Selasa, 27 September 2022 16:44 WIB

Ketahui Manfaat Buah Tomat

Responsive image
78561
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Buah tomat (Lycopersicum Esculentum Mill) adalah buah yang berasal dari benua Amerika, terdiri dari berbagai bentuk dan dimensi, tingginya dapat mencapai 2.5 meter, ditanam sebagai tanaman buah di ladang, pekarangan, atau ditemukan liar pada ketinggian 1-1600 m dpl. Tomat tergolong buah karena merupakan bagian tanaman yang bisa dimakan, yang mengandung biji atau benih. Buah tomat (Solanum Lycopersicum L.) memiliki kandungan vitamin dan senyawa yang baik untuk kesehatan terutama Likopen. Likopen merupakan zat warna merah yang paling banyak terdapat pada buah tomat. Likopen bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit.

Kandungan Buah Tomat

Berikut ini kandungan buah tomat :

1.      Serat

2.      Vitamin C

3.      Kalium

4.      Vitamin K1

5.      Vitamin B9 (Folat)

6.      Likopen

7.      Beta Karoten

8.      Flavonoid

9.      Asam Klorogenat

Manfaat buah tomat baik bagi kesehatan. Tomat dapat disajikan kapanpun baik dalam bentuk makanan maupun minuman. Meski umumnya dimakan dan disiapkan seperti sayuran.

Manfaat Buah Tomat

Berikut ini adalah manfaat buah tomat :

1.      Menjaga Kesehatan Jantung.

Kandungan Likopen dan Beta Karoten dalam tubuh dapat memengaruhi risiko terhadap serangan jantung. Semakin rendah kadar Likopen dan Beta Karoten, semakin tinggi risiko mengalami serangan jantung.

2.      Mencegah Kanker

Tomat merupakan buah yang mengandung vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang terdapat dalam buah tomat memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab kanker.

3.      Melancarkan Pencernaan

Apabila Anda sedang mengalami sembelit, mengonsumsi buah tomat dapat membantu mengatasi kondisi tersebut. Karena kandungan air dan serat pada tomat dapat membantu melancarkan pergerakan usus sehingga buang air besar menjadi lancar.

4.      Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan yang terdapat dalam buah tomat yaitu Beta Karoten, Likopen, dan Lutein merupakan antioksidan dan memiliki manfaat untuk melindungi mata.

5.      Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C pada buah tomat juga memiliki peranan penting dalam pembentukan Kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan komponen penting dalam pertumbuhan kulit, rambut, hingga kuku.

6.      Meningkatkan Kesehatan Saat Hamil

Buah tomat memiliki manfaat kesehatan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan Folat yang baik untuk kehamilan. Kandungan Folat dalam buah tomat memberikan manfaat untuk menjaga janin dari cacat tabung saraf.

Buah tomat umumnya aman untuk dikonsumsi dan jarang menimbulkan alergi. Tetapi karena tomat bersifat asam, sebaiknya membatasi konsumsi tomat maupun produk olahan tomat. Jika anda mempunyai riwayat kondisi kesehatan tertentu dan ragu untuk mengonsumsi tomat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Dokter akan memberikan jumlah asupan tomat yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan Anda.

                                                       

Referensi        :

Surbakti Br Senthya Erisa. 2016. Tomat (Lycopersicum Esculentum Mill.) Sebagai Anti Penuaan Kulit. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung. Majority Volume 5 Nomor 3.

Novaldy Rafian, dkk. 2016. Pengaruh Tomat (Solanum Lycopersicum) dalam Pengurangan Risiko Karsinoma Prostat. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority Volume 5 Nomor 5.