Senin, 25 Juli 2022 15:05 WIB

Amankah Minum Jamu Setiap Hari ?

Responsive image
75573
Elsa Savitrie, SKM, M.Kes - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Mengkonsumsi jamu sangat lekat dengan tradisi kebudayaan lokal bangsa Indonesia disamping minum jamu sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Terutama dimusim pancaroba dimana pergantian dari musim kemarau ke musim hujan begitu juga sebaliknya, ada beberapa orang yang sangat tergantung dengan jamu. Anggapan tanpa jamu badan akan terasa lesu dan pegal-pegal, sehingga jamu menjadi konsumsi rutin setiap hari.

Banyak rumor yang beredar minum jamu setiap hari atau berlebihan akan mengakibatkan gangguan sistem pencernaan atau gangguan organ lain.

Apakah benar?.......... Yok cari tahu.

Jamu adalah tanaman tradisional yang biasa dimanfaatkan sebagai obat dan juga rempah masakan. Hingga saat ini pun Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memperbolehkan adanya pengobatan menggunakan obat tradisional dengan syarat sudah teruji secara klinis.

Bahkan, Kementerian Kesehatan pun mencanangkan program gerakan minum jamu guna mengajak masyarakat memanfaatkan jamu untuk meningkatkan kesehatannya.

Meski demikian, hindari konsumsi jamu yang berlebihan. Terutama jika Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu sebelum minum jamu.

Manfaat jamu sesuai jenisnya

Berikut manfaat jamu sesuai dengan jenis bahannya yang sering digunakan :

·         Kunyit

Salah satu jamu yang dikenal dan memiliki manfaat positif di Indonesia, yaitu kunyit asam. Sebagaimana namanya, jamu ini merupakan minuman herbal campuran antara kunyit dan asam.

Kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan kronis, nyeri, sindrom metabolik, dan kecemasan. Selain kandungan kurkumin, kunyit juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium dan kalium. Rempah-rempah ini juga kaya akan vitamin A dan C.

Meski kunyit aman dikonsumsi sebagai obat, penggunaannya yang berlebihan justru dapat menyebabkan diare, sakit kepala, atau iritasi kulit

·         Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Aromanya yang sangat menyegarkan mampu mengurangi rasa mual ibu hamil di pagi hari. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah kehangatan saat meminum air jahe. Mengobati radang sendi, perut kembung, dan juga nyeri saat menstruasi. Meski demikian, penggunaannya yang berlebihan dapat memberi efek samping, seperti sakit perut atau mulas serta diare ringan.

·         Kencur

Kencur diyakini bisa mengobati penyakit tertentu karena memiliki manfaat untuk membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan mengobati berbagai jenis kanker.

·         Temulawak

Temulawak bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri karena kandungan xantorrhizol nya selain itu juga bisa untuk antiradang, antioksidan, mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, paling ampuh untuk melancarkan peredaran darah. Untuk anak yang tidak mau makan, bisa gunakan temulawak agar meningkatkan nafsu makan anak. Gangguan lain yang bisa diatasi temulawak antaranya sakit kandung empedu, masalah lambung, hati, dan banyak lagi.

·         Jamu Kunyit Asam

Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh. Membuangnya dalam bentuk urin dan keringat. Jamu kunyit asam juga mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan.

·         Jamu Beras Kencur

Jamu beras kencur dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual. Hampir sama seperti temulawak, jamu beras kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan.

·         Jamu Brotowali

Meskipun rasanya cukup pahit, namun ternyata banyak manfaatnya lho. Kandungan alkaloid barberin dan columbinanya mampu membunuh bakteri. Fakta sebenarnya rasa pahit yang didapat dari zat palmatin, kolulin, harsa, glikosida, dan juga zat pati inilah yang merangsang sistem pernafasan agar bisa bekerja dengan baik. 

·         Jamu Cabe Puyang

Jamu jenis ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh dan juga mampu mengatasi sakit gigi.  

 

Efek Samping Mengkonsumsi Jamu Berlebihan

Segala apapun jika berlebihan akan berakhir kurang baik begitu juga dengan mengkonsumsi jamu jika berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh, Mari kita lihat beberapa efek samping minum jamu berlebihan :

·         Efek jangka pendek

Jadi jamu atau bahan-bahan herbal itu kalau berlebihan dikonsumsi pasti ada efek samping. Misalnya jika dikonsumsi melebihi dosis yang seharusnya, efek jangka pendek yang akan ditimbulkan adalah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah.

