Kamis, 04 Agustus 2022 15:24 WIB

Berbagai Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Responsive image
104718
Instalasi Promosi Kesehatan - RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar

Seledri merupakan salah satu sayuran yang sering menjadi pelengkap atau penghias masakan. Tak hanya menambah cita rasa masakan, seledri juga ternyata menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seledri dikenal sebagai sayuran tinggi serat serta kaya akan karbohidrat dan protein yang termasuk dalam makronutrisi. Seledri juga mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, kalsium, magnesium, kalium, dan kolin. Berbagai jenis antioksidan pun terkandung di dalamnya, seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan flavonoid. Berkat kandungan nutrisi didalamnya seledri memiliki banyak manfaatnya untuk kesehatan.  Apa saja manfaatnya, simak penjelasan berikut.

1.     Menurunkan tekanan darah

Seledri kaya akan fitokimia yang dikenal sebagai phthalides, senyawa ini diperkirakan dapat merelaksasi jaringan dinding arteri untuk meningkatkan aliran darah yang sehat. Selain itu, seledri juga merupakan sumber serat yang baik. Asupan tinggi serat juga bisa menjaga tekanan darah lebih stabil.

2.    Membantu mengontrol kadar gula darah

Ekstrak etil asetat yang terkandung dalamdaun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah. Bahkan Berbagai studi menunjukkan hasil bahwa konsumsi daun seledri mampu menurunkan kadar glukosa darah cukup tinggi, bisa mencapai 20 persen.

Bagi yang ingin mengonsumsi bisa mencampurnya dengan mentimun agar lebih segar. Seledri dan timun mengandung indeks glikemik rendah. Kedua bahan ini memiliki efek lambat terkait kenaikan pada gula darah. Timun juga dapat berperan dalam mengendalikan dan mencegah diabetes.

3.    Menurunkan kadar kolesterol tubuh

Selain untuk mengontrol gula darah, daun seledri juga cocok dipakai untuk mengatasi masalah kolesterol. Utamanya menghambat perkembangan kolesterol jahat dalam tubuh. Manfaat seledri untuk kesehatan ini berasal dari senyawa 3-n-butylphthalide yang sangat tinggi. Kandungan 3-n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak yang ada dalam darah. Apabila sering mengeluh kolesterol yang tak kunjung turun, cobalah konsumsi jus seledri yang dicampur wortel untuk meminimalisir aroma khasnya yang unik.

4.    Mencegah kanker

Seledri kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas pemicu kanker.  ekstrak seledri telah dipelajari untuk dua senyawa antikanker potensial: apigenin, dan luteolin. Apigenin menghancurkan radikal bebas dalam tubuh dan dapat menyebabkan kematian sel kanker. Sementara luteolin, tanaman flavonoid dalam seledri, bertanggung jawab atas potensi efek antikankernya.

5.    Meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan

Manfaat daun seledri yang kelima adalah untuk membantu meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan. Seledri kaya akan air ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah banyak yang dapat meningkatkan rasa kenyang, membantu menurunkan berat badan, serta dapat mencegah dan mengobati sembelit serta membantu membersihkan usus.

 

6.    Sebagai anti peradangan

Salah satu manfaat daun seledri yang lain adalah memiliki zat antiperadangan yang sangat baik untuk tubuh.Dalam seledri terdapat sebuah zat yang bernama phyonutrients yang bisa membantu agar tubuh kita tidak mengalami peradangan.Zat ini pun berperan sebagai antioksidan yang bisa membantu tubuh kita menurunkan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri terjadi ketika molekul dalam tubuh tidak stabil dna membuat molekul radikal bebas menumpuk dalam tubuh kita.

7.   Menjaga kesehatan organ hati

Seledri juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan organ hati. Ekstrak metanol dari biji seledri ternyata mampu melindungi hati dari kerusakan. Selain itu, menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, kandungan antioksidan yang terdapat dalam seledri juga memiliki peranan penting dalam pengobatan untuk berbagai masalah liver

8.   Baik untuk menjaga kesehatan ginjal

Manfaat daun seledri yang satu sudah dikenal sejak lama adalah dapat menyehatkan ginjal. Seledri mempunyai kandungan vitamin C, B, A dan zat besi tinggi yang sangat berguna untuk perlindungan organ ginjal dan liver.Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa merebus beberapa helai dan batang daun seledri dengan air kurang dari 1 liter. Masak hingga mendidih selama 10 menit. Tuangkan dalam botol dan simpan dalam lemari es. Kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun seledri ini satu gelas setiap hari.

Sumber :

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-seledri/

https://www.merdeka.com/jatim/6-manfaat-rebusan-daun-seledri-untuk-kesehatan-tubuh-turunkan-tekanan-darah-kln.html

https://www.alodokter.com/mengenali-manfaat-seledri-untuk-kesehatan

https://kesehatan.kontan.co.id/news/5-manfaat-daun-seledri-yang-sudah-terbukti-bagi-kesehatan-tubuh?page=all