Senin, 26 September 2022 15:15 WIB

Genu Valgum

Responsive image
3904
dr. M. Rama Anshorie, SpOT - RS Ortopedi Prof.Dr.R.Soeharso Surakarta

Genu valgum merupakan suatu kelainan pada bentuk ekstremitas bawah dimana terdapat angulasi distal dari lutut ke arah menjauhi midline dengan kedua lutut saling atau hampir menyentuh. Genu valgum bisa diklasifikasikan sebagai kondisi fisiologis yaitu jika ditemukan pada anak berusia 2-4 tahun dengan derajat kemiringan 10-20 derajat yang kemudian akan membaik setelah berusia 7 tahun dengan derajat kemiringan kurang dari 12 derajat dan jarak antar sendi lutut < 8 cm. Selain daripada kondisi fisiologis tersebut, genu valgum merupakan keadaan patologis yang sebagian besar berkaitan dengan penyakit lain.

Kebanyakan pasien datang ke klinik antara usia 3 sampai 5 tahun ketika orang tua umumnya menjadi khawatir tentang penampilan lutu tertekuk. Genu valgum dapat terjadi secara idiopatik, ataupun berkaitan dengan kelainan genetik seperti herediter eksostoses multipel dan Down syndrome, maupun  keadaan metabolik tulang seperti riketsia defisiensi vitamin D, displasia skeletal, pascatrauma, infeksi, dan tumor pada tulang.

Pada pemeriksaan radiologi didapatkan gambar penjajaran kaki panjang yang menahan beban di mana kedua patela menghadap ke depan. Sudut bidang koronal ekstremitas bawah dapat dianalisis berdasarkan deviasi pusat lutut dari sumbu mekanik dan sudut tibiofemoral. Sumbu mekanik adalah garis yang menghubungkan pusat kepala femoralis ke pusat pergelangan kaki. Dalam keselarasan koronal normal, sumbu mekanik melewati pusat lutut. Ada deviasi lateral dan medial dari pusat lutut sehubungan dengan sumbu mekanik ekstremitas bawah di genu varus (kaki tertekuk) dan genu valgum (lutut tertekuk).

 

Referensi

Burton A, Hennrikus W. Cozen's phenomenon revisited. J Pediatr Orthop B. 2016 Nov;25(6):551-555

Guzman H, Yaszay B, Scott VP, Bastrom TP, Mubarak SJ. Early experience with medial femoral tension band plating in idiopathic genu valgum. J Child Orthop. 2011 Feb.5(1):11-7. 

Patel M, Nelson R. Genu Valgum. [Updated 2022 May 8]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559244/

Stevens, PM. Pediatric Genu Valgum. Medscape, 2019. https://emedicine.medscape.com/article/1259772-overview#a4