Rabu, 05 Agustus 2020 05:27 WIB

RSUP H. Adam Malik Persiapkan Peserta PPDS Secara Daring

Responsive image
(*/swt) - RSUP H. Adam Malik Medan
684

MEDAN – Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUP HAM) melalui Bagian Pendidikan dan Penelitian melaksanakan orientasi pada peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) Tahun Ajaran 2020/2021. Orientasi yang berlangsung dimasa pandemi covid-19 ini diadakan secara daring dan akan berlangsung selama empat hari terhitung sejak Senin, 3 Agustus 2020 dan akan berakhir pada Kamis, 6 Agustus 2020.

Orientasi PPDS adalah program resmi yang dilakukan untuk menjamin dan meningkatkan kualitas mutu dan keselamatan pasien yang sudah menjadi fokus utama pelayanan di Rumah Sakit terstandar internasional ini. Sambutan dari Pelaksana Harian Direktur Utama RSUP HAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) mengawali kegiatan ini, disusul sambutan dari Dekan FK USU, Dr dr Syah Mirsya Warli SpU.

Sebanyak 67 orang peserta PPDS yang berasal dari 17 SMF akan diperkenalkan Kebijakan dan Standar Prosedur Operasional (SPO) yang berlaku di RSUP HAM sebelum nantinya melaksanakan Pendidikan Klinik. Beberapa materi lainnya yang disampaikan dalam kegiatan ini antara lain profil organisasi, tugas dan fungsi, serta cakupan seluruh pokja akreditasi Rumah Sakit yang telah disesuaikan dengan Protokol Kesehatan yang berlaku selama Pandemi Covid-19. Seluruh peserta juga mengikuti Pre Test dan Post Test untuk mengukur pemahaman peserta PPDS setelah menjalani orientasi.

Direktur Medik dan Keperawatan, dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) serta Direktur SDM dan Pendidikan RSUP HAM, Dr dr Fajrinur Syarani MKed Paru SpP(K) turut menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Rangkaian orientasi dilakukan dalam tiga metode pelatihan yang terdiri dari pemaparan teori ataupun materi, dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab, diakhiri dengan praktek. Melalui orientasi diharapkan peserta PPDS dapat mengikuti pembelajaran klinik sesuai dengan standar Internasional yang berlaku di RSUP H Adam Malik dan mematuhi peraturan yang berlaku sehingga ketika berperan dalam pelayanan pasien turut meningkatkan mutu pelayanan RSUP H. Adam Malik. Pada akhirnya, RSUP HAM sebagai Rumah Sakit Pendidikan dapat menghasilkan lulusan PPDS yang berkualitas.