Rabu, 26 April 2023 11:21 WIB

Manfaat Minyak Kelapa

Responsive image
56365
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Tak hanya untuk masakan, ternyata ada banyak manfaat minyak kelapa yang baik untuk kesehatan. Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang sangat besar, yaitu sekitar 80-90 persen. Asam lemak jenuh yang paling banyak di dalam minyak kelapa adalah asam laurat, yaitu sebanyak 47 persen. Lalu, ada pula asam miristat dan palmitat dalam jumlah yang lebih kecil. Meski mengandung asam lemak jenuh, minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat minyak kelapa sangat beragam, tetapi pemakaiannya tidak bisa sembarangan. Ini karena tidak semua jenis kulit cocok dengan minyak ini, sehingga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengoleskannya ke kulit. Minyak kelapa memang sering digunakan untuk memasak. Namun, siapa sangka minyak ini juga bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit wajah. Manfaat minyak kelapa untuk wajah berasal dari kandungan beberapa nutrisi penting yang mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, seperti asam laurat yang dapat merangsang produksi kolagen di kulit.

Kandungan Gizi Minyak Kelapa Minyak kelapa dipercaya kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia. Contohnya seperti vitamin E, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Selain itu, minyak kelapa tidak memiliki serat dan mineral. Kendati demikian, minyak kelapa masih bermanfaat bagi kesehatan. Berikut rincian kandungan gizi dalam 1 sendok makan (sdm) minyak kelapa :

0 gram protein.

0 miligram (mg) kolesterol.

121 kalori.

13,5 g lemak, di mana 11,2 g jenuh.

Sementara itu, sebagaimana dikutip dari Hello Sehat, diketahui bahwa komposisi lemak 100% terdiri dari lemak. Terutama 80-90 adalah lemak jenuh. Pada minyak kelapa setidaknya ada 3 jenis asam lemak jenuh seperti asam laurat, asam miristat, dan palmitat.

Beragam Manfaat Minyak Kelapa untuk kulit

Banyak produk kecantikan yang mengeluarkan produk perawatan kulit dengan kandungan minyak kelapa karena minyak ini mampu membawa manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan kulit:

1.    Mengurangi Risiko Perburukan Organ dan Jaringan Tubuh

Konsumen asam lemak jenuh terbanyak di dunia adalah masyarakat Tokelau yang tinggal di kepulauan di Pasifik (bagian dari Selandia Baru) dan Kitava (bagian dari Papua Nugini).

Meski 60 persen kalori yang mereka konsumsi didapat dari minyak kelapa, masyarakat Tokelau dan Kitava dalam kondisi sehat. Mereka juga jarang terkena penyakit degeneratif, yaitu kondisi medis yang menyebabkan memburuknya organ dan jaringan tubuh secara bertahap.

2.    Mengangkat sisa kotoran di wajah

Minyak kelapa dapat dijadikan sebagai make up remover alami karena mampu mengangkat kotoran dan sisa riasan di wajah. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menuangkan minyak kelapa murni ke telapak tangan secukupnya, lalu oleskan ke kulit wajah. Pijat dengan gerakan lembut agar kotoran atau riasan di wajah bisa terangkat. Selanjutnya, usap wajah dengan kapas bersih secara perlahan, lalu cuci wajah menggunakan sabun pembersih agar tidak ada lagi sisa kotoran atau minyak kelapa di wajah.

3.    Melembapkan kulit

Asam linoleat yang terkandung di dalam minyak kelapa bisa membuat kulit terhidrasi, sehingga bisa memperkuat lapisan teratas kulit (skin barrier).

Berkat kemampuannya dalam melembapkan kulit, pemilik kulit kering bisa menjadikan minyak kelapa sebagai bagian dari perawatan kulit wajah agar kulit lebih lembap dan kenyal.

4.    Meminimalkan munculnya kerutan di wajah

Dalam minyak kelapa terdapat kandungan asam laurat yang bisa merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dapat diproduksi oleh tubuh secara alami dan berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Namun, pertambahan usia bisa menyebabkan produksi kolagen menurun. Hal ini membuat penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, seperti minyak kelapa, diperlukan agar elastisitas kulit lebih terjaga. Dengan begitu, munculnya kerutan di wajah bisa dimininimalkan.

