Jumat, 19 Mei 2023 10:15 WIB

Penggantian Sendi Lutut Total (Total Knee Replacement)

Responsive image
3158
dr. M. Rama Anshorie, SpOT - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Operasi penggantian lutut (Total Knee Replacement – TKR) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik).

Operasi penggantian lutut (Total Knee Replacement – TKR) adalah prosedur medis yang dilakukan dengan cara mengganti sendi lutut yang sudah rusak dengan sendi lutut buatan (prostetik). Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.

Sebagian besar tindakan TKR disebabkan oleh penyakit sendi yang disebut dengan osteoarthritis (OA), atau yang lebih dikenal oleh orang awam dengan istilah “pengapuran sendi”. Osteoarthritis adalah kondisi yang sering terjadi ketika sendi tulang rawan mulai menipis dan menyebabkan gesekan yang menimbulkan nyeri. Penyakit ini ternyata banyak dialami oleh jutaan orang di seluruh dunia dan Kementerian Kesehatan RI menyatakan prevalensi OA di Indonesia adalah sebesar 30 persen. OA kebanyakan diderita oleh orang yg berusia 60 tahun ke atas, walaupun pada saat ini sering juga ditemukan pada usia yang lebih muda seiring dengan meningkatnya aktivitas. 

OA dapat terjadi pada semua sendi di tubuh manusia, namun paling sering terjadi di sendi-sendi yang berfungsi untuk menopang berat badan, seperti sendi panggul dan terutama sendi lutut. Ketika OA terjadi, muncul rasa nyeri, kaku, suara krepitasi pada sendi yang akhirnya berujung kepada ketidakmampuan pasien untuk bebas beraktivitas, seperti berjalan, naik-turun tangga, jongkok, sholat, mengangkat beban berlebihan, dan kegiatan fisik sehari-hari lainnya. Pada tahap lanjut, OA dapat menyebabkan deformitas pada sendi seperti sendi lutut yg berbentuk O atau X.

Sebelum menjalani operasi penggantian lutut, pasien terlebih dahulu akan menjalani pengobatan nonbedah. Pengobatan tersebut dapat berupa pemberian obat-obatan, injeksi sendi, ataupun pemberian alat penyangga untuk membantu pasien beraktivitas menggunakan lututnya. Namun perlu diingat, tulang rawan sendi tidak dapat tumbuh kembali dengan sendirinya dengan terapi obat dan fisik yang tersedia. Jika metode pengobatan nonbedah sudah tidak efektif meredakan nyeri dan meringankan keluhan sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, pasien dapat menjalani operasi penggantian lutut (TKR). Pada operasi ini, bagian sendi yang rusak akan dibuang dan dilapisi dengan implan berbahan titanium dan bantalan berbahan polyethylene. Tujuannya adalah untuk menghilangkan nyeri dan mengembalikan fungsi sendi lutut, agar pasien tetap dapat menggunakan lututnya seperti biasa.

Operasi TKR sebenarnya bukanlah suatu prosedur yang baru dalam dunia medis. Operasi ini sudah dikenal sejak tahun 1968, dan semenjak itu sudah banyak kemajuan yang dicapai baik dalam teknik maupun desain implant yang dapat meningkatkan efektivitas hasil pembedahan. Operasi TKR adalah salah satu prosedur operasi tersukses dalam bidang kedokteran. Sudah jutaan prosedur TKR yang dilakukan secara global setiap tahunnya.

Keputusan untuk melakukan operasi TKR harus didiskusikan antara pasien dan dokter yang berpengalaman di bidangnya. Operasi TKR harus dilakukan dengan indikasi yang tepat sehingga pasien dapat memperoleh hasil dan benefit yang optimal.

 

Referensi :

Orthobullets: TKA-recon

Johnhopkins medicine: knee replacement surgery

https://www.ctortho.com/wp-content/uploads/sites/191/2023/01/iStock-1368531571.jpg

https://medsurgeindia.com/wp-content/uploads/2020/07/knee-replacement-surgery-cost-in-india.jpg

https://www.frontiersin.org/files/MyHome Article Library/462722/462722_Thumb_400.jpg