Jumat, 24 Juni 2022 10:28 WIB

Manfaat Buah Zaitun, Buah yang Diberkahi

Responsive image
30075
Ardiansyah, SKM, MM - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Zaitun (Olea europaea) adalah pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

Selain kurma, ternyata minyak zaitun juga tercantum dalam Al Quran sebagai obat. Buah zaitun juga disebut sebagai buah yang diberkahi

"... yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebalah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis) ..." (An-Nur: 35)

Al-Qurtubi mengatakan bahwa, buah zaitun memiliki banyak manfaat di antaranya dapat dijadikan minyak dengan cara memeras buahnya. Kemudian minyak ini bisa digunakan sebagai lauk-pauk, minyak oles dan juga bahan bakar.

Dikutip dalam buku berjudul 'Sains dalam Al-Quran' oleh Dr. Nadiah Thayyarah menuliskan sabda Rasululllah tentang buah zaitun yang berbunyi:

"Makanlah buah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Kandungan Nutrisi di Dalam Minyak Zaitun

Di dalam 1 sendok makan atau setara 15 ml minyak zaitun, terdapat 120 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

13,5–14 gram lemak

0,1 miligram kalsium

0,1 miligram kalium

0,3 miligram natrium

1,9 miligram vitamin E

8 mikrogram vitamin K

Meski banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung di dalam minyak zaitun merupakan jenis lemak sehat, seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, asam oleat, omega 3, dan omega 6. Minyak zaitun juga mengandung kolin dan antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol.

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat dan baik untuk kesehatan. Berkat beragam kandungan nutrisi dan antioksidannya, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa Anda peroleh, antara lain:

1.    Mengontrol tekanan darah

Sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih 4 sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol. Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

2.    Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah.

Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

3.    Menurunkan kadar kolesterol

Mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung.

4.    Mencegah pertumbuhan sel kanker

Pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5.    Memelihara fungsi otak

Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke dan demensia.

6.    Menjaga berat badan

Minyak zaitun juga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang diet, termasuk diet paleo atau berusaha menjaga berat badan tetap ideal. Minyak alami ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

7.    Mengatasi sembelit

Minyak zaitun juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sembelit karena bisa membuat tinja lebih lunak sehingga mudah dikeluarkan dari dalam tubuh.

8.    Mengendalikan kadar gula darah

Sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang menjalani pola makan sehat secara rutin, termasuk dengan mengonsumsi minyak zaitun, memiliki kadar gula darah yang lebih terkontrol. Hal ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan risiko terjadinya diabetes.

9.    Melembapkan kulit kering

Minyak zaitun mampu mengunci kelembapan kulit, sehingga sering digunakan untuk perawatan kulit kering. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada kulit wajah, tangan, atau kaki yang kering.

10.     Menjaga kesehatan mulut

Minyak zaitun mengandung sifat antiradang, antioksidan, dan antibakteri. Efek ini menjadikan minyak zaitun bermanfaat untuk memelihara kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, berkumur dengan minyak zaitun secara rutin juga dapat mencegah dan mengatasi bau mulut.

Zaitun juga mengandung zat garam,  zat  besi,  dan fosfor yang  bermanfaat  bagi manusia.  Zaitun  mengandung  vitamin  A  dan  B.  Dari buah   zaitun   dapat   dihasilkan    minyak    yang   pada umumnya   juga   digunakan   sebagai   bahan makanan. Selain    itu    dari    segi    kesehatan,    penelitian    terkini membuktikan   bahwa   zaitun   bermanfaat   untuk   alat pencernaan.   Kualitas   minyak   zaitun   juga   melebihi minyak-minyak  lainnya,  baik  minyak  nabati  maupun minyak  hewani,  karena  tidak  mempunyai  efek  samping yang  dapat  menimbulkan  penyakit  pada  peredaran  dan pembuluh  darah  arteri  seperti  yang  terdapat  pada  jenis minyak  lainnya.  Zaitun  juga  dapat  digunakan  sebagai bahan  penghalus  kulit,di  samping  kegunaan-kegunaan industri  lain  seperti  industri  pembuatan  sabun  di  mana zaitun  merupakan  salah  satu  bahan  campuran  terbaik (Shihab, 2002)

 

Referensi

Khoirunnisa, Rakhmiyati, dan Widyaningsih, Risti, 2020, Keistimewaan Zaitun dalam Perspektif Islam dan Sains, Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret

https://www.alodokter.com/manfaat-minyak-zaitun-untuk-kesehatan, diakses tanggal 20 Desember 2021

https://id.wikipedia.org/wiki/Zaitun, diakses tanggal 20 Desember 2021

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4748163/keistimewaan-buah-zaitun-dalam-al-quran, diakses tanggal 20 Desember 2021