Rabu, 06 Juli 2022 10:24 WIB

Yuk Ketahui Manfaat Buah Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Responsive image
107431
Tim Promkes RSST - Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Bandung

Buah jambu biji merupakan buah tropis. Nama buah lain jambu biji yaitu Guava. Buah ini telah banyak dibudidayakan dan dapat dinikmati di negara beriklim tropis dan subtropik salah satunya negara Indonesia.

Di Indonesia jambu biji dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun dataran tinggi. Walaupun terdapat berjenis-jenis jambu, jambu biji paling banyak digemari oleh masyarakat, karena memiliki kandungan vitamin C terbesar dibandingkan dengan buah lainnya. Vitamin C yang banyak itu sebagai antioksidan, selain itu jambu biji digunakan sebagai obat diare, disentri, dan menurunkan kolesterol (Bangun, 2002).

Jambu biji dapat dikonsumsi langsung maupun dijadikan berbagai olahan, contohnya jus dan selai. Tidak saja buah, daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk pengobatan seperti gangguan pada saluran cerna.

Dalam satu buah jambu biji terdapat kalori serta beberapa nutrisi antara lain :

1.      Protein

2.      Serat

3.      Kalsium

4.      Magnesium

5.      Kalium

6.      Vitamin C

Jambu biji juga mengandung vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin K, vitamin E, serta mineral seperti selenium, zinc dan mangan.

Berkat kandungan nutrisi buah jambu yang cukup banyak, ada beberapa manfaat jambu biji jika dikonsumsi antara lain :

1.      Melawan Radikal Bebas

Buah jambu biji merupakan buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

2.      Melancarkan Saluran Pencernaan

Manfaat buah jambu biji yang lain adalah melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jambu biji mengandung serat yang tinggi dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus.

Selain itu ekstrak daun jambu biji, diketahui dapat mengurangi intensitas buang air besar pada penderita diare, sekaligus menetralkan bakteri berbahaya di usus yang menyebabkan diare.

3.      Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Buah jambu biji merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C diketahui dapat meningkatkan imunitas dan mengurangi risiko terkena penyakit infeksi.

4.      Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Bagi penderita tekanan darah dan kolesterol mungkin dapat mempertimbangkan manfaat jambu biji. Karena kandungan serat dan vitamin C yang tinggi, jambu biji diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi kolesterol.

5.      Menjaga Kesehatan Mata

Jambu biji bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, karena terdapat kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A berperan dalam mendukung fungsi membran konjungtiva dan kornea mata.

6.      Mencegah Diabetes

Ekstrak jambu biji dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah sehingga baik dikonsumsi bagi seseorang yang berisiko terkena penyakit Diabetes.

7.      Menjaga Kesehatan Kulit

Buah jambu biji mengandung vitamin C yang berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan sehingga mampu mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

8.      Mencegah Demam Berdarah

Ekstrak daun jambu biji diduga dapat menghambat pertumbuhan virus Dengue yang menyebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue. Daun jambu biji mengandung quercitin yang dapat meningkatkan jumlah trombosit dan menurunkan risiko perdarahan pada penderita DBD.

Tetapi bila anda akan menjalani prosedur operasi, sebaiknya hindari konsumsi jambu biji karena dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan risiko perdarahan.

 

 

 

 

 

Referensi               :

1.      Norlita Wiwik, Tri Siwi KN. 2017. Pemanfaatan Jambu Biji Bagi Kesehatan pada Masyarakat di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja, Kampar. Jurnal Photon Volume 7 Nomer 2. Hal 131.

2.      https://ejurnal.umri.ac.id.