Rabu, 04 Januari 2023 11:36 WIB

Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Responsive image
5346
Muhammad Adwin Luthfian Noor, S.Tr.Sos - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Beban kerja yang terlalu banyak tentu dapat mempengaruhi seseorang. Bukan hanya fisik, namun mental juga dapat terpengaruh karena perasaan stres yang timbul akibat beban kerja yang dianggap terlalu berat. Stres yang terjadi akibat pekerjaan memang terbilang umum terjadi. Namun apabila terus dibiarkan dapat menimbulkan masalah pada kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Perasaan stres berlebih tidak hanya menciptakan emosi negatif, namun juga membuat tingkat produktivitas seseorang menjadi lebih rendah dan kesulitan untuk berkonsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menjaga mental untuk tetap prima dibutuhkan semua orang karena efeknya tidak terlihat berbeda dengan dampak secara fisik. Setiap orang harus tahu beberapa cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental saat mengalami stres berlebihan di lingkungan kerja. Sebagai tempat di mana banyak individu menghabiskan sebagian besar waktunya, perusahaan/ organisasi perlu memperhatikan kondisi lingkungan kerja yang mendukung kesehatan mental pegawainya. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pegawai agar dapat menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja, antara lain sebagai berikut:

1.    Menjaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi (Work-Life Balance)

Pegawai yang ingin menjaga kesehatan mental untuk tetap prima saat bekerja haruslah memastikan keseimbangan antara pekerjaan di kantor dengan kehidupan pribadi. Pastikan untuk tidak membawa pulang pekerjaan ke rumah. Tanpa adanya keseimbangan, produktivitas seseorang cenderung menurun dan kerap merasa kelelahan dalam bekerja. Menghabiskan waktu dengan keluarga, berolahraga, melakukan hobi, dan mengerjakan hal yang disukai dapat membantu mengurangi stres yang timbul akibat lingkungan kerja.

2.    Mengelola Stres

Stres yang berlebihan tentunya dapat dikurangi apabila stres dapat dikelola dengan baik. Berolahraga rutin, makan makanan yang sehat dan disukasi, serta bersantai merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan agar stres tidak menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

3.    Fokus Terhadap Hal yang Positif

Penyakit mental termasuk masalah yang dapat menimbulkan masalah serius. Namun, dampak buruk yang timbul dapat dicegah dan diredam. Cobalah untuk fokus terhadap hal positif dan pastikan orang-orang yang ada disekitar benar-benar mendukung segala hal yang kamu lakukan, serta memberi saran dibutuhkan.

4.    Diskusikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Cobalah untuk tidak takut mengungkapkan masalah yang berhubungan dengan stres, depresi, kecemasan, dan penyakit mental lainnya di lingkungan pekerjaan. Setiap orang harus memahami bahwa mungkin saja mengalami perasaan stres yang berlebihan sehingga berakibat buruk bagi kesehatan mental.

 

Referensi:

Andrew, Elisabeth. 2020. 10 Ways to Improve Mental Health in Your Workplace. London: Psychreg. Diakses pada https://www.psychreg .org/improve-mental-health-workplace/ pada tanggal 13 Mei 2022.

Morin, Amy. 2020. 8 Simple Ways to Create a Mentally Healthier Workplace. New York: Inc. Diakses pada https://www.inc.com/amy-morin/8-simple-ways-to-create-a-mentally-healthier-workplace.html pada tanggal 13 Mei 2022