Senin, 14 Agustus 2023 08:13 WIB

Manfaat Berenang untuk Kesehatan Jantung dan Kebugaran Tubuh

Responsive image
1489
dr. Mohamed Amshar - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Kesehatan jantung merupakan hal yang sangat penting untuk dipertahankan, karena jantung merupakan organ vital dalam tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu, maka bisa berdampak pada kualitas hidup dan bahkan dapat mengancam nyawa. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan berenang. Berenang merupakan olahraga yang menyenangkan dan memiliki manfaat besar bagi kesehatan jantung. Berikut ini adalah beberapa manfaat berenang untuk kesehatan jantung.

1.      Meningkatkan kapasitas paru-paru

Ketika berenang, tubuh akan melakukan pernapasan yang lebih dalam dan teratur. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh jantung dan seluruh organ tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Dengan meningkatnya kapasitas paru-paru, maka jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

2.      Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika berenang, tubuh akan melakukan gerakan yang teratur dan terkoordinasi. Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk jantung. Dengan meningkatnya sirkulasi darah, maka jantung akan lebih mudah memompa darah ke seluruh bagian tubuh dan tidak perlu bekerja terlalu keras.

3.      Mengurangi risiko penyakit jantung

Berenang secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Hal ini dikarenakan berenang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan berenang, otot jantung akan lebih kuat dan elastis sehingga bisa memompa darah dengan lebih efisien. Selain itu, berenang juga dapat mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan faktor risiko utama dari penyakit jantung.

4.      Meningkatkan kebugaran jantung

Berenang merupakan olahraga kardiovaskular yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran jantung. Ketika berenang, otot jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan dan kekuatan otot jantung sehingga jantung dapat memompa darah dengan lebih efisien.

5.      Menurunkan berat badan

Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari penyakit jantung. Berenang dapat membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Ketika berenang, tubuh akan membakar kalori dan lemak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan menurunkan berat badan, maka risiko terkena penyakit jantung juga akan berkurang.

6.      Meningkatkan kesehatan mental

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan mental. Berenang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Hal ini dikarenakan ketika berenang, tubuh akan melepaskan endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat kita merasa lebih bahagia. Selain itu, berenang juga dapat memberikan rasa relaksasi dan ketenangan yang bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan.

7.      Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh

Berenang melibatkan gerakan-gerakan yang membutuhkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Dengan berenang secara rutin, maka tubuh akan menjadi lebih fleksibel dan stabil sehingga dapat mengurangi risiko cedera dan meningkatkan performa fisik. Selain itu, berenang juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot dan sendi, yang sering menjadi penyebab dari rasa sakit pada tubuh.

8.      Menjaga kesehatan jantung pada usia lanjut

Berenang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung pada usia lanjut. Dalam usia lanjut, tubuh mulai mengalami penurunan kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Dengan berenang secara rutin, maka otot jantung akan tetap terjaga kekuatannya sehingga dapat memompa darah dengan lebih efisien. Selain itu, berenang juga dapat membantu menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh, yang dapat mencegah risiko jatuh dan cedera.

9.      Mudah dilakukan dan tidak membebani sendi

Berenang merupakan olahraga yang mudah dilakukan dan tidak membebani sendi. Berbeda dengan olahraga lain seperti jogging atau angkat beban, berenang tidak akan memberikan beban yang berat pada sendi sehingga tidak akan menimbulkan cedera atau rasa sakit. Selain itu, berenang juga bisa dilakukan oleh orang-orang dengan berbagai kondisi fisik seperti penderita asma, obesitas, atau cedera pada tulang belakang.

10.  Menyediakan lingkungan yang aman dan bersih

Terakhir, berenang juga bermanfaat karena menyediakan lingkungan yang aman dan bersih. Kolam renang biasanya dirancang dengan sangat baik sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, air kolam renang juga dijaga kebersihannya sehingga tidak akan menimbulkan risiko kesehatan. Dengan demikian, berenang bisa menjadi olahraga yang aman dan nyaman untuk dilakukan.

Demikianlah beberapa manfaat berenang untuk kesehatan jantung. Berenang merupakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, cobalah untuk rajin berenang sebagai bagian dari rutinitas olahraga Anda. Namun, sebelum memulai olahraga berenang, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Selamat berolahraga dan jaga kesehatan jantung Anda!

 

Referensi:

https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/take-the-plunge-for-your-heart#:~:text=Swimming works the heart and,other muscle groups in between.

https://www.usms.org/fitness-and-training/articles-and-videos/articles/4-reasons-why-swimming-is-great-for-heart-health

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-vector/simple-coloured-sketch-boy-swimming_23718654.htm#query=swimming animation&position=1&from_view=search&track=ais