Senin, 10 Oktober 2022 15:24 WIB

Manfaat Berkebun bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Responsive image
6781
Ari Sugianti, M.Kes - RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang

Di masa pandemi, berkebun menjadi sebuah kegiatan yang digemari oleh banyak orang.  Himbauan untuk berada di rumah saja membuat masyarakat mencari aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya adalah berkebun.  Hal ini membuat penjualan bibit tanaman meningkat selama pandemi. Berkebun bukan hanya sekadar menanam dan merawat tumbuhan saja, ternyata kegiatan berkebun juga memiliki dampak untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Yuk disimak, apa saja manfaat berkebun yang bisa jaga kesehatan mental dan fisik :

1. Mendapatkan vitamin D

Salah satu manfaat berkebun adalah tubuh bisa memproduksi vitamin D. Sebab, jika berkebun di pagi hari, kita biasanya akan terpapar sinar matahari.  Sinar matahari ini dapat digunakan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D. Ada sejumlah manfaat vitamin D untuk tubuh, di antaranya adalah memperkuat dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat vitamin D adalah dapat membantu mencegah kanker payudara, kanker kolorektal, kanker kandung kemih, kanker prostat, dan kanker limfoma non Hodgkin.  Jika kadar vitamin D dalam tubuh rendah maka dapat berisiko terkena sindrom metabolik (kondisi pradiabetes), diabetes tipe II, dan demensia.

2. Meningkatkan kualitas tidur dan berat badan

Selanjutnya, manfaat berkebun adalah dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mempertahankan berat badan yang ideal. Sebab, berkebun bisa digolongkan sebagai olahraga. Berkebun membuat kita menggunakan setiap kelompok otot utama dalam tubuh. Aktivitas seperti menyapu dan memotong rumput termasuk dalam kategori olahraga ringan hingga sedang. Sementara menyekop, menggali, dan memotong kayu termasuk olahraga berat. Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian melaporkan bahwa orang yang berkebun lebih mungkin untuk tidur nyenyak selama 7 jam di malam hari. 

3. Meningkatkan suasana hati dan harga diri

Berkebun dapat meningkatkan suasana hati karena aktivitas ini membuat seseorang yang melakukannya merasa lebih damai dan puas. Di sisi lain, memusatkan perhatian dengan berkebun ini dapat mengurangi pikiran dan perasaan negatif.

Sehingga aktivitas bercocok tanam ini mambuat perasaanmu jadi lebih baik, bahkan dapat mengurangi stres juga. Studi di Amerika Serikat dan luar negeri telah menemukan bahwa manfaat berkebun adalah dapat meningkatkan suasana hati dan meningkatkan harga diri Anda. Ketika orang menghabiskan waktu di taman atau di kebun, tingkat kecemasan mereka turun dan mereka merasa kurang tertekan.

Berkebun menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan harga diri. Harga diri sendiri tentang seberapa besar kamu menghargai dan merasa positif tentang diri sendiri. Lalu kenapa dan apa hubungannya berkebun dapat meningkatkan harga diri? Hal ini dikarenakan membantu tanaman untuk tumbuh itu menjadi prestasi tersendiri, ditambah lagi jika tanaman yang kamu rawat itu sehat, maka diri sendiri pun juga akan bangga.

4. Meningkatkan fokus

Coba perhatikan apakah kamu itu termasuk orang yang sulit untuk fokus baik itu pada pekerjaan, atau tugas sehari-hari? Berkebun dapat membantumu belajar berkonsentrasi pada apa yang sedang kamu kerjakan.

Berkebun juga bermanfaat untuk mengurangi risiko berkurangnya daya ingat seiring bertambahnya usia. Selain itu, berkebun juga digunakan sebagai terapi bagi penderita demensia. 

5. Menjadi aktivitas fisik

Berkebun dapat menjadi salah satu aktivitas fisik karena kegiatan ini terdiri dari menyiangi, menggali, dan menyapu. Di mana aktivitas tersebut itu bisa dikatakan seperti olahraga.

6. Mendorong adanya ikatan sosial

Berkebun dengan orang lain di suatu komunitas tanam biasanya membutuhkan kerja tim demi mencapai tujuan bersama. Orang yang bergabung dalam komunitas berkebun ini biasanya akan mendapatkan manfaat bagi kesehatan mental seperti meningkatkan koneksi sosial dan support system untukmu.

7. Berkebun membantu memulihkan kecanduan

Manfaat berkebun yakni dapat memicu perasaan positif pada orang yang pulih dari kecanduan alkohol dan merupakan alat rehabilitasi yang efektif.

 

Referensi :

https://www.parapuan.co/read/533377392/meningkatkan-suasana-hati-ternyata-ini-manfaat-berkebun-untuk-kesehatan-mental?page=3

https://kesehatan.kontan.co.id/news/6-manfaat-berkebun-untuk-kesehatan-mental-dan-fisik-yang-jarang-diketahui?page=al

Sumber  gambar: https://www.liputan6.com/health/read/2479583/ini-manfaat-ajarkan-anak-berkebun