Jumat, 31 Maret 2023 09:40 WIB

Manfaat Nanas

Responsive image
63150
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Buah nanas dikenal karena rasanya yang lezat dan menyegarkan.  Terlebih lagi, nanas juga merupakan buah serbaguna yang dapat dinikmati dengan banyak cara. Bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, dibuat rujak dan sambal, sampai dimasukkan sebagai topping pizza. Selain rasanya yang enak, nanas juga mengandung banyak Vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Nanas juga baik dikonsumsi untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan karena buah ini rendah kalori dan bebas lemak.

Dibalik rasanya yang lezat dan segar, ternyata ada banyak manfaat buah nanas untuk kesehatanmulai dari menurunkan berat badan sampai meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat dari buah nanas ini ada sebab buah nanas mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Demi memperoleh manfaat dari buah nanas, kita dapat mengkonsumsi nanas segar yang sudah matang. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menikmati buah nanas dengan cara menjadikannya salad buah, puding nanas atau jus nanas. 

Nanas madu atau Ananas comosus (L) Merr merupakan buah yang banyak dibudidayakan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Nanas madu memiliki ukuran yang lebih kecil dan rasa yang lebih manis daripada buah nanas biasa. Buah ini juga memiliki kulit berwarna oranye tua atau merah.

Kandungan Nutrisi Nanas Madu

Satu buah nanas madu memiliki berat sekitar 650 gram. Dalam 100 gram nanas madu terkandung 40 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini: Dua kandungan utama buah nanas adalah vitamin c dan mangan. Vitamin C sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, sistem kekebalan tubuh yang sehat dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Sementara itu, mangan adalah mineral alami yang membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan metabolisme dan memiliki sifat antioksidan. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat di dalam 165 gram (g) buah nanas :

  • Kalori: 82,5
  • Lemak: 1,7 g
  • Protein: 1 g
  • Karbohidrat: 21,6 g
  • Serat: 2,3 g
  • Vitamin C: 131% Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Mangan: 76% AKG
  • Vitamin B6: 9% AKG
  • Tembaga: 9% AKG
  • Thiamin: 9% AKG
  • Folat: 7% AKG
  • Kalium: 5% AKG
  • Magnesium: 5% AKG
  • Niasin: 4% AKG
  • Asam pantotenat: 4% AKG
  • Riboflavin: 3% AKG
  • Besi: 3% AKG
  • Vitamin A
  • Vitamin K
  • Fosfor
  • Zinc
  • Kalsium

Beragam Manfaat Nanas Madu

Berkat nutrisinya yang melimpah, ada berbagai manfaat nanas madu untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah flu

Vitamin C yang tinggi dalam nanas madu menjadikan buah ini  baik  untuk meningkatkan imunitas agar tubuh tidak mudah sakit. Jika asupan vitamin C harian tercukupi, daya tahan tubuh akan meningkat sehingga mudah mencegah dan melawan penyakit, termasuk flu.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, manfaat nanas madu dalam mencegah dan mengatasi sembelit juga didukung oleh enzim bromelain. Bromelain bekerja dengan cara memecah molekul protein agar lebih mudah dicerna dan diserap oleh usus.

3. Meredakan diare

Tak hanya mengatasi sembelit, bromelain dalam nanas madu juga dapat mengurangi gejala diare. Bromelain diketahui efektif dalam menghambat pelekatan bakteri penyebab diare, seperti E. coli dan V. cholera, ke permukaan usus.

4. Membantu menurunkan berat badan

Nanas madu kaya akan serat yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori, sehingga dapat membantu program penurunan berat badan. Selain itu, manfaat nanas madu juga diketahui dapat mengurangi pembentukan dan meningkatkan pemecahan lemak dalam tubuh.

5. Mengurangi bengkak dan nyeri

Masih berkat kandungan bromelain, manfaat nanas madu selanjutnya adalah mengurangi bengkak dan nyeri setelah operasi, terutama operasi gigi. Enzim yang satu ini tak hanya baik untuk saluran cerna, tetapi juga dapat meredakan bengkak, memar, dan nyeri baik karena cedera otot maupun radang sendi.

6. Mencegah penuaan dini

Radikal bebas berlebih dalam tubuh dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini di kulit. Kondisi tersebut ditandai dengan kulit keriput dan flek hitam.

Untuk mencegah penuaan kulit akibat radikal bebas, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti nanas madu. Manfaat nanas madu dalam mencegah penuaan kulit juga bisa Anda peroleh dari kandungan vitamin C di dalamnya. vitamin c mampu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah hiperpigmentasi pada kulit.

7. Membantu penyembuhan luka bakar

Bromelain yang terkandung dalam nanas madu juga diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Enzim ini berperan dalam membantu pemulihan jaringan kulit yang rusak, mengangkat sel kulit mati, serta meredakan nyeri.

8. Mencegah serangan jantung

Kandungan antioksidan, seperti flafonoid dan fenolik, dalam nanas madu diketahui dapat menurunkan risiko terjadinya serangan jantung  Antioksidan sendiri merupakan senyawa dalam makanan yang dapat melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel dan berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung.

9. Mencegah osteoporosis

Nanas madu merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral, seperti kalsium dan mangan. Keduanya mendukung manfaat nanas madu dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Selain menjaga kesehatan tulang, mangan juga diketahui dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

10. Mencegah kanker

Satu lagi manfaat nanas madu yang bisa Anda peroleh berkat kandungan bromelain di dalamnya, yaitu menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan molekul yang dapat menghambat perkembangan sel kanker. Manfaat nanas madu dalam mencegah penyakit kanker juga didukung oleh kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan mampu meminimalkan stres oksidatif dan peradangan yang menjadi penyebab kanker.

 

Referensi :

Yurnila Embisa, dkk, 2018, Pengaruh konsumsi nanas (Ananas comosus L. Merr) terhadap penurunan indeks plak pada anak usia 10-12 tahun di SD Inpres 4/82 Pandu, jurnal kedokteran gigi Universitas Samratulangi Menado

Sendi Marsella, dkk, 2019, Pengaruh Mengonsumsi Buah Nanas (Ananas comosus l .merr) dan Buah Pir (Pyrus bretschneideri) terhadap Jumlah Koloni Streptococcus sp. dalam Saliva Anak Usia 10 – 12 Tahun, jurnal kesehatan Fakultas kedokteran gigi Universitas negeri Jember

Muhammad Rivaldi Mappa, dkk, 2019, Pemanfaatan Buah Nanas (Ananas comosus L.) Sebagai Antioksidan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Era Pandemi Covid 19, jurnal kesehatan Institut kesehatan dan tehnologi Graha Medika Jakarta