·         Efek jangka menengah

Selain efek dalam jangka pendek, ada juga efek jangka menengah yang akan ditimbulkan. Seperti gangguan fungsi liver, karena ketika jamu atau bahan herbal masuk ke dalam pencernaan, maka akan terjadi proses metabolisme di liver.

·         Efek jangka panjang

Kalau mengonsumsinya secara berlebihan, pekerjaan liver akan jadi berat dan tentunya akan terganggu. Sedangkan efek jangka panjang, bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Pengeluaran sisa-sisa metabolisme jamu tadi kan akan lewat urine. Ginjal yang harus bekerja keras, maka akan terganggu fungsinya jika dikonsumsi melebihi dosis.

 

Jika orang menganggap dengan mengonsumsi jamu atau bahan-bahan herbal tidak akan memberikan efek samping maka itu salah. Apapun jika dikonsumsi secara berlebihan pastinya akan memiliki efek samping.

Manfaat Jamu Bagi Tubuh Antara lain :

1. Membantu mempertahankan imunitas

Racikan temulawak, kunyit, dan jahe adalah salah satu resep jamu yang dapat dikonsumsi secara rutin. Ketiga bahan tersebut memiliki manfaat baik antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak sel tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak adalah tanaman yang dipercaya memberi manfaat perlindungan pada organ hati, sedangkan jahe berfungsi memperlancar peredaran darah dan menghangatkan tubuh. Kunyit adalah antibiotik alami yang juga dapat melindungi pencernaan.

2. Pereda Nyeri

Bahan dasar jamu seperti kunyit memiliki zat alami curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi alami. Selain itu, ramuan kunyit asam juga diandalkan oleh banyak wanita saat mengalami nyeri haid bulanan. Namun lebih jauh lagi, kunyit telah terbukti secara klinis efektif untuk menyembuhkan osteoartritis, radang gusi dan iritasi lainnya.

3. Obat Hipertensi

Meniran, kunyit, seledri, temulawak, dan daun kumis kucing adalah beberapa dari campuran jamu yang dipercaya dapat mengatasi hipertensi.

4. Obat Asam Urat

Campuran daun kepel, secang, tempuyung, temu lawak, kunyit, dan meniran terbukti secara saintifik mampu mengobati hiperurisemia atau asam urat. Kandungannya di antaranya adalah antioksidan flavonoid, tanin dan kurkumin.

5.  Penambah Nafsu Makan

Pernahkah Anda mendengar atau mengalami sendiri, pemberian kurkuma atau temulawak pada anak yang sulit makan? Ya, temulawak dipercaya memiliki salah satu khasiat mampu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, tumbuhan ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah kandung empedu, hati, gas usus, begah, dan gangguan pencernaan.

6.  Kesehatan dan Kecantikan

Bahan-bahan pembuat jamu seringkali terdiri dari tanaman yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga baik untuk mencerahkan kulit dan membuatnya lebih kencang. Selain itu manfaat jamu bagi kecantikan dapat mencegah penuaan dini karena kandungan di dalam jamu yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi mengurangi masalah penuaan dini terutama yang disebabkan radikal bebas yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh.

 

Tips Aman Minum Jamu Tiap Hari

·         Agar aman untuk dikonsumsi setiap hari, ada baiknya mencari jamu yang tidak mengandung beragam zat kimia, pengawet, dan terbukti higienis. Bahkan, bila perlu, buatlah jamu itu sendiri.

·         Apabila menggunakan jamu yang dijual dalam bentuk kemasan, lebih baik carilah jamu yang sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan demikian, manfaat jamu sesungguhnya dapat terasa di tubuh Anda.

·         Adapun bila ingin menggunakan jamu untuk pengobatan penyakit tertentu, ada baiknya Anda konsultasikan langsung pada dokter agar menggunakan jamu dengan jenis dan dosis yang tepat. Perlu diingat bahwa untuk kondisi kesehatan tertentu, jamu tidak dapat menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Jadi berhati-hatilah dengan jamu yang anda minum dan jangan berlebihan !

 

Referensi :

https://www.cermati.com/artikel/inilah-segudang-manfaat-jamu-yang-perlu-anda-ketahui

https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/makan-sehat/7-manfaat-sehat-jamu-bagi-kesehatan-tubuh

https://m.medcom.id/gaya/fitness-health/ybJW9Gwk-efek-samping-jika-kamu-mengonsumsi-jamu-berlebihan