Rabu, 30 Agustus 2023 11:44 WIB

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Responsive image
31771
Chaerul Amalia, S.P., M.M - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

Buah nanas merupakan buah tropis yang berasal dari Brazil. Nanas termasuk populer dikalangan masyarakat karena rasanya yang enak dan mudah dikembangkan. Nanas memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang baik bagi kehidupan masyarakat. Mengkonsumsi buah nanas sangat membantu kesehatan baik orang tua maupun remaja.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Buah Nanas memiliki kandungan nutrisi yang banyak kegunaannya. Berikut adalah manfaat buah nanas dari tiap 100 gram nanas menurut website hellosehat.com, yaitu sebagai berikut :

Air: 88.9 gram (g)

Protein: 0.6 g

Lemak: 0.3 g

Serat: 0.6 g

Kalsium: 22 miligram (mg)

Fosfor: 14 mg

Zat besi: 0.9 mg

Natrium: 18 mg

Kalium: 111.0 mg

Tembaga: 0.03 mg

Seng: 0.1 mg

Beta-karoten: 17 mcg

Karoten total: 90 mcg

Thiamin (Vitamin B1): 0.02 mg

Riboflavin (Vitamin B2): 0.04 mg

Niasin (Vitamin B3): 0.2 mg

Asam askorbat (Vitamin C): 22 mg

Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan

Mengkonsumsi buah nanas secara rutin memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut adalah manfaat buah nanas bagi kesehatan menurut hellosehat.com, yaitu sebagai berikut :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas memiliki kandungan antioksidan, yaitu vitamin C, yang memiliki khasiat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, khususnya dari berbagai penyakit.

2. Menjaga kesehatan tulang

Buah nanas memiliki kandungan kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya kalsium nya saja, tembaga yang ada dalam buah nanas ternyata juga dapat memberikan efek yang sama terhadap kesehatan tulang.

3. Mengurangi risiko kanker

Buah nanas memiliki kandungan Enzim bromelain yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu mengurangi risiko kanker.

4. Membantu  penyembuhan luka pasca operasi

Buah nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat memberikan manfaat untuk proses penyembuhan luka pasca operasi agar berlangsung lebih cepat.

5. Menjaga kesehatan mata

Vitamin C yang terkandung pada buah nanas dapat membantu menjaga kesehatan mata.

6. Mengatasi gangguan pencernaan

Buah nanas memiliki kandungan bromelain Enzim bromelain yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

7. Menurunkan asam urat

Buah nanas yang dibuat dalam bentuk jus nanas dapat mengurangi asam urat. Berdasarkan penelitian Barokah dan Ramadhan 2022, memberi kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemberian jus nanas terhadap penurunan kadar asam urat pada lansia.
 

Referensi :

Fika Ayu Barokah, & Eka Ramadhan, G. (2023). Pengaruh Pemberian Jus Nanas Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat pada Lansia di RT 05 RW 06 Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan . SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 2(1), 121–128. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v2i1.1119