Jumat, 05 Agustus 2022 09:08 WIB

Yuk Sarapan Pagi! Tubuh Sehat Aktivitas Lancar

Responsive image
5824
A A Istri Putri Wahyuni, SKM,MM - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Di pagi hari seringkali kita mendengar nyanyian orang tua khususnya ibu-ibu yang mengumandangkan kalimat begini….“jangan lupa sarapan yaa…” Ternyata kalimat itu bukan sepele atau tanpa alasan, sebab sarapan pagi adalah waktu makan yang mungkin sering terabaikan, entah karena buru-buru berangkat kerja atau sekolah, atau karena tidak sempat menyiapkan sarapan di pagi hari.  Padahal sarapan pagi sangat bermanfaat dan penting bagi tubuh kita. Pada saat tidur panjang di malam hari tubuh membutuhkan energi untuk pemulihan setelah beraktivitas di siang harinya, dan ketika terbangun di pagi hari perut akan terasa kosong.  Naah…karena itulah maka sarapan pagi adalah hal yang sangat tepat dilakukan untuk memulai hari dan beraktivitas. 

Meski demikian, di masyarakat kita Indonesia ternyata masih banyak yang belum membiasakan sarapan. Padahal dengan tidak sarapan akan berdampak buruk terhadap proses belajar di sekolah bagi anak sekolah, menurunkan aktifitas fisik, menyebabkan kegemukan pada remaja dan orang dewasa, meningkatkan risiko jajan yang tidak sehat, dan lain sebagainya. Karena sarapan merupakan salah satu perilaku penting dalam mewujudkan gizi seimbang,  sampai-sampai pemerintah mencetuskan Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari. Hal ini bertujuan untuk selalu mengingatkan dan mendorong masyarakat agar melakukan sarapan yang sehat sebagai bagian dari upaya mewujudkan Gizi Seimbang.

Perlu Sobat Sehat ketahui apa saja manfaat penting sarapan bagi tubuh kita, terutama bagi yang sering melewatkan sarapan pagi, yuuk kita simak penjelasan berikut ini:

  1. Memberikan energi lebih bagi tubuh, karena tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi, sehingga tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah. 
  2. Menyegarkan otak, karena otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan, sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat.
  3. Menjaga konsentrasi, karena sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir dan menjaga tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
  4. Mencegah Penyakit Maag, karena sarapan pagi membuat lambung terisi makanan yang dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
  5. Membuat tubuh terhindar dari kolestrol, karena sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. 
  6. Mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes, karena penderita diabetes yang melewatkan sarapan dapat berisiko mengalami hipoglikemia (kadar gula darah rendah).
  7. Mengontrol makan yang berlebihan, karena Jika tidak sarapan dapat menyebabkan rasa lapar yang berlebihan di siang hari, sehingga porsi makan siang juga ikutan berlebihan dan tidak terkontrol yang cenderung mengakibatkan kegemukan.
  8. Menghindari jajan sembarangan, karena jika sudah sarapan mungkin tidak tertarik lagi jajan sembarangan yang kemungkinan kurang menyehatkan.
  9. Melatih disiplin dan kebersamaan, karena dengan rutin sarapan setiap hari bersama keluarga otomatis dapat melatih disiplin dan kebersamaan dalam keluarga.
  10. Meningkatkan mood, jika merasakan mood yang kurang baik di pagi hari, coba dicek.. bisa jadi karena perut lapar, karena itu biasakan untuk tidak melewatkan sarapan.

Naah Sobat Sehat…Begitu pentingnya sarapan pagi bagi tubuh kita, maka tak heran jika orang tua selalu menganjurkan anaknya untuk sarapan.

Yuuk Sarapan Pagi….!!  Selamat Beraktivitas….!!

 

 

 

Referensi :

Permenkes RI No 41 Tahun 2014 tentang Pedoman Gizi Seimbang

Flyer Awali hari dg Sarapan Sehat ; Kemenkes RI

https://www.sehatq.com/artikel/pentingnya-sarapan-pagi-yang-sering-diremehkan, 2 September 2020

VIVA.co.id, 17-2-2022, Pekan Sarapan Nasional, Makan Pagi Cegah Diabetes Hingga Kolesterol