Rabu, 11 Oktober 2023 15:52 WIB

Manfaat Telur Setengah Matang

Responsive image
10411
Promosi Kesehatan, Tim Kerja Hukum dan Humas - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Telur tergolong sebagai superfood karena kandungan nutrisinya lengkap. Nutrisinya meliputi protein, vitamin, zat antioksidan, lemak, fosfor, dan selenium. Selain itu, telur juga sangat mudah untuk dimasak dan dapat dicampur ke berbagai jenis makanan.

Telur setengah matang adalah pengolahan telur dengan cara digoreng maupun direbus dengan kondisi belum matang sempurna, biasanya kuning telur masih dalam kondisi belum padat atau masih berwujud lelehan. Manfaat telur setengah matang tidak hanya sekedar enak untuk dimakan, nyatanya konsumsi telur setengah matang juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Telur setengah matang merupakan salah satu makanan yang cukup mudah kita temukan dimana-mana. Tidak semua orang menyukai telur setengah matang. Pasalnya, telur setengah matang memiliki rasa yang sedikit berbeda dan masih banyak yang meragukan kesehatan telur setengah matang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat telur setengah matang lebih banyak karena waktu pengolahannya yang lebih singkat membuat nutrisi di dalamnya tetap alami. Manfaat telur setengah matang tidak hanya dapat meningkatkan massa otot, tetapi juga mencegah penyakit jantung. Namun, agar manfaatnya bisa diperoleh secara maksimal, cara mengolah dan konsumsi telur setengah matang perlu dilakukan dengan tepat. Manfaat telur setengah matang bagi kesehatan juga beragam. Ini karena makin lama dan makin panas suhu saat kita memasak telur, makin banyak nutrisi yang hilang. Memasak telur terlalu lama juga dapat meningkatkan jumlah kalori, terutama jika telurnya digoreng.

Kandungan Gizi

Mungkin sebagian dari kita sudah mengetahui bahwa jika kita memasak makanan hingga benar-benar matang, sebagian nutrisi yang terkandung di dalamnya akan hilang. Kasus yang sama juga terjadi pada telur.

Jika dimasak matang, sebagian nutrisi yang terkandung di dalam kuning telur akan hilang, sedangkan jika dimasak setengah matang, nutrisi di dalamnya akan aman. Berikut adalah daftar nutrisi telur setengah matang :

1.      Lemak jenuh 432 g

2.      Kolesterol 186 mg

3.      Natrium 122 mg

4.      Kalium 55 mg

5.      Lemak (total) 65 g

6.      Gula 49 gr

7.      Protein 51 g

8.      Karbohidrat (total) 49 g

Manfaat Telur Setengah Matang

Bila diolah dengan cara yang tepat, ada berbagai manfaat terlu setengah matang yang dapat diperoleh. Berikut ini adalah manfaatnya :

1.      Meningkatkan Massa Otot

Untuk meningkatkan massa otot, kita bisa memasukkan telur setengah matang yang direbus dalam menu makanan harian. Ini karena kandungan protein dalam telur baik untuk otot. Namun, sebaiknya imbangi dengan latihan angkat beban agar massa otot makin bertambah dan otot makin kuat.

2.      Menguatkan Tulang

Manfaat telur setengah matang lainnya adalah dapat menjaga kekuatan tulang. Ini karena kandungan protein dan vitamin D yang dapat menguatkan tulang, sehingga risiko terkena osteoporosis dan patah tulang bisa berkurang.

Agar manfaat telur diperoleh secara maksimal untuk kesehatan tulang maupun otot, olahraga secara rutin dan jangan lupa lakukan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera akibat olahraga.

3.      Menjaga Kesehatan Mata

Telur setengah matang juga bermanfaat menjaga kesehatan mata. Manfaat ini diperoleh karena kandungan lutein dan zeaxanthin yang ada pada telur. Kedua kandungan ini dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata yang dipengaruhi usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

4.      Menurunkan Berat Badan

Kandungan protein dalam telur setengah matang juga dapat menurunkan berat badan. Protein dapat memberikan efek kenyang lebih lama dan menekan rasa lapar sehingga asupan kalori harian berkurang. Untuk menikmati manfaat ini, sebaiknya masak telur dengan cara direbus agar tidak menambah kalori.

5.      Menurunkan Kolesterol

Konsumsi telur setengah matang juga mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL. Manfaat ini diperoleh dari kandungan omega-3 di dalamnya. Untuk menikmati manfaat telur setengah matang sebagai penurun kolesterol, pilihlah jenis telur omega-3 yang dapat ditemukan di supermarket terdekat.

6.      Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Telur setengah matang juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena kadar HDL atau kolesterol baik yang tinggi dalam telur setengah matang sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Meski manfaat telur dikaitkan dengan mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke sekaligus menurunkan kolesterol, sebaiknya batasi asupan kuning telur secara berlebihan karena bagian ini mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Manfaat telur setengah matang untuk kesehatan memang beragam, tetapi sebaiknya batasi konsumsinya. Makan telur yang tidak matang sempurna bisa meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi, seperti tipes.

Konsumsi telur setengah matang perlu dihindari pada beberapa orang, seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, dan orang yang memiliki gangguan daya tahan tubuh.

 

Referensi :

Rita Sari Dewi , dkk. 2021. Pengaruh Konsumsi Telur terhadap Peningkatan Kadar Hb Darah pada Remaja Putri yang Mengalami Anemia. Jurnal Kesehatan Universitas Muhamadiyah Pringsewu.

Marwanti. 2010. Keamanan Pangan dan Penyelenggaraan Pangan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Saksono, L. 2007. Pengantar Sanitasi Makanan. Penerbit Alumni. Bandung.

Puglisi, M.J. & Fernandez, M.L. 2022. The Health Benefits of Egg Protein. Nutrients.

Liao, et al. 2020. Effects of Protein Supplementation Combined with Exercise Training on Muscle Mass and Function in Older Adults with Lower-Extremity Osteoarthritis : a Systematic Review and Meta-analysis of Randomized Trials. Nutrients, 12(8), pp. 2422.

West, H. Healthline. 2023. What Is the Healthiest Way to Cook and Eat Eggs?