Jumat, 04 November 2022 08:57 WIB

Makanan Sehat bagi Penderita Jantung

Responsive image
1380
dr. Aprilia Aqmarina Indah - RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta

Mengkonsumsi makanan yang sehat dan menjaga pola hidup sehat merupakan hal penting yang dapat dilakukan bagi penderita penyakit jantung ataupun orang yang berisiko untuk mengalamipenyakit jantung. Salah satu cara yang penting untuk menjaga pola makan sehat adalah dengan menghindari makanan cepat saji dan makanan instan, hal ini dikarenakan makanan cepat saji kayak akan lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol jahat meningkat sehingga meningkatkan riisko untuk mengalami penyumbatan pada pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung sebagai akibat fatal yang mungkin terjadi.

Senyawa fitnonutrium yang terdapat pada makanan terutama pada sayur dan buah dapat bermanfaat untuk membantu kesehatan tubuh. Beberapa makanan yang mengandung senyawa fitonutrien yang tinggi diantaranya antara lain:

a.    Kacang – kacangan, terutama kacang merah

Kacang merah sebagai salah satu jenis kacang – kacangan yang tinggi akan fitonutrien, juga mengandung tinggi serat dan air sehingga yang nmengkonsumsi akan cerpat merasa kenyang. Kacang – kacangan ini juga tinggi antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan sel sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit kanker, penyakit parkisnon, dan penyakit Alzheimer

b.    Biji – bijian

Biji – bijian seperti gandung, beras merah dan jagung merupakan sumber karbohidrat yang dapat menurunkan risikon terkana penyakit jantung dikarenakan makanan tessebut mengandung serat, protein, antioksidan, vitamin B dan minetal yang tinggi.

c.    Apel

Apel diyakini dapat mengurangi risiko penyakit janyung dengan efektif mengurangi kolesterol jahatd dalam tubuh dan mengontrol untuk mengantur gula darah sehingga membuat gula darah menjadi lebih stabil. Konsumsi apel yang bermanfaat adalah jika kita mengkonsumsi 1-2 apel perhari.

d.    Bawang Putih

Bawang pitih berfungsi untuk menggantikan rasa gurih sehingga dapat menggantikan garam pada masakan sehingga hal ini dapat berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya darah tinggi yang dapat memicu terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung, batasi asupamn garam untuk mengurangi terjadinya risiko penyakit jantung.

 

Referensi :

Cleveland Clinic (2015). 15 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.

Mayo Clinic (2018). Heart-healthy diet: 8 steps to prevent heart disease.

Zeratky, K. Mayo Clinic (2017). Does grape juice offer the same heart benefits as red wine?

U.S. Department of Agriculture, U.S. Department of Health and Human Services (2010). Dietary Guidelines For Americans.

NHS Choices UK (2015). Live Well. Salt: the facts.

National Heart, Lung, and Blood Institute NIH (2005). Your Guide To A Healthy Heart.

Harvard Health Publishing Harvard Medical School (2012). Green tea may lower heart disease risk.

World Health Organization WHO (2013). WHO issues new guidance on dietary salt and potassium.

Sumber gambar: freepik.com