Selasa, 18 April 2023 15:08 WIB

Menjaga Kesehatan Tubuh Menjelang Puasa Ramadhan

Responsive image
551
Dini Yulia, SKM, MARS - RSUP Prof. dr. I.G.N.G. Ngoerah

Bulan puasa Ramadhan sebentar lagi tiba, beberapa persiapan yang perlu dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan dengan menjaga tubuh yang siap untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan agar kesehatan tetap prima. Perubahan pada kebiasaan makan dan tidur perlu dimulai dari sekarang, agar tubuh lebih mudah untuk beradaptasi saat puasa nanti.

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh agar siap menyambut bulan puasa:

  • Mulai minum lebih banyak air dari sekarang

Ketika dua minggu atau seminggu sebelum bulan puasa, cobalah untuk meningkatkan asupan air untuk membuat tubuh berada dalam kondisi hidrasi yang optimal. Kita bisa mulai minum satu atau dua gelas air putih lebih banyak dalam sehari untuk mengurangi risiko dehidrasi yang bisa dialami tubuh selama puasa, terutama saat cuaca sedang panas.

  • Sarapan lebih awal

Selama bulan Ramadhan, kita juga akan bangun pagi-pagi sekali setiap hari untuk Sahur dan penting untuk tidak melewatkan waktu makan ini. Kita juga dapat mencoba memulai sarapan lebih awal dari sekarang agar tubuh dapat terbiasa makan sahur selama bulan puasa, terutama bagi yang tidak terlalu suka sarapan.

  • Kurangi asupan makanan

Beberapa orang akan tergoda untuk makan sepuasnya sebelum menjalani puasa selama bulan Ramadhan. Namun, sebenarnya hal yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum puasa justru adalah sebaliknya. Makan lebih banyak makanan akan membuat tubuh terbiasa makan banyak, sehingga akan sulit menahan lapar saat berpuasa nanti. Sebaliknya, cobalah untuk mulai mengurangi asupan kalori harian dari sekarang dengan mengganti makanan tinggi lemak dengan makanan berprotein tinggi agar tubuh siap untuk berpuasa.

  • Kurangi kafein

Bila seseorang pecinta kopi dan tidak mau mengalami sakit kepala berdenyut selama beberapa hari pertama bulan Ramadhan, cobalah untuk mengurangi asupan kafein dari sekarang. Bisa juga memulainya dengan beralih ke kopi tanpa kafein atau mengurangi jumlah kopi yang biasa diminum sehari-hari.

  • Atur pola tidur

Bila terbiasa sering tidur larut malam dan bangun agak siang, cobalah untuk mulai mengatur waktu tidur dari sekarang sebagai persiapan sebelum puasa. Selama bulan Ramadhan kita  akan bangun lebih awal untuk sahur. Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal dari sekarang dan bangun lebih pagi. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk bangun pagi untuk sahur saat bulan puasa nanti.

  • Konsultasi dengan dokter

Bila mempunyai kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau maag, konsultasi dan diskusikanlah pada dokter mengenai cara mengelola kondisi tersebut selama bulan puasa. Dapat juga meminta saran dokter bagaimana agar bisa menjalani puasa dengan baik dengan kondisi tersebut.

Adapun beberapa manfaat bagi tubuh dalam menjalankan ibadah puasa :

  1. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.
  2. Ketika menjalankan ibadah puasa sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik.
  3. Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat.

Selamat menyambut bulan suci Ramadhan, Salam sehat !

 

 

Referensi :

Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat.

Direktorat P2PTM Kemenkes RI.

Cleveland Clinic. Diakses pada 2023.The Holy Month can be an opportunity to reset your routine.