Kamis, 04 Agustus 2022 09:13 WIB

5 Cara Meningkatkan Kualitas Tidurmu agar Esok Pagi Lebih Bugar

Responsive image
20858
Ns. Yunita Adiyatma, S. Kep. - RS Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia dalam hidup. Karena dengan tidur, kita sudah membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Orang dewasa memerlukan 7-9 jam waktu tidur per malam. Dengan menjaga kualitas tidur yang baik, dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas di keesokan harinya.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur atau tidur tidak nyenyak bisa menyebabkan penurunan daya pikir, tingkat konsentrasi, dan kemampuan bekerja seseorang. Nah, untuk mencegah hal tersebut, anda perlu menjaga kualitas tidur dengan beberapa langkah berikut ini.

1. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang diketahui baik untuk tubuh. Namun, jangan tidur siang terlalu lama sebab bisa menjadi penyebab sulit tidur di malam hari. Oleh karena itu, anda disarankan untuk membatasi waktu tidur siang, yaitu tidak lebih dari 20 menit.

2. Lakukan olahraga teratur

Melakukan olahraga teratur dapat meningkatkan kualitas tidur anda. Olahraga teratur dapat membantu anda lebih cepat tertidur dan tidur dengan nyenyak.

Namun, perhatikan waktu olahraga anda. Jika anda melakukan olahraga berat mendekati waktu tidur, mungkin ini dapat mengganggu tidur anda. Pasalnya, olahraga berat dapat merangsang tubuh anda untuk melepaskan hormon stres (kortisol) yang dapat membuat tubuh anda tetap terjaga dan tidak mengantuk.

Sebaiknya lakukan olahraga di malam hari setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur anda atau lakukan olahraga pada pagi hari.

3. Hindari makan berat menjelang waktu tidur

Makanan berat akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras, sehingga bisa mengganggu tidur anda. Jika merasa lapar pada malam hari, siasati dengan mengonsumsi makanan ringan, seperti biskuit, sereal, atau susu. Selain itu, batasi waktu makan, paling lambat satu jam sebelum tidur.

4. Hindari mengonsumsi kopi atau merokok sebelum tidur

Kopi mengandung zat kafein yang dapat membuat anda menjadi sulit tidur. Meski dipaksakan untuk tidur, anda bisa terbangun beberapa kali pada malam hari. Hal ini membuat kualitas tidur menurun dan mengurangi waktu tidur.

5. Hindari menggunakan perangkat elektronik atau gawai sebelum tidur

Hindari bekerja di tempat tidur agar pikiran anda bisa lebih rileks. Selain itu, hindari juga penggunaan peralatan elektronik, seperti TV dan telepon genggam saat akan menjelang tidur. Agar tidur bisa menjadi lebih nyenyak, anda juga sebaiknya mematikan lampu tidur di kamar saat akan tidur.

Itulah beberapa cara yang bisa anda terapkan agar bangun pagi hari lebih bugar dan bersemangat.  Namun, bila langkah-langkah di atas sudah dilakukan tetapi anda tetap sulit untuk tidur nyenyak, konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat.

 

Referensi:

https://hellosehat.com/pola-tidur/tips-tidur/tips-untuk-meningkatkan-kualitas-tidur/

https://www.alodokter.com/cara-tidur-nyenyak-ternyata-tidak-sulit

Mayo Clinic. Diakses pada 13 Maret 2022. Sleep Tips: 6 Steps To Better Sleep.

Sleep Foundation. Diakses pada 13 Maret 2022. Sleep Hygiene.

Cleveland Clinic. Diakses pada 13 Maret 2022. Here’s What Happens When You Don’t Get Enough Sleep (And How Much You Really Need a Night).


Sumber Foto: Shutterstock/metamorworks