Selasa, 30 Mei 2023 07:12 WIB

Mini Punch Grafting Vitiligo

Responsive image
405
Dr. dr. I G N Darmaputra, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Vitiligo adalah penyakit kulit yang memiliki tampilah khas berupa depigmentasi pada kulit, yaitu kulit menjadi putih, hal ini disebabkan karena auto imun yang mengenai sel kulit yang berfungsi untuk memberikan warna pada kulit. Ketika sel tersebut terganggun fungsinya maka kulit akan menjadi berwarna putih. Kejadian vitiligo dapat mengenai orang dengan semua kelompok usia, dengan mayoritas berada diusia 20 tahun, vitiligo juga diperkirakan merupakan penyakit genetik dengan keterlibatan anggota keluarga.

Berbagai terapi dapat diberikan pada pasien dengan vitiligo, terapi yang paling umum diberikan adalah terapi oles, dengan salap berupa obat anti peradangan, untuk membantu mengurangi respon imun pada kulit. Selain itu terapi lain adalah terapi fototerapi dengan cahaya, terapi cahaya merupakan pilihan terapi yang banyak digunakan pada pasien dengan berbagai jenis cahaya dan memberikan hasil yang cukup baik. Terapi dari vitiligo cenderung lama dan memakan waktu, selain itu ada beberapa kondisi dimana vitiligo belum stabil, dimana lesi vitiligo masih berkembang seperti bertambah luas.

Pada lesi kulit vitiligo yang stabil, dapat disarankan untuk dilakukan tindakan pembedahan. Tindakan bedah tidak dilakukan pada vitiligo yang tidak stabil, karena risiko muncul lesi baru karena trauma merupakan salah satu faktor risiko terbentuknya vitiligo. Vitiligo yang stabil bearti terapi dengan obat-obatan dan fototerapi tidak memberikan hasil sehingga perlu alternatif terapi lain. Terapi bedah yang dapat dilakukan dan memberikan hasil yang baik adalah tipe mini punch grafting. Mini punch grafting adalah terapi bedah dengan alat biopsi, alat ini berukuran kecil kurang dari 3 mm pada lubang nya. Dengan alat ini akan diambil jaringan dari kulit sehat yang tidak terkena vitiligo dan dipindahkan ke kulit yang terkena vitiligo. Dengan dipindahkannya kulit normal ini maka diharapkan warna kulit normal yang baru di area kulit putih akan membaik. Perbaikan warna kulit bisa membutuhkan waktu hingga 6 bulan agar warna dari kulit normal menyebar ke area vitiligo nya.

 

Referensi:

Baidya S, Dey P, Mohanty R. Assessment of quality of life in vitiligo patients attending a tertiary care hospital - A cross sectional study. Ind Psychiatry J. 2021;30(1).

Sarkar SK, Sen KG, Mostofa K. Vitiligo Management - An Update. Faridpur Med Coll J. 2017;12(1):34–9.

Gamal A, El-Barbary R, Moftah N. Updates in Surgical Treatment of Vitiligo. Journal of Recent Advances in Medicine. 2020 Nov 8;0(0):0–0.

Ragab M, El Zagh O, Farid C. Transverse needling after autologous mini-punch grafts improves repigmentation in stable non-segmental vitiligo. Clin Cosmet Investig Dermatol. 2021;14:827–35.