5.    Mengobati jerawat

Pengolesan minyak kelapa ke wajah bisa membantu mengobati jerawat. Manfaat minyak kelapa untuk wajah ini dapat diperoleh berkat kandungan asam laurat di dalamnya yang efektif dalam membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, ada pula kandungan asam kaprat yang bersifat antiradang dan antibakteri yang membuat minyak kelapa mampu meredakan jerawat sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

6.    Mencerahkan kulit

Minyak kelapa diketahui mampu mencerahkan kulit wajah, menyamarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit. Namun, manfaat minyak kelapa untuk wajah ini bisa diperoleh lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan bahan lain yang bersifat mencerahkan, seperti lemon. Lemon mengandung vitamin C tinggi dan diketahui efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam di wajah.

7.    Membunuh Bakteri

Asam laurat dalam minyak kelapa sanggup membunuh bakteri, virus, dan jamur. Karenanya, kebiasaan mengonsumsi minyak kelapa diduga bisa membantu menurunkan risiko penyakit akibat infeksi mikroba.

Bahkan, ada penelitian yang mengungkapkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan sebagai obat kumur. Cara yang disebut sebagai oil pulling ini ternyata baik untuk kesehatan mulut.

8.    Menyehatkan Kulit Kepala

Jika kamu memiliki kulit kepala yang cenderung kering, penggunaan minyak kelapa dapat menjadi salah satu solusinya. 

Minyak kelapa dapat membantu melembapkan serta memberikan nutrisi untuk kulit kepala.

9.    Membantu Meredakan Gejala Alergi

Alergi bisa menyebabkan kulit terasa gatal. Bagi kamu yang suka menggaruk kulit, kondisi ini bisa membuat kulit kamu cenderung bersisik atau kering.

Penggunaan minyak kelapa dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Namun, sebelum menggunakan minyak kelapa, pastikan kamu tidak memiliki alergi terhadap kandungan di dalamnya.

10.  Mengatasi Gigitan Serangga

Gigitan serangga bisa menyebabkan rasa nyeri disertai rasa gatal. Penggunaan minyak kelapa pada permukaan kulit yang digigit serangga diyakini dapat membantu meredakan keluhan yang dirasakan. Karena itu, jika kamu merasakan gatal akibat gigitan serangga, coba oleskan minyak kelapa.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Meski manfaat minyak kelapa untuk kulit cukup beragam, anda tetap harus hati-hati saat menggunakannya. Misalnya, pemilik kulit berminyak disarankan untuk menghindari penggunaan minyak kelapa di wajah karena bisa membuat kulit makin berminyak.Bagi pemilik kulit kering dan normal, minyak kelapa umumnya aman untuk digunakan. Namun, tetap lakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mengoleskan minyak kelapa ke kulit wajah.

 

 

Referensi :

Melati Ananda Kusuma, dkk, 2020, Asam Lemak Virgin Coconut Oil (VCO) dan Manfaatnya untuk Kesehatan, jurnal agroteknologi Fakultas pertanian Universitas Sultan ageng Tirtoyoso Serang

Pham, et al. (2022). Anti-Aging Effects of a Serum Based on Coconut Oil Combined with Deer Antler Stem Cell Extract on a Mouse Model of Skin Aging. Cells, 11(4)

Varma, et al. (2018). In Vitro Anti-Inflammatory and Skin Protective Properties of Virgin Coconut Oil. Journal of Traditional and Complementary Medicine, 9(1)

Cleveland Clinic (2022). Should You Use Coconut Oil on Your Skin?

Lang, A. Healthline (2023). 10 Evidence-Based Health Benefits of Coconut Oil.

Whelan, C. Healthline (2020). How to Use Coconut Oil on Your Face Overnight.

Memon, N. & Chintapalli, S. MedicineNet (2022). Is Coconut Oil Good for Your Skin?

Patient. What are The Benefits of Collagen, and Can It Prevent Skin