Selasa, 16 Januari 2024 08:29 WIB

Low Back Pain, Penyebab dan Apa yang Bisa dilakukan

Responsive image
1153
dr. Classidio Primasa Mauly Pamudji, Sp.OT - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Low Back Pain, yang berarti nyeri punggung bawah adalah penyakit yang sering ditemui di masyarakat umum. Nyeri pada daerah punggung bawah dapat disebabkan oleh banyak faktor. Secara anatomis, bagian punggung bawah terdiri dari banyak struktur. Pada bagian punggung bawah terdapat otot, saraf, tulang, dan bantalan tulang belakang. Gangguan pada salah satu organ tersebut dapat menyebabkan gejala nyeri punggung bawah.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, jika kita merasakan nyeri pada daerah punggung bawah sebaiknya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan sehingga mengetahui penyebab nyeri tersebut. Gejala yang bisa timbul antara lain nyeri yang dapat hilang timbul atau terus menerus, nyeri ada saat gerak, kaki kesemutan, kelemahan pada kedua kaki, dan gangguan BAK dan atau BAB.

Penegakkan diagnosa penyebab utama nyeri punggung bawah dilakukan oleh dokter. Penegakkan tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang berupa foto rontgen, CT scan atau MRI.

Untuk nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh gangguan pada otot, dapat diberikan kompres dingin dan mengistirahatkan tubuh. Jika nyeri masih ada, dokter dapat meresepkan obat anti nyeri dan anti inflamasi. Pemasangan korset juga dapat membantu untuk mengurangi nyeri pada daerah punggung bawah.

Penyebab nyeri punggung bawah yang disebabkan oleh saraf yang terjepit atau bantalan tulang yang menonjol membutuhkan penanganan lebih lanjut oleh dokter untuk mengetahui derajat keparahan penyakit dan melihat apakah ada tindakan operasi yang harus diambil sehingga rasa nyeri dapat berkurang.

Sebagai pencegahan latihan dan olahraga yang dapat menguatkan otot- otot punggung sangat dianjurkan. Tujuan dari latihan dan olahraga antara lain menguatkan otot punggung sehingga mengurangi resiko terjadinya nyeri dan cidera pada daerah punggung bawah. Olahraga yang bisa dilakukan adalah berenang dan latihan beban yang berfokus pada otot punggung.

Referensi :

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1322/

https://neurosurgery.weillcornell.org/sites/default/files/condition/low_back_pain_-_thom_graves_april_2018_-_800x800.jpg

https://www.macspharmacy.com/wp-content/uploads/2019/02/Lower-back-pain.jpg

https://rampalsurgerydotcom.files.wordpress.com/2022/10/inkedlow-back-pain-exercises2.jpg?w=1024