Jumat, 28 Juni 2024 15:30 WIB

Perawatan metode kanguru (PMK)

Responsive image
114
Reisa Nur Rohma, Amd. Keb - RSUP dr. Sardjito Yogyakarta

Neonatus merupakan masa peralihan dari kehidupan intra uterine ke ekstra uterine. Masalah yang sering dihadapi oleh neonatus adalah Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR),  asfiksia, Respiratory Distress Syndrome (RDS), termoregulasi, sistem syaraf, nutrisi, perdarahan intrakranial, enterokolis, gangguan metabolisme seperti hipoglikemia akibat gangguan pengaturan suhu.

Perawatan Metode Kanguru (PMK) / Kangaroo Mother Care (KMC) adalah salah satu solusi untuk mengurangi angka kematian bayi yang lahir dengan berat badan rendah. PMK adalah perawatan untuk BBLR/ lahir prematur dengan melakukan kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu/ ayah (skin to skin contact). PMK dilakukan di ruang perawatan bayi atau ketika sudah di rumah. PMK juga bisa dilakukan oleh ibu bayi, ayah bayi ataupun keluarga yang terlibat merawat bayi. Bisa dilakukan sambil duduk berdiri, berbaring dan setengah duduk. Durasi PMK minimal 2 jam perhari dan dilakukan sampai berat badan bayi mencapai 2500 gram.

Adapun manfaat PMK antara lain :

1.      Membuat suhu tubuh, denyut jantung dan pernafasan bayi lebih stabil

2.      Mempercepat peningkatan berat badan bayi

3.      Meningkatkan fungsi organ tubuh bayi

4.      Memudahkan bayi untuk menyusui

5.      Meningkatkan daya tahan tubuh bayi

6.      Menurunkan resiko infeksi

7.      Meningkatkan kepercayaan diri ibu dan kasih sayang ibu kepada bayi

Kriteria dilakukan metode kangguru:

1.      Bayi dengan BB <2500>

2.      Tidak ada penyakit penyerta

3.      Reflek dan koordinasi isap dan menelan yang baik

4.      Perkembangan selama di inkubator baik

5.      Kesiapan orang tua

 

Referensi:

Rita Noviana dan Farida Kartini. 2022. Kangaroo Mother Care (KMC) Support in Low Birth Weight (LBW ). Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kamimantan, Vol 5 No 2. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/JKPBK/article/view/8253/4856

Anggun Fitri Handayani, Yulia Lanti R. D., Eti P. P. 2021. The Effect of Kangaroo Mother Care on Increasing the Body Weight in Infants with Low Birth Weight: A Meta-Analysis. Journal of Maternal and child Health. Universitas Sebelas Maret.

Delia Cristobal C dkk. 2022. Benefits of Kangaroo Mother Care on the Physiological Stress Parameters of Preterm Infants and Mothers in Neonatal Intensive Care.  International Journal of environmental Reseach and Public Health. https://doi.org/10.3390/ijerph19127183