Minggu, 31 Juli 2022 21:37 WIB

Si Kuning Kunyit Kaya Manfaat

Responsive image
160298
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara, kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya. Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas. Senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid dan
minyak atsiri. 

Kunyit mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional. Senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun. Secara tradisional kunyit digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri. 

Kunyit telah dikenal untuk merawat kulit dan membantu menyembuhkan luka. Kunyit telah lama dikenal sebagai rimpang yang sangat berkhasiat dan digunakan sebagai obat tradisional sebagai obat luka. Ekstrak rimpang kunyit berguna dalam proses penyembuhan luka.
Rimpang kunyit memiliki khasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal. Manfaat utama tanaman kunyit, yaitu sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan
kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan, dan lain-lain. Di samping itu rimpang tanaman kunyit juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, dan anti tumor.
Kandungan pada kunyit yang memberikan warna dan sifat fungsional adalah kurkuminoid.

Senyawa ini merupakan salah satu jenis antioksidan dan berkhasiat antara lain sebagai hipokolesteromik, kolagogum, koleretik, bakteriostatik, spasmolitik, antihepatotoksik dan anti-inflamasi. 

Kunyit memberikan beberapa kandungan bermanfaat bagi tubuh. Yaitu kandungan kurkumin, sesmetoksikumin, bisdesmetoksikurkumin, resim, pati, karbohidrat, protein, selulosa, lemak, vitamin C, antioksidan, zat pahit, zat besi, fosfor, kalsium, minyak atsiri.

Dengan adanya kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat di konsumsi sesuai dengan takaran. Mari kita simak penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan :
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Kunyit mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh. meningkatkan sistem pertahanan tubuh melawan virus atau bakteri penyebab penyakit.

2. Mengobati Radang
Kandungan pada kunyit yang disebut kurkumin merupakan antioksidan yang memiliki efek antiradang poten. 

3. Mengurangi Rasa Mual
Kandungan kurkumin pada kunyit akan meresap ke dalam aliran darah manusia dan mengurangi tekanan pada perut. Dengan mengkonsumsi kunyit, tekanan pada perut terasa ringan dan lega
sehingga mengurangi rasa mual.

4. Mengatasi Perut yang Kembung
Kurkumin pada kunyit membantu mengurangi tekanan gas pada perut dan membantu lambung untuk menghentikan produksi asam secara berlebihan.

5. Mengurangi Nyeri saat Haid
Bagi wanita yang mengalami haid, terkadang perut terasa nyeri dan membuat tidak nyaman saat beraktivitas. Untuk para perempuan pasti sudah tidak asing dengan jamu kunyit asam yang dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid. Hal ini dikarenakan kandungan kurkumin kunyit yang dapat melemaskan kontraksi rahim. Kunyit juga membantu mengurangi masuknya aliran ion kalsium pada sel-sel apitel rahim, serta mengurangi terjadinya produksi prostaglandin yaitu hormon yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.

6. Mengobati Metastasis Kanker
Mengingat adanya beberapa jenis kunyit, untuk mengobati metastasis kanker, Anda dapat gunakan kunyit putih. Hal ini disebabkan adanya kandungan kurkumin yang dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker.

7. Obat Alergi
Terdapatnya kandungan kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin pada kunyit memiliki fungsi sebagai senyawa anti-alergi yang dapat membantu menghilangkan rasa gatal-gatal pada tubuh.

8. Menangkal Bakteri
Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya adalah menangkal bakteri. Bagi Anda yang sedang merasa sakit perut, anda dapat minum larutan kunyit hangat yang dapat membantu meredakan.

9. Mengobati Maag
Jika sedang mengalami nyeri maag, Anda dapat mencoba mengkonsumsi larutan kunyit terlebih dahulu dan minum secara rutin. Kunyit dapat membantu mengurangi frekuensi kambuh gejala maag.
Kandungan kurkumin pada kunyit dapat mengendalikan produksi asam lambung dan empedu secara berlebihan.

10. Meredakan Peradangan Usus
Peradangan usus atau Irritable Bowel Syndrome (IBS) dapat menyebabkan masalah pada pencernaan. Jika peradangan usus didiamkan akan membuat kontraksi usus yang mengakibatkan
diare kronis. Dengan mengkonsumsi kunyit, dapat mengurangi intensitas sakit pada perut yang disebabkan oleh peradangan usus. Manfaat kunyit ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan kurkumin yang melancarkan kinerja otot pencernaan.

11. Melawan Infeksi
Manfaat kunyit untuk kesehatan lainnya yaitu untuk melawan infeksi pada tubuh. Kandungan kunyit putih dapat melawan berkembangnya jamur dan bakteri pada tubuh.

12. Merawat Organ Hati
Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak kunyit bisa mencegah organ hati dari kerusakan dan menjaganya tetap sehat. Ada baiknya anda selalu sedia kunyit di rumah sebagai bentuk antisipasi dan cara awal untuk mengatasi penyakit. Bisa juga anda membeli jamu dengan kandungan kunyit di dalamnya agar tidak perlu repot lagi memasak kunyit.

 

Referensi :
Arisonya Susanti, Gunawan Wibisono, Grahita Aditya. 2014. Efektivitas Ekstrak Kunyit (Curcuma Domestica) terhadap Jumlah Sel Makrofag dan Diameter pada Lesi Ulkus Traumatikus. Mahasiswa, FKG Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Dosen FK Universitas Diponegoro Semarang, Dosen FKG Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. Jurnal B-Dent. Hal. 119-120.

Khasiat Kunyit Sebagai Obat Tradisonal dan Manfaat Lainnya. Warta Penelitian dan Pengembangan Tanaman Industri, Volume 19 Nomor 2 Agustus 2013. Hal. 5.

https://www.dinkes.jogjaprov.go.id/berita/detail/15-manfaat-kunyit-untuk-kesehatan-secara-ilmiah-perkuat-imun .

https://jurnal.unbrah.ac.id/index.php/bdent/article/viewFile/16/10 .