Jumat, 29 Juli 2022 10:45 WIB

Stop Begadang!

Responsive image
23626
Galuh Novi Wulandari - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Tubuh kita memerlukan waktu untuk beristirahat, agar dapat kembali bugar dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tidur adalah saat dimana tubuh kita beristirahat dan memberikan pengaruh bagi kesehatan tubuh kita, baik itu secara fisik maupun secara mental. Namun, adakalanya kita terlupa, saking asyiknya bermain game, belanja online atau bercengkrama hingga larut malam, membuat kualitas istirahat atau tidur kita menjadi terganggu.

Tidur hingga larut malam sampai dengan menjelang pagi atau yang sering kita sebut dengan begadang memiliki efek yang kurang menguntungkan bagi tubuh kita, seperti :

1.    Meningkatkan Kadar Gula Darah

Saat kita tidur, akan terjadi penurunan hormon kortisol dan aktivitas sistem darah sebagai pengatur kadar gula darah akan berfungsi dengan normal.

Namun, saat kebutuhan tidur kita terganggu tubuh akan mengalami stres, hal ini dapat berakibat meningkatnya kadar gula dalam darah.

Resiko penyakit akibat meningkatnya kadar gula dalam darah adalah penyakit pada ginjal dan jantung.

2.    Kegemukan

Dengan begadang biasanya rutinitas makan kita menjadi terganggu. Pola makan yang buruk dapat terjadi karena begadang. Biasanya dengan begadang, orang akan mengonsumsi makanan secara berlebihan di waktu malam hari. Jika makanan yang dikonsumsi cenderung tinggi lemak dan kalori, tentu saja hal ini dapat mengakibatkan kegemukan.

Yang patut kita waspadai adalah kegemukan juga memicu terjadinya penyakit kronis.

3.    Menurunkan konsentrasi

Dengan begadang dan harus memulai hari dengan beragamnya aktifitas, seingkali membuat konsentrasi pecah. Kita jadi tidak fokus dalam menyelesaikan tugas/aktifitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami kelelahan dan mengantuk.

Dampak negatif dari turunnya konsentrasi adalah menurunnya kemampuan otak, sehingga menurunkan kreativitas dan kurang mampu dalam menyelesaikan masalah.

4.    Menurunkan Sistem Imun

 

Kebiasaan begadang ternyata juga dapat menurunkan sistem imun sehingga menjadi gampang sakit.

Begadang membuat tubuh kita tidak beristirahat cukup. Kurangnya waktu tidur/istirahat membuat sirkulasi sel darah putih terganggu. Sel darah putih yang terganggu inilah yang dapat menurunkan sistem imun kita.

5.    Stres

Dengan begadang, persiapan untuk memulai hari menjadi kurang terencana. Persiapan yang kurang matang akan mengakibatkan aktivitas menjadi kacau. Kekacauan ini akan membuat mood kita turun, mudah marah dan cemas, sehingga menimbulkan stres.

Dengan mengetahui beberapa efek negatif dari begadang, ada baiknya kita mulai mengatur pola tidur yang cukup dan berkualitas untuk tubuh kita, agar tubuh senantiasa terjaga kesehatan dan kebugarannya.

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Referensi :

1.    merdeka.com.(2021,19 Oktober). 13 Akibat Buruk Begadang bagi Kesehatan, Melemahkan Otak. Diakses pada 28 Januari 2022. Pada  https://www.merdeka.com/jateng/13-akibat-buruk-begadang-bagi-kesehatan-melemahkan-otak-kln.html

2.    kompas.com.(2020, 31 Desember). 7 Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan. Diakses pada 28 Januari 2022. Pada https://health.kompas.com/read/2020/12/31/210100968/7-efek-buruk-begadang-bagi-kesehatan?page=all

suara.com.(2021, 22 September). Sering Begadang? Ini 5 Dampak Buruknya yang Perlu Diketahui. Diakses pada 28 Januari 2022. Pada https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/09/22/100810/sering-begadang-ini-5-dampak-buruknya-yang-perlu-diketahui