Senin, 08 Juli 2024 10:07 WIB

Apa itu Penyakit Campak?

Responsive image
28
Promosi Kesehatan, Tim Kerja Hukum dan Humas RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Campak adalah suatu penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus, biasanya menyerang anak-anak dengan derajat ringan sampai sedang. Penularan penyakit campak adalah dari orang ke orang melalui droplet atau dapat pula melalui air borne. Penyakit ini termasuk ke dalam golongan penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I). Beberapa orang menganggap campak sebagai ruam kecil dan demam yang hilang dalam beberapa hari. Namun penyakit campak juga sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecacatan dan kematian yang diakibatkan oleh komplikasi. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius pada pasien yang memiliki daya tahan tubuh rendah seperti diare, radang paru (Pneumonia), radang otak (Ensefalitis); kebutaan; gizi buruk dan bahkan kematian. Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir dari ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Seseorang yang rentan terhadap campak adalah bayi berumur lebih dari 1 tahun, bayi yang tidak mendapatkan imunisasi, remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Penyebab

Campak disebabkan oleh virus yang termasuk dalam genus Morbillivirus dari keluarga Paramyxoviridae. Penularan campak sangat cepat dan mudah melalui :

1. Percikan saliva, ketika seseorang yang terinfeksi lalu batuk atau bersin, virus dapat menyebar ke udara dan menginfeksi orang lain yang berada di dekatnya.

2.  Kontak langsung, kontak langsung dengan cairan tubuh penderita bisa menjadi sumber penularan.

3. Benda yang terkontaminasi, virus campak bisa bertahan hidup di permukaan benda selama beberapa jam. Bayi atau balita yang menyentuh benda tersebut kemudian memegang mulut atau hidungnya dapat terinfeksi.

Gejala

1.    Mata merah dan sensitif terhadap cahaya

2.    Menyerupai gejala pilek seperti batuk kering, hidung beringus dan sakit tenggorokan

3.    Lemas dan letih

4.    Demam tinggi

5.    Bercak kemerahan / rash

6.    Sakit dan nyeri

7.    Tidak ada selera makan

8.    Diare atau dan muntah-muntah

9.    Bercak kecil berwarna putih keabu-abuan di mulut dan tenggorokan

Faktor Risiko

1.    Bayi di bawah usia 12 bulan yang tidak diimunisasi campak

2.    Anak yang tinggal di area padat penduduk

3.    Bayi yang tidak mendapat asi eksklusif

4.    Perjalanan ke suatu wilayah dengan tingkat campak tinggi

5.    Kekurangan vitamin A

Penularan

Virus campak mudah menularkan penyakit. Virulensinya sangat tinggi terutama pada anak yang rentan dengan kontak keluarga sehingga hampir anak rentan tertular. Campak ditularkan melalui droplet diudara oleh pasien sejak 1 hari sebelum timbulnya gejala klinis sampai 4 hari sesudah munculnya ruam. Ibu yang pernah menderita campak akan menurunkan kekebalannya pada janin yang dikandungya melalui plasenta dan kekebalan ini bisa bertahan sampai bayi berusia 4 - 6 bulan. Pada usia 9 bulan bayi diharapkan membentuk antibodinya sendiri secara aktif setelah menerima vaksinasi campak. Dalam waktu 12 hari setelah infeksi campak sampai puncak sekitar 21 hari, igM akan terbentuk dan cepat menghilang untuk kemudian digantikan oleh igG. Cakupan imunisasi campak menyebabkan kekebalan kelompok (Herd Immunity) yang akan menyebabkan penurunan kasus campak di masyarakat.

Komplikasi

1.    Infeksi telinga

2.    Diare dan muntah

3.    Dehidrasi

4.    Pneumonia

5.    Kebutaan

6.    Bronkitis pada anak

7.    Encephalitis atau radang otak

Pemeriksaan

Pemeriksaan klinis dokter biasanya sudah cukup untuk mendiagnosis campak berdasarkan gejala-gejala yang muncul. Namun, dalam beberapa kasus, pemeriksaan tambahan seperti tes darah dan atau swab tenggorokan mungkin diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis.

Pencegahan

1.    Imunisasi campak

2.    Berikan ASI untuk mencegah infeksi ini pada bayi

3.    menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan

4.    Rutin mendisinfeksi benda dan permukaan di rumah

5.    Meningkatkan kekebalan tubuh anak dengan memberi asupan makanan yang bergizi, tidur yang cukup serta rutin berolahraga

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait penyakit campak

1.      Mengurangi aktivitas terlalu banyak di luar rumah

2.      Hindari bersin sembarangan

3.      Hindari melakukan kontak dengan orang lain

4.      Mebiasakan rajin mencuci tangan

 

Referensi :

Meilani Rina, dkk. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Campak di Puskesmas Wonosari Kabupaten Kudus. PSKM Stikes Cendekia Utama Kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus Volume 2 Nomer 2.

Hamzah Hamriyana. 2023. Kasus Campak pada Kasus Campak yang Divaksinasi Menurut Provinsi di Indonesia Tahun 2018-2020. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Volume 13 Nomor 1.