Selasa, 28 Februari 2023 15:28 WIB

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Responsive image
4048
Muhammad Adwin Luthfian Noor, S.Tr.Sos - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Seringkali kita mendengar pepatah "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Selain memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, berolahraga juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental. Olahraga dapat membantu memelihara kesehatan emosi dan mencegah depresi. American Journal of Psychiatry (2017) menemukan hubungan kuat antara tidak berolahraga dan gangguan depresi.

Olahraga merupakn kebutuhan tubuh yang sering kali dilupakan. Padahal manfaat olahraga sangatlah banyak. Bukan hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, namun juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Olahraga dapat menstimulasi tubuh untuk memproduksi hormon yang memicu perasaan positif. Berikut adalah manfaat jika berolahraga di luar rumah, antara lain sebagai berikut:

1. Dapat menghirup udara segar

2. Menumbuhkan rasa peka pada lingkungan sekitar

3. Dapat sekaligus berinteraksi dengan orang lain

Berolahraga bersama teman atau kerabat terdekat akan terasa lebih menyenangkan daripada berolahraga sendiri, karena dapat memberikan energi positif pada saat berolahraga. Bersosialisasi dengan support system yang baik dapat mengurangi stres, serta mengatasi kecemasan dan depresi. Seperti yang kita ketahui, stres dapat mengarah ke penyakit jantung, obesitas, asma, penuaan dini, hingga kematian.

Manfaat mental lain yang bisa didapatkan adalah peningkatan memori, peningkatan pemantauan diri, dan peningkatan kemampuan untuk membatasi gangguan internal dan eksternal. Olahraga juga dapat menjadi terapi tambahan memulihkan orang yang mengidap kesehatan mental. Seperti yang dikutip dari majalah Time (2020), bahwa terdapat cukup bukti aktivitas fisik dapat membantu pengidap depresi untuk pulih. Namun, tetap sebaiknya diikuti dengan pengobatan medis dan konseling.

Ternyata ada benarnya, ya, ungkapan dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat itu. Pasalnya, rutin melakukan beberapa aktivitas gerak tubuh seperti di atas punya dampak positif untuk kesehatan mental dan emosional kamu.

 

Referensi:

Harvey, Samuel. 2018. Exercise and the Prevention of Depression: Results of the HUNT Cohort Study. Maryland: The American Journal of Psychiatry. Diakses pada https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28969440/ pada tanggal 13 Juni 2022.

Macmillan, Amanda, 2017. Video: Just One Hour of Exercise a Week May Help Prevent Depression USA: Time. Diakses pada https://time.com/4966319/exercise-depression-study/ pada tanggal 13 Juni 2022.