tahun: 700 mikrogram (mcg)/hari untuk pria dan 600 mcg/hari untuk wanita,  Ibu hamil: 770 mcg/hari,  Ibu menyusui: 1300 mcg/hari.
Kekurangan vitamin A:
- Dosis pengobatan: 10.000 – 20.000 unit (IU) per hari selama 2 bulan.
- Dosis pencegahan: 10.000 – 50.000 IU per hari.

Vitamin D adalah nutrisi yang diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta sistem imunitas.
Sumber Vitamin D : Telur, ikan, keju, susu.
Nama Obat      : Vitamin D 
Aturan pakai   : Sesudah makan
Indikasi   : Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin D, dan digunakan dalam pengobatan osteoporosis
Dosis : Usia >50 tahun: 20–25 mcg (800–1.000 IU) per hari. 

Vitamin E adalah vitamin larut lemak yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, mata, otak, dan organ reproduksi. Vitamin ini memiliki efek antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Selain dari makanan, asupan vitamin E juga dapat diperoleh dari suplemen.
Sumber Vitamin E: kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati, seperti minyak zaitun, dan minyak canola. Vitamin E juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi sayuran hijau.
Nama Obat      : Vitamin E
Aturan pakai   : Sesudah makan
Indikasi         : Mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin E, serta sebagai suplemen pada kondisi cystic fibrosis
Dosis :  Dewasa: 134–268 mg (200–400 IU) per hari.

Vitamin K adalah nutrisi yang diperlukan tubuh dalam proses pembekuan darah. Vitamin K terkandung secara alami di dalam makanan serta tersedia dalam bentuk suplemen tambahan.
Sumber Vitamin K: bayam, kale, brokoli, lobak, sawi, kubis, alpukat, kiwi, delima, tomat, dan anggur. Vitamin ini juga dapat ditemukan di ikan, daging, hati, serta kuning telur.
Nama Obat      : Vitamin K
Aturan pakai   : Sesudah makan
Indikasi         : Mengatasi kekurangan vitamin K pada bayi baru lahir dan mengatasi perdarahan akibat kelebihan obat pengencer darah (antikoagulan).
Dosis :
- Dewasa: 2,5–25 mg.
- Bayi baru lahir 1–2 mg saat bayi lahir, dilanjutkan dengan 2 mg saat bayi berusia 4–7 hari, dan 2 mg setelah bayi berusia 1 bulan.

 

Referensi :

Palupi NS, Zakaria FR, dkk. (2010). Evaluasi Nilai Biologis Vitamin dan Mineral. Jakarta : Pustaka Utama.

Triana V. 2006. Macam-macam vitamin dan fungsinya dalam tubuh manusia. Kesehatan Masyarakat ; 1(1):40–7.

Dinanti, oktavia, Dkk .(2022). Kajian islam pada proses metabolisme vitamin dan mineral dalam tubuh.

Indonesian science education journal. Vol 3. Hal 24-30.

Sumber gambar :

Freepik (Vitamin beverages and food infographic) https://www.freepik.com/free-vector/vitamin-beverages-food-infographic_7534057.htm#fromView=search&page=1&position=26&uuid=a912ad46-6e68-4f51-a917-7c591c8ec95d