Senin, 10 Juli 2023 09:46 WIB

Liburan Keluarga Mengasah Kesehatan Fisik dan Mental

Responsive image
278
Dini Yulia, SKM, MARS - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Berlibur bersama dengan keluarga seringkali sangat berkesan bagi anak-anak dan seluruh anggota keluarga, tidak hanya menjadi kenangan seumur hidup, tetapi juga memisahkan keluarga dari rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari, membuka pikiran terhadap budaya, makanan, dan pengalaman baru, dan menurut penelitian liburan bersama dengan keluarga bahkan baik untuk kesehatan secara keseluruhan, baik fisik maupun mental.

Banyak studi melaporkan bahwa orang-orang yang kembali dari liburan cenderung merasa lebih bahagia dan santai. Tidak mengherankan, studi tersebut juga menemukan bahwa mereka ternyata menjadi lebih produktif dan semakin memiliki kedekatan di dalam hubungan antar anggota keluarga.

Bagaimana jika tetap ingin merasakan liburan dengan hemat dan waktu yang terbatas? Maka tak perlu khawatir, liburan yang singkat dengan tujuan wisata alam yang memiliki ruang terbuka dapat menjadi alternatif tepat. Keluarga juga bisa menikmati liburan dengan staycation di hotel dalam kota. Agar lebih terasa liburannya, pilihlah hotel yang memiliki nuansa unik.

Lalu, bagaimana dengan anak? Apakah ada dampak yang muncul ketika orangtua mengajak anak untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama? Ternyata, banyak lho, manfaatnya, berikut ini beberapa di antaranya:

Mendorong anak untuk mencoba sesuatu yang baru

Bepergian ke tempat baru yang menarik di dunia akan mendorong anak-anak dari segala usia untuk mencoba pengalaman baru. Baik itu snorkling dengan ikan tropis di laut, berkemah di kaki gunung, atau mencoba jajanan kaki lima yang rasanya unik. Bepergian jauh dari rumah membuka kemungkinan tak terbatas untuk anak-anak menjadi berani dan berjiwa petualang.

Mengasah kemampuan menghibur diri sendiri

Jauh dari kenyamanan rumah, anak-anak yang sedang berlibur menemukan diri mereka dalam banyak situasi. Ada beberapa kondisi yang membuat mereka perlu menghibur diri untuk “bersenang-senang”. Misalnya, saat menunggu di bandara atau berada di pesawat terbang kadang bisa sangat lama, dan bisa jadi terasa lebih lama bagi anak-anak yang mudah bosan. Namun, anak-anak yang rutin berlibur ternyata lebih mudah belajar bagaimana menggunakan waktu yang mereka miliki untuk menghibur diri, mengisi waktu saat menunggu, dan membunuh kebosanan adalah dua di antaranya. Mungkin, mereka bisa menyibukkan diri dengan membaca buku atau menggunakan imajinasi mereka untuk bermain dan menjelajahi lingkungan baru.

Menyukai makanan baru

Berada di lingkungan yang baru mendorong anak untuk mencoba pengalaman baru. Mereka cenderung terbuka dalam mencoba makanan baru saat berlibur. Makanan laut segar, makanan jalanan yang aneh, dan rempah-rempah lokal, yang seluruh keluarga dapat mencoba rasa baru bersama. Siapa tahu, menu tersebut  akan menjadi menu favorit baru sesampainya di rumah.

Menguatkan hubungan keluarga

Liburan keluarga menjadikan kenangan yang diingat anak-anak dengan penuh kasih selama sisa hidup mereka. Saat berlibur, keluarga berbagi banyak pengalaman bersama yang tanpa disadari anak akan meningkatkan dan memperkuat ikatan keluarga.

Anak memberikan pandangan yang lebih jelas terhadap dunia bagi orangtua

Sebagai orang dewasa, orangtua mungkin tidak menyadari bahwa anak bisa memberikan pandangan yang berbeda tentang dunia. Anak-anak akan membuat orangtua lebih menerima lingkungan mereka. Menjadi lebih jeli dan menjawab pertanyaan anak-anak yang tak ada habisnya, ibu menjadi lebih sadar akan lingkungan baru dan sejarah, budaya, dan keindahan alam dunia.

Ternyata, mengajak anggota keluarga berlibur sangat banyak manfaatnya terutama bagi anak-anak, mari persiapkan liburan singkat dengan keluarga ya!

 

 

Referensi :

The Family Holidays Company.2021. “5 Benefits of Taking Your Children on Holiday”. available from https://familyholidayscompany.com/blog/5-benefits-of-going-on-holiday-with-children/

Liburan Aman di Tengah Pandemi, Simak 10 Tren Wisata 2021 Ini. Available from https://www.cermati.com/artikel/liburan-aman-di-tengah-pandemi-simak-10-tren-wisata-2021-ini