Senin, 13 November 2023 08:51 WIB

Gejala dan Pengobatan Demensia Alzheimer

Responsive image
792
Dr. Andriani Putri Bestari, SpN - RSUP Fatmawati Jakarta

Kenali 10 gejala umum Demensia Alzheimer, yaitu :

  1. Gangguan Daya Ingat = Sering lupa akan kejadian yang baru terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir dimana (dalam frekuensi tinggi ).
  2. Sulit Fokus = Sulit melakukan aktivitas pekerjaan sehari – hari, lupa cara masak, mengoperasikan telepon, handphone, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.
  3. Sulit Melakukan Kegiatan Familiar = Seringkali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari – hari, bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan. 
  4. Disorientasi = Bingung akan waktu ( tanggal, hari – har penting, bingung dan bagaimana mereka sampai disana, tidak tahu jalan pulang dan kembali ke rumah.
  5. Kesulitan memahami visuo spasial = Sulit untuk membaca, mengukur jarak, membedakan warna, membedakan sendok atau garpu, tidak mengenal wajah sendiri di cermin, menabrak cermin, menuang air ke dalam gelas namun tumpah dan tidak tepat penuangannya.
  6. Gangguan Berkomunikasi = kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat untuk menjelaskan suatu benda,seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.
  7. Menaruh Barang Tidak Pada Tempatnya = Lupa dimana meletakkan sesuatu bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.
  8. Salah Membuat Keputusan = Berpakaian tidak serasi, memakai kaus kaki berbeda karena antara kiri dan kanan. Tidak dapat merawat diri dengan baik, tidak dapat memahami jumlah uang yang perlu dibayar dalam transaksi.
  9. Menarik Diri Dari Pergaulan = Tidak memiliki semangat ataupun inisiatif untuk melakukan aktivitas atau hobby yang bisa dinikmati, tidak terlalu semangat untuk pergi bersosialisasi.
  10. Perubahan Prilaku Dan Kepribadian ? Emosi berubah secara drastis, menjadi bingung, curiga , depresi, tergantung yang berlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa, marah dan putus asa baik di rumah maupun dalam pekerjaan.

Pemeriksaan pada demensia alzheimer : Deteksi dini akan memberikan luaran
yang jauh lebih baik. Dokter spesialis saraf akan melakukan:  

  1. Anamnesis atau wawancara dengan pasien dan pendampingnya.
  2. Pemeriksaan fisik.
  3. Pemeriksaan fungsi luhur.
  4. Pemeriksaan laboratorium darah.
  5. Pemeriksaan pencitraan otak (MRI otak).

Tatalaksana obat – obatan, meliputi :

  1. Obat yang menghentikan progresi penyakit = Menargetkan protein amyloid , Belum tersedia Aducanumab, lecanemab.
  2. Obat yang bersifat mengatasi gejala - gejala kognitif (proses berpikir dan memori) Inhibitor kolinesterase: donepezil (Aricept), rivastigmin (Exelon), galantamin (Razadyne), Regulator glutamat: memantine (Abixa), Kombinasi .
  3. Gejala non kognitif = Obat yang mengatasi gejala insomnia, Obat yang mengatasi gejala psikosis, depresi dan Obat yang mengatasi agitasi/gelisah.
  4. Melibatkan pendamping pasien, bermanfaat untuk :
  • Meningkatkan kenyamanan fisik dan emosional pasien.
  • Mengenali bahwa perubahan pada pasien merupakan bagian dari penyakitnya.
  • Mengenali pemicu gejala perilaku dan bagaimana kondisi tersebut berdampak pada pasien.
  • Modifikasi lingkungan pasien untuk mengurangi masalah dan kesulitan bagi pasien.

Mengurangi resiko Demensia Alzheimer dengan melakukan : menjaga hati, aktif secara fisik, makan sesuai diet sehat, biasakan mengasah otak dan menikmati aktivitas sosial.

 

Referensi :

Scheltens P, De Strooper B, Kivipelto M, Holstege H, Chételat G, Teunissen CE, Cummings J, van der Flier WM. Alzheimer's disease. The Lancet. 2021 Apr 24;397(10284):1577-90.

Farina N, Jacobs R, Turana Y, Fitri FI, Schneider M, Theresia I, Docrat S, Sani TP, Augustina L, Albanese E, Comas-Herrera A. Comprehensive measurement of the prevalence of dementia in low-and middle-income countries: STRiDE methodology and its application in Indonesia and South Africa. BJPsych Open. 2023 Jul;9(4):e102.

Rasmussen J, Langerman H. Alzheimer’s disease–why we need early diagnosis. Degenerative neurological and neuromuscular disease. 2019 Dec 24:123-30.

Masters CL, Bateman R, Blennow K, Rowe CC, Sperling RA, Cummings JL. Alzheimer's disease. Nature reviews disease primers. 2015 Oct 15;1(1):1-8.

Lane CA, Hardy J, Schott JM. Alzheimer's disease. European journal of neurology. 2018 Jan;25(1):59-70.

Atri A. Current and future treatments in Alzheimer disease. In Seminars in neurology 2019 Apr (Vol. 39, No. 02, pp. 227-240). Thieme Medical Publishers.

https://www.alz.org/alzheimers-dementia