Selasa, 01 November 2022 14:57 WIB

Makanan Penggoda yang Menyebabkan Penyakit

Responsive image
981
Novita Agustina, Ns, M.Kep, Sp.Kep. A - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Semua tentu sudah tahu dan kenal dengan yang namanya junk food atau makanan cepat saji. Contohnya makanan berlemak seperti pizza, ayam goreng, burger dan lainnya. Makanan cepat saji ini banyak digemari oleh anak-anak dan juga orang tua, karena orang tua hanya tinggal memainkan jarinya saja untuk memesan tanpa repot untuk memasaknya sendiri. Dibalik rasa yang lezat dan penampilan yang menggoda, tahukah anda makanan tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit bila dikonsumsi berlebihan.

Pada zaman dahulu peranan makanan junk food bagi para nenek moyang kita belum ada, karena pada zaman dahulu mereka lebih memilih menanam atau beternak sendiri untuk memenuhi bahan pangan yang mereka butuhkan. Tidak hanya sekedar untuk memenuhi bahan pangan tetapi mereka dapat menjualnya sebagai penambah penghasilan. Dari tahun ke tahun dapat dirasakan perkembangan jenis-jenis makanan terutama di negara kita sendiri yang berkembang dengan pesat, salah satunya makanan junk food karena pengaruh akan makanan luar negeri yang di perkenalkan di Indonesia dan sesuai dengan selera orang Indonesia.

Makanan junk food tergolong makanan yang sangat digemari oleh masyarakat terutama bagi para remaja. Makanan ini sangat beragam dari mulai makanan ringan hingga makanan yang termasuk dalam makanan utama, karena di dalam kemasan sering kita lihat bahan yang disertakan mengandung karbohidrat. Tetapi jangan menganggap makanan ini sangat bergizi bagi tubuh kita karena kita tidak tahu pasti apa saja bahan yang terkandung di dalamnya.

Bahkan kita juga tidak tahu bagaimana nantinya tubuh kita apabila kita terus menerus mengkonsumsi makanan instan ini. Dan tahukah kalian bahwa dalam satu kemasan junk food terdapat berbagai macam bakteri berbahaya? Mulai dari bahan makanannya, bumbunya serta kemasannya. Bakteri-bakteri ini akan sangat berbahaya bagi tubuh kita. Apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan, bisa-bisa kita terkena penyakit atau malah berakibat fatal yang berakhir pada kematian.

Junk food adalah istilah informal yang diterapkan untuk beberapa makananyang dianggap memiliki nilai gizi sedikit atau tidak ada, untuk produk dengan nilaigizi, tetapi yang juga memiliki bahan-bahan dianggap tidak sehat ketika dimakansecara teratur, atau untuk mereka yang dianggap tidak sehat untuk dikonsumsi samasekali. Industri pengolahan makanan modern telah berhasil meyakinkan publik bahwa mereka mendapatkan nilai gizi dari makanan olahan, padahal tidak.

Denganmenghasilkan cita rasa yang enak, junk food yang mengandung banyak lemak, garam,dan gula, termasuk bahan tambahan dan bahan adiktif sintetik dapat berpotensi menimbulkan banyak penyakit, dari yang ringan sampai yang berat, seperti obesitas, diabetes, rematik, hipertensi, serangan jantung, struk, dan kanker. Saat ini penyakit- penyakit degeneratif tersebut tidak hanya diderita orang tua yang sudah berumur, tetapi juga anak muda.

Tanpa kita sadari, maraknya fast food selain memiliki dampak positif juga memiliki dampak negative untuk kesehatan tentunya. Dampak positif dapat dibuktikan dari cara penyajian yang cepat untuk menghemat waktu yang miliki. Tapi selain itu kita juga harus melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh junk food atau fast food, misalnya bertambahnya kadar lemak dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. Kandungan junk food yang sebagian besar merupakan zat adiktif yang membahayakan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Zat adiktif yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan tumbuhnya kanker dalam darah yang berakibat fatal.

Carilah Makanan yang bergizi dan sehat karena makanan bergizi dan sehat juga menentukan kesehatan kita lebih lanjut, serta peran orang tua untuk mengetahui apa saja yang di konsumsi anaknya dan membimbingnya.

 

Referensi:

Molintao, W. P., Sulaeman, S., & Purwanti, N. H. (2019). Hubungan kompetensi ibu, aktivitas fisi, dan konsumsi junk food dengan ejadian obesitas pada balita. Journal of Telenursing (JOTING), 1(1), 1–9.

Sutrisno, Pratiwi, D. C., Istiqomah, Baba, K. J., Rifani, L. E., & Ningtyas, M. A. (2018). Edukasi bahaya junk food (makanan dan snack) dan jajan sembarangan dikalangan remaja. Journal of Community Engagement in Health, 1(1), 14–16. https://doi.org/10.30994/10.30994/vol1iss1pp16

Widyastuti, D. A., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh kebiasaan konsumsi junk food terhadap kejadian obesitas remaja. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2), 1–5.

Sumber foto: iStock