Selasa, 04 April 2023 11:26 WIB

Peran Rekam Medis dalam Sistem Informasi Kesehatan

Responsive image
13523
Ihab Sehabudin - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung

Rekam Medis merupakan sekumpulan berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Setiap pasien pasien yang berobat ke rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya, baik rawat jalan maupun rawat inap, segala tindakan pemeriksaan yang dilakukan kepada pasien wajib dicatat di rekam medis pasien. Hasil pemeriksaan penunjang baik laboratorium, radiologi, maupun pemeriksaan penunjang lainnya juga disimpan di rekam medis pasien agar riwayat penyakit pasien tersimpan dan tercatat dengan baik, sebagai dasar pengobatan selanjutnya.

Rekam Medis dikelola oleh profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK). Arti Perekam Medis dan Informasi Kesehatan menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 adalah seorang yang telah lulus pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan sesuai ketentuan peraturan perundang undangan. Penyelenggaraannya diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2013 tentang penyelenggaraan pekerjaan perekam medis

Rekam medis sudah pasti memiliki peranan dan fungsi yang sangat penting, baik bagi pihak manajemen rumah sakit, dokter, pasien, dan juga keluarga pasien. Rekam medis mengandung aspek administrasi, medis, hukum, penelitian, pendidikan, dan dokumentasi milik pasien. Oleh karena itu, keberadaannya harus akurat, lengkap, dan juga dapat dipertanggungjawabkan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai peranan sebuah rekam medis

1.    Pelayanan Pasien Menjadi Lebih Lengkap dan Berkelanjutan

Dengan adanya rekam medis dan juga aplikasi kesehatan yang berisikan riwayat medis pasien, dokter bisa mengontrol kesehatan pasien dengan lebih mudah. Terutama dengan adanya riwayat kesehatan dan sesi konsultasi sebelumnya bisa menjadi acuan untuk pemberian diagnosis dan pengobatan yang tepat.

2.    Pelayanan Pasien Menjadi Lebih Cepat

Setiap rumah sakit ingin melakukan pelayanan kesehatan pasien lebih cepat namun tetap akurat, sehingga bisa menangani lebih banyak pasien dengan penanganan yang terbaik. Salah satunya adalah pelayanan menebus obat di apotek rumah sakit. Peran rekam medis di sini adalah untuk memastikan riwayat kesehatan pasien sebelumnya, sehingga pihak farmasi bisa lebih cepat dalam menyiapkannya.

3.    Adanya Transparansi Data Bagi Pasien dan Keluarga

Rekam medis memang dikelola oleh pihak manajemen rumah sakit, namun pasien dan keluarga juga memiliki hak untuk mengetahui informasi yang terdapat dalam rekam medis tersebut. Oleh karena itu, rekam medis yang sudah terintegrasi secara elektronik memiliki peran untuk memberikan informasi riwayat medis tersebut kepada orang yang bersangkutan.

 

Referensi :

https://stikeshb.ac.id/peran-rekam-medis/

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 377/Menkes/SK/III/2007 Tentang Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan

Sumber Gambar : Freepik