Selasa, 04 April 2023 11:09 WIB

Ini Segudang Manfaat Berolahraga

Responsive image
1559
Ernyati Pakpahan, S.Gz. - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek (2019) menganjurkan, masyarakat melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dilakukan diharapkan membuat masyarakat hidup sehat. Manfaat olah raga/aktifitas fisik bagi kesehatan tubuh yang disampaikan oleh Daniel Landers, Profesor Pendidikan Olahraga dari Arizona State University (2021):

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Dengan berolahraga secara teratur, akan meningkatkan fungsi hormon-hormon dalam tubuh di mana hormon-hormon ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi bugar, daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan Fungsi Otak.

Melakukana olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan. Berolahraga dapat menambah jumlah oksigen di dalam darah dan dapat memperlancar aliran darah menuju otak. Sehingga meningkatkan fungsi otak.

  •  Mengurangi Stres

Setiap orang pasti akan mengalami stress, dan tidak melihat dari usia namun bisa terjadi pada siapa saja. Berolahraga, seseorang dapat membantu mengatasi emosi, rasa kegelisahan, cemas, sehingga mengurangi stres didalam dirinya. Dengan rajin melakukan olahraga, secara rutin akan memiliki tingkat kecemasan yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berolahraga. Aktivitas olahraga menyebabkan tubuh bereaksi termasuk otak. Karena otak akan melepaskan banyak hormon termasuk endorphin yang bisa mempengaruhi suasana hati menjadi lebih gembira, riang dan senang.

  1. Kelenturan sendi akan terjaga dan kekuatan otot akan terbentuk dan memperbaiki fungsinya
  2. Berolah raga akan menurunkan kolesterol Ketika melakukan olahraga, tubuh bergerak dan membantu tubuh membakar kalori yang ada sehingga menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja. Berolahraga membantu tubuh mengurangi tertimbunnya lemak dalam tubuh. Berolahraga yang teratur juga dapat membakar kolesterol LDL dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) oleh karena itu sangat membantu tubuh tetap fit dan mengurangi resiko darah tinggi, stroke, kegemukan, dan penyakit jantung.
  3. Berolahraga dapat membantu dan mengendalikan penyakit tidak menular yaitu, jantung, stroke, diabetes, dan resiko kanker
  4. Berolahraga dapat mempertahankan berat badan dan mengendalikan berat badan (obesitas)
  5. Berolahraga memperbaiki kelenturan sendi dan kekuatan otot.
  6. Daya tahan tubuh akan semakin meningkat dan sistem kekebalan tubuh.
  7. Berolahraga memperbaiki aliran, jumlah oksigen, dan nutrisi kejaringan tubuh membai, dan membantu sistem   kardiovaskular untuk bekerja lebih efisien.

Adapun, dampak akibat kekurangan berolah raga yaitu menyebabkan berat badan akan menjadi tidak terkontrol, dan tentunya memberikan dampak bagi tubuh anda seperti Tubuh menjadi lemas, obesitas, nafsu makan yang tidak normal.

Adapun jenis-jenis olahraga yang mudah didlakukan yang baik untuk kesehatan:

  • Jalan Cepat. Jalan cepat adalah berjalan kaki dengan kecepatan di atas rata-rata kecepatan berjalan pada umumnya yaitu sekitar 7 sampai 9 kilometer per jam.
  • Senam merupakan olahraga murah yang populer di masyarakat
  • Berenang, memang membuat seluruh anggota tubuh ikut bergerak, sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular. Manfaat berenang antara lain :
  1. Membantu mengencangkan otot perut dada paha dan lengan,
  2. Melatih otot agar menjadi lebih kuat,
  3. Menjaga tubuh agar terus segar bugar,
  4. Mengurangi Gejala Arthritis,
  5. meredakan sakit punggung.
  • Lari, merupakan olahraga yang mudah untuk dilakukan, karena tidak memerlukan perlengkapan khusus dan biaya yang mahal. Manfaat lari bagi kesehatan adalah
  1. dapat menurunkan berat badan,
  2. baik untuk kesehatan lutut,
  3. menjadikan jantung sehat,
  4. meningkatkan stamina tubuh,
  5. Mengurangi berbagai resiko penyakit
  • Bersepeda. Aktifitas bersepeda yang dapat dilakukan minimal 1 kali seminggu. Bersepeda sebaiknya dilakukan minimal 30 menit dengan tujuan menjadi sehat, langsing dan bugar.
  • Jogging, dilakukan dengan berlari dengan kecepatan 11 km/jam yang bertujuan meningkatkan kebugaran tubuh. Minimal waktu jogging yang disarankan adalah 30 menit setiap hari.

 

Berolahraga dapat menormalkan kadar kolesterol didalam tubuh, membakar kalori didalam tubuh, menyehatkan jantung, dan mencengah terjadinya obesitas Aktivitas fisik atau olahraga yang terencana, teratur dan terukur serta dilakukan secara rutin, sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik bagi yang melakukannya.

 

Referensi :

Nila Moeloek, Tahun 2019, Anjuran durasi waktu Olag raga https://p2ptm.kemkes.go.id/tag/anjuran-menkes-nila-soal-durasi-waktu-olahraga

Daniel Landers, Profesor Pendidikan Olahraga dari Arizona State University

Jurnal Pengabdian Siliwangi P-ISSN 2477-6629 Volume 7, Nomor 1, Tahun 2021

Depkes RI, 2013. Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta.

Sumber gambar : Freepik