Kamis, 23 Juni 2022 23:43 WIB

Makanan Dan Minuman Yang Harus Dihindari Saat Haid

Responsive image
174802
Sukma Wahyu Rejeki - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Hai para wanita yang sudah mengalami haid. Kalian tau tidak ? ternyata saat kita sedang haid, kita harus memperhatikan makanan dan minuman yang kita makan. Agar badan kita selalu sehat, saat sedang haid sebaiknya kita menghindari makanan dan minuman di bawah ini :

1.    Makanan yang mengandung garam

Bagi pecinta makanan yang gurih, asin, sebaiknya dikurangi, karena makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan retensi atau penumpukan air. Jika itu terjadi, maka dapat membuat perut kita menjadi kembung. Hal inilah yang membuat makanan dengan kadar garam tinggi sebaiknya dihindari ketika sedang haid.Jika memang sulit untuk menghindari makanan tersebut, sebaiknya masih bisa mengonsumsinya dengan secukupnya saja.

2.    Makanan yang mengandung gula

Selain garam, jenis makanan yang mengandung kadar gula tinggi juga sebaiknya dikurangi. Jika kita saat haid mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula, maka bisa meningkatkan energi secara mendadak. Hal itu juga diikuti dengan penurunan energi yang ikut juga mendadak.Jika ini sulit dihindari, sebaiknya konsumsi makanan manis secukupnya saja. Jika memungkinkan lebih baik ganti makanan manis dengan buah-buahan.

3.    Minuman dan makanan dengan kadar kafein tinggi

Bagi pecinta kopi, saat kalian sedang haid sebaiknya dihindari minum kopi, karena kopi  memiliki kandungan kafein tinggi. Minum dan makanan yang mengandung kafein dapat mengakibatkan masalah pada lambung. Jika memang sangat sulit untuk menghindari kopi, maka kita bisa mengonsumsi sedikit saja

4.    Makanan pedas

Siapa sih yang tidak suka makanan pedas ? Mengonsumsi makanan pedas memang sangat nikmat. Akan tetapi, saat sedang haid sebaiknya dihindari, karena dapat menyebabkan masalah sakit perut dan juga diare. Jika memang terpaksanya tidak bisa menghindari makanan pedas, maka konsumsi sedikit saja.

5.    Daging merah

Ketika sedang haid, tubuh akan memproduksi hormon prostaglandin. Hal itu membuat rahim akan berkontraksi dan juga mengeluarkan darah haid. Jika kadar prostaglandin begitu tinggi, maka bisa berefek pada kram perut. Di dalam daging merah terkandung zat besi yang juga sekaligus mengandung prostaglandin. Maka dari itu, daging merah juga termasuk ke dalam makanan yang dilarang ketika haid datang. Dengan begitu, kram perut bisa terhindar.

6.    Makanan dan minuman olahan dari susu

Jenis makanan selanjutnya yang harus dihindari adalah olahan susu. Jika kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung olahan susu, misal keju, maka bisa menyebabkan kram menstruasi. Hal ini dikarenakan di dalam produk susu terdapat asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya kram.

Yuk para wanita, sebaiknya kita pahami lagi menu makanan yang kita konsumsi saat kita sedang haid, agar tidak terjadi masalah pada tubuh kita. Semoga bermanfaat.

 

https://pyfahealth.com/

https://health.kompas.com/