Rabu, 06 Juli 2022 09:58 WIB

Manfaat Kurma Bagi Kesehatan

Responsive image
4557
Chaerul Amalia, SP, MM - RS Jiwa dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

Kurma merupakan buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Nama latin Kurma adalah Phoenix Dactylifera, dan banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah. Buah ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Salah satu penelitian di Saudi Arabia, menunjukkan bahwa kurma memiliki kandungan gizi dan memiliki peran utama dalam nutrisi dan kesehatan manusia. Kurma kaya akan gula (71,2-81,4% berat kering), mengandung protein dan lipid yang rendah, mengandung mineral yang dominan (kalium), gula utama (glukosa dan fruktosa), mengandung konsentrasi tinggi asam aspartat, prolin, alanin, glisin, valin dan leusin; konsentrasi rendah treonin, serine, isoleusin, tirosin, arginin, fenilalanin dan lisin dan konsentrasi metionin dan histidin yang sangat rendah. 

           

            Kurma sangat baik dikonsumsi setiap hari, yang banyak memiliki kandungan gizi tinggi, juga memiliki manfaat yang baik buat kesehatan manusia.

7 Manfaat kurma bagi kesehatan manusia, yaitu :

1.      Kurma kaya akan nutrisi

Kurma dapat memberikan nutrisi penting, seperti vitamin B-6 dan zat besi. Kaya akan serat. seperempat cangkir kurma menyediakan 12 persen dari kebutuhan serat harian.

2.      Mencegah penyakit kanker

Kurma mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang berhubungan dengan pencegahan penyakit kanker.

3.      Kurma merupakan pemanis alami

Kurma membantu menyeimbangkan gula darah. Konsumsi kurma dalam jumlah kecil sangat bermanfaat. Ketika digunakan sebagai pengganti pemanis buatan dan pekat, kurma mampu memberikan rasa manis tanpa menghasilkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan.

 

 

 

4.      Kurma melindungi kesehatan jantung

Kurma mengandung kalium tinggi, yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung. Kalium juga membantu membangun otot dan protein dalam tubuh

5.      Melancarkan sistem pencernaan

Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

6.      Membuat tulang menjadi lebih kuat

Magnesium dalam kurma berperan dalam pembentukan tulang. Kekurangan magnesium bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Zat besi dari kurma membantu memasok simpanan sumsum tulang yang sehat.

7.      Kurma membantu melancarkan persalinan alami

Bila ibu hamil makan kurma setiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi.

 

Kurma juga sangat baik dikonsumsi oleh untuk anak-anak. Kurma memiliki banyak manfaat bukan hanya untuk manusia dewasa tapi juga anak-anak.

9 Manfaat kurma bagi anak-anak, yaitu :

1.      Kurma meningkatkan kesehatan anak

2.      Kurma meningkatkan kesehatan saluran pencernaan anak

3.      Kurma bermanfaat untuk kesehatan tulang dan pemurnian darah

4.      Kurma mencegah anemia

5.      Kurma mencegah alergi

6.      Kurma meningkatkan fungsi otak

7.      Kurma mengobati rambut rontok

8.      Kurma bermanfaat bagi kesehatan gigi bayi

9.      Kurma baik untuk keseimbangan cairan tubuh anak-anak

 

            Makanan terbaik masa depan adalah Kurma. Menurut hasil penelitian pada Jurnal Food Science Nutrition, menunjukkan bahwa kurma memiliki nilai kandungan gizi yang banyak, yaitu karbohidrat yang tinggi, persentase tinggi serat makanan, biji kurma dapat digunakan sebagai sumber asam oleat, mengandung unsur fluor yang berguna dalam melindungi gigi, mengandung selenium, untuk membantu mencegah kanker dan kekebalan tubuh. Kurma dapat dianggap sebagai makanan yang hampir ideal, menyediakan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang sangat potensial.

       

 

Daftar Pustaka

Al-Shahib W, Marshall RJ. The fruit of the date palm: its possible use as the best food for the future? Int J Food Sci Nutr. 2003 Jul;54(4):247-59. doi: 10.1080/09637480120091982. PMID: 12850886.

Assirey, E.A. R., Nutritional composition of fruit of 10 date palm (Phoenix dactylifera L.) cultivars grown in Saudi Arabia, Journal of Taibah University for Science, Volume 9, Issue 1, 2015.

NAKHIL ., Everything About Dates for kids. JULY 20, 2019. http://nakhildates.com/dates-for-kids/?msclkid=9b751cb9bb6e11ec8c8684eed7964933

Saptoyo R. D. A,  Manfaat Kurma dan Kandungan Gizinya, 19 April 2021. https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/19/160300965/manfaat-kurma-dan-kandungan-gizinya?page=all.

Sass, C., 7 Health Benefits of Dates, According to a Nutritionist, September 09, 2020. https://www.health.com/nutrition/groceries/health-benefits-dates