Jumat, 29 Juli 2022 08:29 WIB

Mengenal Kolagen Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Responsive image
22777
Shera Maliana - RS Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Magelang

Mempunyai kulit sehat mulus dan bersinar tentunya menjadi dambaan semua orang terutama perempuan. Berbagai cara dilakukan agar kulit wajah dan tubuh sehat dan prima. Perawatan di klinik kecantikan menggunakan produk kecantikan kulit hingga konsumsi suplemen seperti kolagen.

Akhir-akhir ini, suplemen dan minuman kolagen sedang jadi pembicaraan di media sosial. Kolagen dipercaya bisa membuat kulit lebih lembab, tidak cepat kendur dan cerah. Lantas apa sebenarnya kolagen itu? Benarkah penggunaannya bisa berkhasiat pada kesehatan kulit?

Kolagen sebenarnya adalah protein dalam tubuh yang ada secara alamiah yang berperan baik untuk menjaga kesehatan kulit, gigi hingga otak. Dengan manfaat yang baik untuk kulit, kolagena akan membuat kulit lebih lembab tidak cepat kendur, cerah dan bersinar namun tidak untuk memutihkan. Seiring bertambahnya usia kolagen dalam tubuh akan berkurang jumahnya. Pada beberapa literatur mengatakan di usia 25 hingga 30 tahun, kolagen dalam tubuh akan berkurang sekitar 1.5% setiap tahunnya.

Untuk menjaga kolagen dalam tubuh beberapa orang pun memutuskan mengkonsumsi suplemen atau minuman berkolagen. . ratna, wanita berusaia 36 tahun salh satunya. Dia sudah mengkonsumsi suplemen kolagen sejak dua tahun lalu. Ratna mengatakan manfaat yang dia rasakan adalah kulit terasa lebih lembut halus dan lembab. Menurutnya hasil terlihat setelah pemakaian kurang lebih 2 bulan. Manfaat yang sudah dirasakan seperti kuku lebih kuat dan rambut tidak mudah patah.

Dr. Abraham Arimuko dokter spesialis kulit dan kelamin menjelaskan selain dengan suplemen kolagen, pembentukan kolagen juga bisa didapatkan dari bebrapa bahan makanan yang mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin E, mineral hingga omega 3. Seperti jeruk, , apel, strawberry, sayur bayam, brokoli, ikan salmon, daging ayam dan putih telur.  Mengkonsumsi Vitamin alami lebih aman karena kita lebih tahu apa yang kita makan dibanding dengan mengkonsumsi suplemen yang kita belum tentu tahu pasti apa isi kandungannya. Beberapa orang menyukai kemudahan kapsul, yang lain menikmati rasa permen karet, dan yang lain menyukai variasi bubuk.

Namun sejauh ini, suplemen bubuk adaah yang terbaik karena mampu memberikan jumlah kolagen paling kuat. Dalam suplemen bubuk kita akan mendapatkan dosis setinggi 15-20 gram per porsi, tidak seperti permen karet dan minuman yang jauh lebih rendah.

Manfaat suplemen kolagen

Faktanya, ada banyak penelitian yang diterbitkan tentang peptida koalgen dan ilmu itu terus berkembang.

ada banyak meta-analisis yang menunjukkan bahwa suplemen kolagen mempunyai manfaat yang lebih luas. Adapun manfaat suplemen kolagen dapat kita simak sebagai berikut :

-          Kulit

Salah satu penelitian paling kuat dari suplemen kolagen yakni efeknya terhadap kulit.

Pada tahun 2019, J Drugs Dermatol menerbitkan ulasan tentang efek suplemen kolagen pada kulit.

Hasilnya menunjukkan, peptida kolagen mendukung elastisitas dan tingkat hidrasi kulit, serta meningkatkan tekstur kulit sehingga membuat kita awet muda.

-          Sendi

Satu uji klinis acak menemukan, orang yang mengonsumsi suplemen kolagen selama 180 hari melihat dukungan dalam fungsi fisik dan membantu meningkatkan mobilitas sendi.

Selain itu, satu meta-analisis yang menggabungkan data dari lima studi klinis juga memperlihatkan, suplemen kolagen mendukung gerakan pada sendi-sendi.

-          Usus

Salah satu asam amino utama dalam kolagen, L-glutamat, mendukung kesehatan pencernaan karena merupakan sumber bahan bakar utama untuk sel-sel di usus.

-          Tulang dan otot

Dalam satu penelitian kecil pada manusia, pria yang mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari saat berpartisipasi dalam program olahraga memperoleh massa otot lebih banyak.

Sementara untuk tulang, studi jangka panjang menemukan, wanita pascamenopause yang mengonsumsi suplemen kolagen mengalami peningkatan kepadatan tulang.

Selain suplemen, tentunya pola hidup sehat dan jiwa yang selalu bahagia juga menjadi kunci dalam merawat kulit dan tubuh.

 

 

 

Sumber :

https://www.youtube.com/watch?v=aiSWHBCPUyA

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/31/183655620/simak-cara-kerja-suplemen-kolagen-dan-manfaatnya-bagi-tubuh?page=all