Rabu, 28 September 2022 15:05 WIB

Manfaat Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Responsive image
19408
Tim Promkes RSST - RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Buah dan sayur diperlukan tubuh sebagai zat gizi mikro dan sumber berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan yang penting bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan tubuh. Sebagian vitamin dan mineral yang terdapat dalam sayur dan buah mempunyai fungsi sebagai antioksidan sehingga dapat mengurangi kejadian penyakit tidak menular terkait gizi, sebagai dampak dari kelebihan atau kekurangan gizi.

Dampak kekurangan buah dan sayur tidak dalam jangka pendek. Kandungan dalam buah-buahan dan sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula di dalam tubuh tidak berlebihan dan stabil. Kekurangan sayuran dan buah-buahan dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan yaitu buang air besar menjadi tidak lancar.

Mengkonsumsi sayuran dan cukup buah-buahan merupakan salah satu dari pedoman gizi seimbang. Sudah diketahui bahwa buah-buahan dan sayuran memilki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat dari mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran :

1.      Meningkatkan daya ingat, adanya zat antoksidan dapat melindungi sel-sel otak.

2.      Membuat tubuh lebih bugar, kandungan vitamin dan mineral yang tinggi bersama dengan enzim bereaksi memproduksi energi sehingga membuat tubuh menjadi lebih bugar.

3.      Melancarkan buang air besar, kandungan serat yang tinggi yang dapat meningkatkan kelancaran metabolisme tubuh.

4.      Membantu mengatasi obesitas, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan dan sayuran memberikan rasa kenyang dan dapat mengurangi porsi makan yang berlebih.

5.      Membuat perasaan lebih bahagia, antioksidan terbukti mengurangi peradangan pada tubuh dan mampu melindungi seseorang dari depresi (antidepresan).

6.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah, dan sayur kaya vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

7.      Menjaga kesehatan tulang dan gigi, buah dan sayur seperti bayam, lobak, alpukat, dan jeruk menjadi sumber kalsium yang baik.

8.      Menurunkan kolesterol dan melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi.

Kendati manfaat mengkonsumsi buah dan sayur sangat banyak, ada sebagian orang yang harus membatasi atau menghindari konsumsi buah maupun sayur misalnya seseorang dengan penyakit tertentu. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapat saran mengenai konsumsi buah dan sayur yang tepat.

                                                        

Referensi        :

Widani Ni Luh. 2019. Penyuluhan Pentingnya Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja di Sos Desa Taruna Jakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus Jakarta. Jurnal Patria ISSN : 2656-5455 Vol. 1 No. 1. hlm 57-59.

https://p2ptm.kemkes.go.id