Kamis, 21 September 2023 09:07 WIB

Mengatasi Nyeri Punggung Lebih Mudah dengan ESI (Epidural Steroid Injection)

Responsive image
1592
Aditya Novan Pinandita - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Apakah Anda sering merasakan nyeri tak tertahankan pada punggung Anda? Jika iya, Anda tidak sendirian. Lebih dari 80% orang dewasa mengalami nyeri punggung setidaknya sekali seumur hidup. Nyeri punggung adalah masalah umum yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, ada solusi yang mungkin belum Anda tahu: yaitu ESI (Epidural Steroid  Injection). Artikel ini akan mengajak Anda membahas tentang ESI dan mengapa ESI bisa menjadi pilihan yang baik untuk nyeri punggung Anda.

Apa itu ESI ?

ESI adalah salah satu prosedur medis yang digunakan untuk mengatasi nyeri pada bagian punggung dan leher. ESI menggunakan penyuntikan obat steroid anti-inflamasi ke dalam area sekitar tulang belakang Anda. Prosedur ini telah membantu banyak orang mengatasi nyeri punggung yang mengganggu.

Apa manfaat utama ESI?

1.       Rasakan Pemulihan yang cepat : para dokter menganjurkan ESI karena masa pemulihannya yang cepat. Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama berada di rumah sakit setelah prosedur ini.

2.       Nyeri mereda secara langsung : Salah satu aspek paling mengganggu dari nyeri punggung adalah perasaan tidak nyaman yang dihasilkan. Dengan ESI, Anda dapat merasakan perbedaan rasa nyeri hampir seketika setelah prosedur selesai.

3.       Mencegah Ketergantungan Obat Anti Nyeri: Terlalu mengandalkan obat anti nyeri seringkali dapat menyebabkan efek samping jangka panjang. ESI dapat membantu Anda mengurangi penggunaan obat anti nyeri secara signifikan.

4.       Pemulihan Aktivitas: Dengan meredakan nyeri punggung, Anda dapat kembali menjalani aktivitas sehari-hari tanpa hambatan yang biasanya diganggu oleh rasa nyeri.

5.       Alternatif Selain Operasi: ESI sering kali menjadi alternatif yang baik sebelum mempertimbangkan langkah operasi yang lebih berat. Ini dapat memberi Anda waktu yang lebih lama untuk mempertimbangkan pilihan operasi.

Jika Anda tertarik menjalani prosedur ESI, langkah pertama yang harus Anda ambil adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi kesehatan Anda dan memberikan pertimbangan berdasarkan situasi Kesehatan Anda.

ESI adalah solusi yang menarik dan efektif bagi Anda yang mengalami nyeri punggung berkepanjangan. Dengan prosedur yang sederhana, Anda dapat mengatasi nyeri dan kembali menjalani aktivitas tanpa hambatan. Ingatlah untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan prosedur pengobatan yang tepat untuk Anda.

 

Referensi :

https://www.sehatq.com/tindakan-medis/epidural-steroid-injection-esi. Diakses 16 Agustus 2023.

https://lamina.id/nyeri-pinggang/. Diakses 16 Agustus 2023.

Sumber gambar:

https://media.istockphoto.com/id/922707152/id/foto/ilustrasi-3d-tentang-taktik-dan-serviks-menyakitkan.jpg?s=2048x2048&w=is&k=20&c=i4XmH13my7if9XzcfmqRKFLB37zdyp1l5aQEc3is4jY=

https://www.northernpaincentre.com.au/wp-content/uploads/2019/12/Blausen_0354_EpiduralSteroidInjection-2.png

https://www.thespineandrehabgroup.com/wp-content/uploads/2022/11/Epidural-Steroid-Injection.jpg