Selasa, 09 Agustus 2022 08:28 WIB

Mengenal Infus Whitening

Responsive image
46301
Dr.dr. IGN Darmaputra, SpKK (K) FINSDV, FAADV - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

‘Cantik identik dengan kulit yang putih dan bersih’ telah diamini oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu kala. Seiring dengan perkembangan jaman, berbagai produk ataupun prosedur tindakan yang menjanjikan kulit putih selalu laku di pasaran. Salah satu produk yang digemari masyarakat Indonesia adalah infus whitening. Meskipun telah cukup lama di pasaran, namun tidak sedikit masyarakat yang mengalami reaksi yang tidak diinginkan saat prosedur berlangsung. Berikut adalah sekilas yang perlu kita ketahui mengenai infus whitening.

1.    Kandungan dari infus whitening

Infus whitening adalah campuran atau cocktail dari beberapa vitamin dan bahan yang diperuntukkan untuk mencerahkan kulit, diantaranya vitamin C, B kompleks, antioksidan, kolagen, dan lain-lain.

2.    Mekanisme infus whitening

Infus whitening bekerja dengan memasukkan vitamin serta antioksidan sebagai nutrisi dan agen protektif sehingga menekan aktivitas enzim tirosinase.

3.    Frekuensi prosedur

Tidak terdapat aturan pasti mengenai frekuensi pemberian infus whitening. Namun hasil yang optimal tampak pada rata-rata pemberian 2 minggu sekali.

4.    Efek samping yang mungkin terjadi

Tidak terdapat efek samping pada prosedur ini. Namun tetap diwaspadai adanya kemungkinan reaksi alergi terhadap bahan infus.

Telah banyaknya klinik estetik yang menawarkan prosedur infus whitening mengakibatkan pasien memiliki opsi yang sangat luas, tentunya dengan selalu memilih klinik yang kredibel dan SOP yang jelas. Tidak mudah tergiur harga yang murah dan selalu mencari tahu risk and benefit dari setiap tindakan yang akan dijalani penting untuk dipahami setiap pasien.

 

 

 

 

Referensi :

Kamakshi R. Fairness via formulations: a review of cosmetic skin-lightening ingredients. Journal of Cosmetic Science. 2011. 63 (1):43–54

Weschawalit S, Thongthip S, et al. Glutathione and its antiaging and anti- melanogenic effects. Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology. 2017. 10 (10): 147–153.

Zubair S et al. Efficacy of intravenous glutathione vs. placebo for skin tone lightening. The Journal of Pakistan Association of Dermatologists. 2016. 26 (23): 177–181