Selasa, 27 Juni 2023 08:51 WIB

Rumah Sehat Lingkungan Bersih

Responsive image
16182
Yoni Lestari, A.Md. KL - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Rumah adalah salah satu persyaratan pokok bagi kehidupan manusia. Rumah adalah bangunan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau hunian dan sarana pembinaan keluarga. Rumah sebagai tempat membina keluarga, tempat berlindung dari iklim dan tempat menjaga kesehatan keluarga. Kesehatan rumah adalah kondisi fisik di dalam rumah, di lingkungan rumah dan perumahan sehingga memungkinkan penghuni atau masyarakat memperoleh derajat kesehatan yang optimal. Rumah sehat adalah tempat berlindung / bernaung dan tempat untuk beristirahat sehingga menumbuhkan kehidupan yang sempurna baik fisik, rohani dan sosial. Lingkungan bersih adalah lingkungan yang bebas dari kuman penyakit. Lingkungan yang bersih dan sehat sangat mempengaruhi kesehatan orang-orang di sekitarnya maka sebaiknya anda ikut berperan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dimulai dari rumah anda sendiri.

Fungsi Rumah

Secara garis besar, rumah memiliki fungsi yaitu :

1.      Rumah harus memenuhi kebutuhan pokok jasmani manusia.

2.      Rumah harus memenuhi kebutuhan pokok rohani manusia.

3.      Rumah harus melindungi manusia dari penularan penyakit.

4.      Rumah harus melindungi manusia dari gangguan luar.

5.      Rumah menunjukkan tempat tinggal.

Syarat Rumah Sehat

1.    Memenuhi kebutuhan fisiologis antara lain pencahayaan, penghawaan dan ruang gerak yang cukup terhindar dari kebisingan serta aman.

2.    Memenuhi kebutuhan psikologis antara lain privacy / keleluasaan pribadi yang cukup, nyaman, komunikasi yang sehat antar anggota keluarga dan penghuni rumah.

3.    Memenuhi persyaratan pencegahan penularan penyakit antar penghuni rumah dengan penyediaan air bersih, pengelolaan tinja dan limbah rumah tangga, bebas vektor penyakit dan tikus, kepadatan hunian yang tidak berlebihan, cukup sinar matahari pagi, terlindungnya makanan dan minuman dari pencemaran, disamping pencahayaan dan penghawaan yang cukup, bebas dari hama kering dan bebas dari debu / kotoran.

4.    Memenuhi persyaratan pencegahan terjadinya kecelakaan baik yang timbul karena keadaan luar maupun dalam rumah antara lain persyaratan garis sempadan jalan, konstruksi yang tidak mudah roboh, tidak mudah terbakar dan tidak cenderung membuat penghuninya jatuh tergelincir serta efisien dan hemat energi.

Manfaat Rumah Sehat dan Bersih

1.    Menurunkan stres

Menurut sebuah penelitian di jurnal, melakukan aktifitas fisik adalah salah satunya membersihkan rumah selama 20 menit dapat mengurangi kecemasan dan stres, maka cobalah untuk membersihkan rumah dan lingkungan sekitar secara rutin. Tujuannya tidak hanya mengurangi tingkat stres tetapi juga untuk membuat tubuh tetap aktif sehingga syaraf dan otot akan bekerja dengan baik dan peredaran darah akan semakin lancar.

2.    Menghalau timbulnya penyebaran penyakit

Rumah yang jarang dibersihkan akan mejadi sarang kuman, debu, tungau dan jamur, dengan membersihkan kamar mandi, kamar tidur, tempat cuci piring lantai dan seluruh dinding rumah dapat melindungi kita dari kuman- kuman yang berbahaya. Area yang seringkali menjadi sarang penyakit yang wajib kita perhatikan adalah dapur, oleh karena itu selalu bersihkan perlengkapan alat masak dapur kita setelah pemakaian dan simpan di tempat yang bersih dan bebas dari kecoa dan tikus.

3.    Mencegah berkumpulnya tikus dan serangga

Tikus dan serangga merupakan hewan yang suka berada dalam lingkungan yang kotor dan tidak rapi. Hewan tersebut dapat berkembang biak dan lebih mudah bersembunyi di rumah yang berantakan.

4.    Mengurangi risiko alergi dan kambuhnya asma

Salah satu manfaat rumah yang bersih dan sehat yaitu dapat mengurangi terjadinya alergi dan asma. Di dalam rumah yang berantakan banyak ditemukan tungau, debu yang dapat menimbulkan alergi dan kambuhnya asma. Tungau dapat dijumpai di kasur, bantal, guling, sofa, karpet dan gorden. Bersihkan dan jemur peralatan tidur, karpet di rumah kita secara rutin minimal 3 minggu sekali atau saat sudah terlihat kotor, sebaiknya ganti bantal kita dengan bahan yang mudah di cuci sehingga tidak ada jamur, debu, ataupun tungau yang menempel.

5.    Memperbaiki Mood

Coba kita bayangkan jika kita dalam keadaan sedang terburu- buru dan kesulitan menemukan barang yang kita cari karena kondisi rumah yang berantakan. Secara psikologis hal tersebut dapat membuat kita bertambah stres, selain itu anda akan merasa lebih lelah karena harus menggunakan energi yang banyak untuk mencari barang yang kita butuhkan, akhirnya mood kita akan rusak sehariaan saat memulai aktifitas. Sangat berbeda jika rumah kita rapi dan bersih, kita akan lebih mudah menemukan barang yang kita cari dan rumah yang rapi akan terlihat indah untuk kita pandang sehingga kita akan sangat betah tinggal di dalamnya.

6.    Terhindar dari Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nyamuk banyak berkembang biak pada genangan air, bak yang kotor serta tumpukan sampah, dengan menjaga lingkungan rumah agar tetap bersih dan rapi tentunya akan mencegah berkembang biaknya nyamuk pembawa penyakit DBD.

7.    Menjaga kualitas tidur

Salah satu manfaat tinggal di rumah yang sehat dan bersih dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Perlu diperhatikan bagi mereka yang selalu merasa kurang tidur atau tidak bisa tidur pulas. Mungkin rumah atau kamar yang kotor menjadi salah satu alasannya. Menurut penelitian, orang yang selalu merapikan tempat tidur akan nyeyak tidurnya dibandingkan dengan kamar yang berantakan. Sprei dan selimut yang bersih pun akan cenderung membuat orang tidur lebih berkualitas.

8.    Lebih produktif

Ada satu manfaat dari memiliki rumah yang bersih, kita akan lebih produktif untuk menyelesaikan tugas kantor atupun pekerjaan lainnya, sebab bila kita berangkat dari rumah untuk bekerja dengan memiliki kondisi rumah yang bersih dan rapi akan meningkatkan mood kita dalam bekerja, sehingga dapat lebih maksimal saat melakukan pekerjaan.

 

Referensi :

Sri Rezeki Firda Aprina. 2017. Kondisi Fisik Rumah di Desa Sihusapi Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Jurusan Kesehatan Lingkungan Kabanjahe.

Khairunnisa. 2021. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Lingkungan Bersih pada Rumah Tangga di Desa Kuala Idi Kecamatan Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.