Selasa, 06 Februari 2024 09:14 WIB

Suplementasi Kalsium Sebagai Pencegahan Hipertensi Kehamilan

Responsive image
233
dr. Fatikha Lidea Riska M & Tim Promosi Kesehatan, - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Hipertensi dalam kehamilan masih menjadi salah satu penyebab komplikasi kehamilan dan salah satu faktor penyebab terbesar dalam tingginya angka morbiditas dan mortalitas ibu dan anak di seluruh dunia khususnya di Indonesia hingga saat ini. Hipertensi dalam kehamilan sendiri memiliki beragam jenis yang perlu diketahui secara pasti, seperti hipertensi kronis, hipertensi gestasional, preeklampisa / eklampsia, dan superimposed pre-eklampsia pada hipertensi kronis. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), seseorang didiagnosa hipertensi bila tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHg atau lebih, sementara tekanan darah normal berada di bawah 120/80 mmHg. Hipertensi juga dapat disertai beberapa keluhan seperti sakit kepala, edema (bengkak), mual, muntah, sesak, gelisah, nyeri ulu hati, hingga perdarahan spontan yang dapat berdampak pada ibu dan juga janin. Terdapat beberapa faktor risiko yang mempengaruhi hipertensi dalam kehamilan, yaitu graviditas, kehamilan kembar, usia ibu, riwayat hipertensi keluarga. Penyakit hipertensi yang sudah ada sebelum hamil, tingginya indeks massa tubuh, dan kurangnya konsumsi kalsium.

Peran Kalsium untuk Mencegah Hipertensi dalam Kehamilan

Kalsium adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk beberapa fungsi vital dalam tubuh manusia, termasuk fungsi tulang, sistem pembuluh darah, sistem saraf, otot, hormonal, dan enzimatik. Kebutuhan kalsium meningkat pada saat hamil karena digunakan untuk mengganti cadangan kalsium ibu guna pembentukan jaringan baru pada janin. Apabila konsumsi kalsium tidak mencukupi maka akan berakibat buruk pada Ibu hamil dan janin yang dikandung. Banyak penelitian mengatakan bahwa suplementasi kalsium yang baik selama kehamilan dikaitkan dengan penurunan risiko gangguan hipertensi di kehamilan.

Kurangnya asupan kalsium pada ibu hamil dapat mempengaruhi kenaikan tekanan darah dengan merangsang peningkatan hormon paratiroid untuk meningkatkan pelepasan kalsium dalam sel yang menyebabkan sel-sel otot polos pada pembuluh darah bersifat lebih kaku dan mudah untuk vasokontriksi sehingga tekanan darah cenderung meningkat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kalsium pada ibu hamil rata-rata hanya berkisar 40%-50?ri kebutuhan seharusnya. Absorbsi kalsium dari makanan oleh usus dapat mencapai 35% sehingga pemberian kalsium sebanyak 500-1000 mg dinyatakan mampu mencegah terjadinya hipertensi dan memberi cadangan kalsium pada janin untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Oleh karena itu pentingnya Ibu hamil mengonsumsi makanan-makanan tinggi kalsium sejak dini dan suplementasi kalsium terutama pada Ibu hamil trimester satu yang memiliki risiko hipertensi dalam kehamilan.

Sumber Kalsium pada Makanan dan Minuman

Pemenuhan kebutuhan kalsium dapat diperoleh dengan diet makanan sehat dari produk susu atau olahan susu seperti keju atau pun yogurt dan mineral kaya kalsium lain. Sumber selain susu dapat berupa buah, sayur-sayuran terutama yang berdaun hijau tua, lauk hewani (ikan, telur, seafood yang rendah merkuri seperti salmon dan udang), roti, dan biji-bijian yang menyuplai sekitar 25?ri total kalsium. Namun, kandungan kalsium dari suplemen vitamin dan mineral lainnya yang juga dikonsumsi harus dipertimbangkan agar tidak terlalu berlebihan untuk mengurangi risiko hiperkalsemia.

Oleh karena itu diharapkan para ibu hamil terutama yang memiliki risiko terhadap hipertensi dalam kehamilan dapat meningkatkan pengetahuannya tentang pentingnya mengonsumsi makanan tinggi kalsium untuk menurunkan angka hipertensi dalam kehamilan khususnya di Indonesia.

 

Referensi :

Gomes, F. et al. 2022. Calcium Supplementation for the Prevention of Hypertensive Disorders of Pregnancy : Current Evidence and Programmatic Considerations. Annals of the New York Academy of Sciences, 1510(1), pp. 52-67. doi:10.1111/nyas.14733.

Hofmeyr, G.J. et al. 2018. ‘Calcium Supplementation during Pregnancy for Preventing Hypertensive Disorders and Related Problems. Cochrane Database of Systematic Reviews. 2018 (10). doi:10.1002/14651858.cd001059.pub5.

Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, Jakarta, hal. 24-26.

Poon, L.C. et al. 2019. Erratum to The International Federation of Gynecology and Obstetrics (FIGO) initiative on Pre?Eclampsia : A Pragmatic Guide for First Trimester Screening and Prevention. International Journal of Gynecology & Obstetrics, 146(3), pp. 390-391. doi:10.1002/ijgo.12892.