Rabu, 14 Desember 2022 14:42 WIB

Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Harus Diketahui

Responsive image
9595
dr. Ardi Iswara       - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke. Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang pada usia tua, namun penerapan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit ini timbul pada usia muda. Kalau begitu, bagaimanakah seharusnya kita menjaga kesehatan jantung?

1.   Jaga kesehatan mulut

Masalah di jantung bisa terjadi ketika terjadi gejala penyakit gusi, mulut, dan gigi yang parah dan tidak mendapatkan perawatan. Pada keadaan penyakit di ruongga mulut yang parah, bakter maupun jamur dapat berpindah ke aliran darah sehingga dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah sekitar jantung. Oleh karena itu, cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan menjaga kesehatan mulut. Rajinlah untuk menggosok gigi 2 kali sehari secara rutin.

2.   Batasi komsumsi makanan asin

Makanan asin dan gurih memang enak, tapi jika berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang merupakan salah satu factor risiko penyakit jantung. Saat tekanan darah kita tinggi, kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat dan ini dapat mengganggu kesehatan jantung.

Batas asupan garam (natrium) per hari bagi seseorang dengan usia 19-49 tahun adalah 1500 mg. Kita dapat mengurangi konsumsi garam dengan membatasi penggunaan garam saat memasak. Di samping itu, batasi juga makanan tinggi garam yang sudah dikemas, seperti dagung, snack, ataupun junk food.

3.   Cukup tidur

Cara lain untuk menjaga kesehatan jantung yang perlu kita lakukan adalah dengan menjaga kualitas tidur. Jangan biasakan tidur larut malam dan bangun siang hari. Jika kita sering tidur larut malam atau kebiasaan begadang, makan jam biologis tubuh akan rusak. Kondisi ini megakibatkan naiknya tekanan darah dan peradangan, sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4.   Hindari duduk terlalu lama

Seharian duduk menghadap computer tidak hanya membuat badan kita menjadi pegal, namun juga menurunkan kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, duduk terlalu lama dapat menyebabkan penggumpalan darah yang dapat memperburuk sirkulasi darah pada tubuh.

Jika kita ingin menghabiskan waktu dengan posisi duduk yang lama, jangan lupa melakukan gerakan peregangan.

5.   Berhenti merokok dan menghirup asap rokok

Merokok dapat merusak kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan rokok mengandung bahan kimia yang dapat mendorong terbentuknya plak pada pembuluh arteri di jantung. Plak ini dapat menumpuk seiring waktu dan menyumbat aliran darah sehingga dapat menyebabkan penyakit jantung.

6.   Memperbanyak makan sayur dan buah

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh kita. Jenis makanan ini juga mengandung zat antioksidan yang dapat mencegah peradangan, kaya serat, dan rendah kalori. Kandungan nutrisi ini sangar membantu memelihara kesehatan jantung.

7.   Batasi makanan berlemak

Lemak adalah merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh tubuh kita sebagai cadangan sumber energy dan membantu menyerap nutrisi pada makanan. Namun, tidak semua lemak baik untuk kesehatan. Ada jenis lemak yang harus dibatasi asupannya, yaitu lemak jenuh. Lemak jenuh dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi meningkat, dan semakin lama akan membentuk plak pada pembuluh darah jantung. Dengan demikian, cara untuk menjaga kesehatan jantung terkait hal ini adalah dengan membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh.

8.   Olahraga rutin

Olahraga menyehatkan tubuh secara menyeluruh, mulai dari ujung rambut hingga kaki kita, termasuk jantung. Manfaat olahraga untuk jantung sangat banyak. Aktivitas fisik ini membanty menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Ada berbagai macam jenis olahraga yang menyehatkan jantung, seperti lari, bersepeda, berenang, jogging, atau senam jantung. Lakukan olahraga paling sedikit 30 menit setiap harinya.

9.   Kelola stres dengan baik

Stres merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung. Saat seseorang mengalami stres berat, tekanan darah bisa meningkat. Stress juga mempengaruhi kualitas tidur seseorang sehingga dapat memperburuk kesehatan jantung.

Ditambah lagi banyak orang yang menjadikan minuman beralkohol, merokok, dan makan berlebihan sebagai cara menghilangkan stres yang dihadapi. Padahal, tindakan tersebut justru menurunkan kesehatan jantung.

Oleh karena itu, kita perlu tahu bagaimana cara mengelola stres. Ada berbagai macam cara untuk mengelola stres, contohnya adalah berolahraga, melakukan teknik pernapasan dan meditasi, atau melakukan aktivitas yang disukai. Apabila stres tidak juga teratasi, jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke psikolog.

 

Referensi :

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018

Stress and Heart Health. American Heart Association. 2022.

2021 ESC Guidelines on Cardiovascular Disease Prevention in Clinical Practice. European Society of Cardiology. 2021

Sumber gambar:  Lifestyle Kompas